Disahkan Raja, Thailand Legalkan Pernikahan Sesama Jenis Tahun 2025

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menyetujui undang-undang pernikahan sesama jenis, yang disetujui oleh parlemen dan badan legislatif Thailand pada bulan April dan Juni. Dengan ini, Thailand menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mengakui pernikahan sesama jenis, setelah Taiwan dan Nepal.

Royal Assent diumumkan pada Selasa (24 September) dan akan berlaku 120 hari kemudian, yakni 22 Januari 2025. Artinya, pasangan LGBTQ+ sudah bisa mendaftarkan pernikahannya secara sah mulai Januari tahun depan.

Undang-undang tersebut memberi pasangan hak hukum, finansial, dan kesehatan penuh, tanpa memandang gender.

“Merayakan cinta semua orang,” tulis Perdana Menteri Paetongtarn Shinawatra di media sosial X dengan tagar #LoveWins. Aktivis Thailand telah memperjuangkan pernikahan sesama jenis selama 20 tahun.

Thailand adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Asia, yang terkenal dengan budaya dan penerimaan LGBT. Selama dua dekade terakhir, para aktivis di Thailand berupaya melegalkan pernikahan sesama jenis. Komunitas Thailand sering kali memiliki norma-norma yang melindungi, dan anggota LGBTQ+ mengatakan bahwa mereka dilecehkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemerintah dan lembaga-lembaga negara juga secara historis bersifat konservatif, dan para pendukung kesetaraan gender mampu mendesak para legislator dan pegawai negeri untuk menerima perubahan.

Wakil Gubernur Bangkok Sanon Wangsrangboon mengatakan pejabat kota akan siap mendaftarkan pernikahan sesama jenis setelah undang-undang tersebut berlaku.

RUU tersebut juga mengubah undang-undang sipil dan komersial dengan mengganti kata-kata seperti “pria dan wanita” dengan kata-kata yang tidak membeda-bedakan jenis kelamin.

Pemerintahan yang dipimpin oleh Partai Phu Thai telah menjadikan pernikahan sesama jenis sebagai salah satu tujuannya. Bagaimana dengan negara lain di Asia Tenggara?

Pada tahun 2023, Pew Research Center menerbitkan data survei mengenai reaksi terhadap pernikahan sesama jenis di beberapa negara Asia, khususnya Asia Tenggara. Menurut survei tersebut, pandangan terhadap pernikahan sesama jenis paling positif di Jepang, dengan sekitar 68 persen mengatakan mereka mendukung pernikahan sesama jenis secara legal.

Di Singapura, tidak ada suara yang jelas mendukung (45%) atau menentang (51%) pernikahan sesama jenis. Pernikahan sesama jenis tidak sah di Singapura, dan parlemen Singapura mengamandemen undang-undang tersebut pada tahun 2022 untuk mencegah tantangan hukum terhadap definisi pernikahan.

Di Taiwan, jumlah responden yang mendukung (45%) dan menentang (43%) pernikahan sesama jenis hampir sama. Taiwan adalah salah satu negara pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

Di Thailand, enam dari sepuluh orang dewasa mendukung pernikahan sah bagi kelompok LGBTQ. Sekitar sepertiga penduduk Thailand menentang hal ini.

Di Korea, sekitar 56% mengatakan mereka menentang pernikahan sesama jenis, sementara 41% mendukungnya. Banyak masyarakat Indonesia yang menentang pernikahan sesama jenis

Di Indonesia, 92% menyatakan menentang, termasuk 88% menentang keras. Mayoritas juga menentangnya di Malaysia (82%) dan Sri Lanka (69%).

Di Indonesia dan Malaysia, dua negara mayoritas Muslim yang disurvei oleh Pew Research Center, umat Islam mendapat dukungan paling sedikit terhadap pernikahan sesama jenis dibandingkan kelompok agama lain yang disurvei. Hanya 4% umat Islam Indonesia dan 8% umat Islam Malaysia yang mendukung hal ini.

Aktivis LGBT Indonesia dan pendiri Gaya Nusantara Dede Oetomo meyakini masih banyak masyarakat Indonesia yang menolak pernikahan sesama jenis karena alasan agama, budaya, dan tradisi.

“Perjalanan Indonesia masih panjang, tapi perjuangan masih terus berlanjut. Indonesia akan menjadi negara terakhir di Asia Tenggara (yang melegalkan pernikahan sesama jenis),” kata Dede kepada DW Indonesia.

Ia menambahkan: “Sebagai politisi, saya menerima (keputusan keluarga kerajaan Thailand). Ini merupakan langkah maju bagi Asia Tenggara. Negara lain di Asia Tenggara akhirnya melegalkan pernikahan sesama jenis.”

Dede tak memungkiri, banyak anggota LGBTQ di Indonesia yang dibenci bahkan dimusuhi karena dianggap melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan agama, budaya, atau tradisi.

“Sebenarnya di banyak suku dan masyarakat kepulauan, seperti suku Toraja, pernah terjadi perkawinan antara laki-laki dan perempuan, namun meski masyarakat sudah melupakannya, kata tersebut masih dikaitkan dengan adat dan budaya,” ujarnya. ditambahkan.

“Kalau prinsipnya semua orang setara, maka kalau gay bisa menikah, maka LGBTQ harusnya bisa menikah,” ujarnya.

Peneliti Human Rights Watch Andreas Harsono memperkirakan keputusan di Thailand akan berdampak pada setiap negara di Asia Tenggara, mulai dari Laos hingga Timor Timur, termasuk Indonesia.

“Efeknya mungkin negatif, terutama di Brunei, Indonesia, dan Malaysia yang memiliki jumlah umat Islam yang besar, namun seiring berjalannya waktu, masyarakat akan memahami bahwa setiap orang berhak melihat dan melihat dan mencintai jenis kelamin yang berbeda. bahwa itu wajar.” “Bukan karena pengaruh lingkungan, padahal lingkungan berperan dalam menentukan karakteristik dan struktur tersebut,” kata Andreas kepada DW Indonesia.

Menurutnya, perbedaan budaya dan agama di Indonesia mengakui kelompok LGBTQ. Mirip dengan bahasa Bugis yang memiliki lima kata untuk identitas gender: perempuan (makkunlai), laki-laki (orowane), laki-laki (kalabai), laki-laki (kalalai), dan bisu (transgender).

Ia mengatakan, Arus Pelangi sebelumnya telah mengungkap ada sekitar 45 undang-undang anti LGBT, termasuk undang-undang perkawinan. Selain itu, terdapat berbagai peraturan daerah yang diyakini digunakan untuk melakukan diskriminasi terhadap kelompok LGBT.

“Indonesia akan memperlakukan seluruh warga negara secara sama tanpa diskriminasi, termasuk identitas gender,” kata Andreas.

Ia mengatakan kelompok LGBT di Indonesia “masih berjuang untuk mendapatkan hak-hak dasar, termasuk kesehatan, perumahan, pendidikan, layanan perawatan masyarakat dan hak-hak lain yang dilindungi di Indonesia.”

Informasi lebih lanjut dari Reuters, AP dan AFP

Ringkasan berita; Raka Susanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *