Shigeru Ishiba Terpilih Sebagai Ketua LDP, Jadi PM Jepang yang Baru

Shigeru Ishiba usai menerima pengumuman sebagai pemenang pemilu Partai Demokrat Liberal (LDP) malam ini (27/9/2024).

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Shigeru Ishiba (67) akhirnya terpilih sebagai Ketua Partai Demokrat Liberal (LDP) dan PM baru Jepang mulai besok setelah mengumumkan kabinetnya dan melaporkan dirinya kepada Kaisar Jepang Naruhito. .

“Alasan utama pemilihan presiden ini adalah pengunduran diri Perdana Menteri Kishida untuk mengakhiri ketidakpercayaan banyak orang terhadap LDP. Saya ingin Jepang dan LDP kembali kuat dan dalam kesempatan yang sama untuk membangkitkan Jepang di masa depan,” kata Ishiba. . .

Ishiba juga menambahkan, “Saya telah lama terlibat dalam bidang keamanan, dan saya akan melindungi negara. Dan kami akan melindungi rakyatnya. Kami akan menciptakan Jepang di mana setiap orang dapat merasakan kebahagiaan, rasa aman dan tenteram, dan semua orang. Pria akan kembali lagi, aku akan melakukan yang terbaik untuk Jepang.”

Ishiba memenangkan babak kedua melawan Sanae Takaichi (63) dengan skor 215-914. Sebelumnya, pada pemilu periode pertama, Takaichi menang melawan Ishiba. Takaichi pernah dijanjikan menjadi PM wanita pertama Jepang namun gagal melewati Ishiba.

Takaichi pun berjanji akan terus mengunjungi kuil Yasukuni jika ia menjadi PM Jepang.

“Bahkan jika saya menjadi PM Jepang, saya akan tetap mengunjungi kuil Yasukuni di masa depan,” kata Takaichi sebelumnya.

Selama lebih dari 30 tahun, banyak PM Jepang membatasi diri mereka ke kuil Yasukuni untuk menghindari ketegangan dengan Tiongkok dan Korea, yang sangat menentang PM Jepang mengunjungi kuil pahlawan perang Jepang di Yasukuni.

Hasil pemungutan suara putaran pertama malam ini Partai Demokrat Liberal (LDP) dimenangkan oleh Takaichi Menteri Keamanan Ekonomi dari Tottori yang mengalahkan Shigeru Ishiba, mantan Sekretaris Jenderal LDP, dengan 181-154.

Pemilihan presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) yang diikuti sembilan calon, diperebutkan dengan perolehan 367 suara untuk anggota Diet dan 368 suara untuk anggota partai.

Pada pemungutan suara putaran pertama, Ishiba memperoleh 154 suara (46 suara untuk anggota dan 108 suara untuk anggota partai) dan Takaichi memperoleh 181 suara (72 suara untuk anggota dan 109 suara untuk anggota partai).

Hal ini menyebabkan pemilihan putaran kedua antara Ishiba dan Takaichi, yang akan diumumkan sekitar pukul 16:00 waktu Jepang.

Kemudian dilanjutkan ke pemungutan suara putaran kedua yang memperoleh 415 suara, termasuk 367 suara untuk anggota parlemen dan 47 suara untuk anggota partai.  Ishiba, yang akhirnya memenangkan putaran kedua untuk menjadi PM baru Jepang, berkomentar, “Kita harus menjadi LDP yang patuh pada aturan dan dipercaya oleh masyarakat.

Sementara itu bagi para pedagang UKM Handicraft Indonesia dan pecinta masakan Jepang  dapat bergabung ke grup WhatsApp Japan and Handicraft Lovers secara gratis dengan mengirimkan email ke: [email protected]  Subject: WAG Japanese/Handicraft Lovers. Masukkan nama, alamat, dan nomor WhatsApp Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *