Sosok Ibrahim Aqil Panglima Hizbullah, Kepalanya Dihargai Rp 106 Miliar, Tewas di Tangan Israel

TRIBUNNEWS.COM, LEBANON – Komandan operasional Hizbullah Ibrahim Aqil tewas dalam serangan Israel pada Jumat (20 September 2024).

Israel selalu menjadi sasarannya.

Sekutu AS, termasuk Israel, telah memasukkannya ke dalam daftar teroris global.

Kepalanya bernilai $7 juta (sekitar Rp 106 miliar).

Dia dituduh mendalangi dua pemboman truk di Beirut pada tahun 1983 yang menewaskan lebih dari 300 orang di Kedutaan Besar AS dan Kamp Angkatan Darat AS di Marin.

Dia memimpin kelompok militan elit Radwan Forces.

Ibrahim Aqil sedang menghadiri pertemuan unit ketika dia terbunuh dalam serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut.

Pejuang dari Radwan Force memimpin operasi lapangan Hizbullah.

Aqil juga dikenal dengan nama lain Tahsin dan Abdelqader.

Dia adalah anggota kedua Dewan Jihad, badan militer tertinggi Hizbullah.

Israel minggu ini meningkatkan serangan terhadap konflik Gaza setelah sekutu Palestina Hizbullah Hamas melancarkan serangan mematikan dan menyandera di Israel pada 7 Oktober, yang memicu bentrokan perbatasan selama berbulan-bulan.

Ibrahim Aguil adalah veteran Hizbullah.

Hizbullah didirikan oleh Garda Revolusi Iran pada awal tahun 1980an untuk melawan pasukan Israel yang menginvasi dan menduduki Lebanon.

Ibrahim Aguil lahir di sebuah desa di Lembah Bekaa Lebanon sekitar tahun 1960 dan bergabung dengan Amal, gerakan politik Syiah besar lainnya di Lebanon, sebelum bergabung dengan Hizbullah sebagai anggota pendiri, menurut sumber keamanan. Sejarah Perburuan Ibrahim Aqil

Amerika Serikat menuduh Ibrahim Aguil terlibat dalam pemboman truk Kedutaan Besar AS di Beirut pada April 1983 yang menewaskan 63 orang.

Dia diyakini bertanggung jawab, bersama Ibrahim Aqil, atas pemboman barak Korps Marinir AS enam bulan kemudian yang menewaskan 241 orang.

Ibrahim Aqil juga dituduh memimpin penculikan sandera Amerika dan Jerman di Lebanon.

Pada tahun 2019, ia terdaftar sebagai teroris global dan kepalanya diberi hadiah $7 juta.

Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah dalam wawancara tahun 2022 dengan stasiun penyiaran berbahasa Arab tentang pemboman barak Marinir AS dan serangan lain terhadap kepentingan Barat di Lebanon pada tahun 1980an mengatakan bahwa insiden tersebut dilakukan oleh kelompok kecil yang tidak berafiliasi dengan Hizbullah.

Aqil, kelompok pendiri Hizbullah, membantu mengubah kelompok tersebut dari milisi yang penuh rahasia menjadi organisasi militer dan politik paling kuat di Lebanon, dengan mengusir Israel dari pendudukannya di selatan pada tahun 2000 dan bentrok lagi dengan Israel pada tahun 2006.

Sejak Oktober, Hizbullah telah kehilangan dua komandan dari tiga unit regional selatannya.

Mereka adalah Mohammed Naameh Nasser, yang tewas di dalam mobilnya dalam serangan udara Israel di Lebanon selatan pada 3 Juli; Taleb Abdallah sebulan sebelumnya, tewas dalam serangan terhadap sebuah rumah di Lebanon selatan.

Pasukan Radwan juga kehilangan komandan tertinggi Wissam Tawil, yang terbunuh pada bulan Januari.

14 orang meninggal

Sebelumnya, para pejabat Lebanon mengatakan sedikitnya 14 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan terhadap warga distrik Dahiya pada hari Jumat.

Situs tersebut merupakan salah satu benteng Hizbullah di luar kota di Lebanon selatan.

Menurut BBC World Service, suasana kacau ketika tim penyelamat tiba di lokasi penyerangan.

Mereka menyelamatkan orang-orang yang terluka dan mencari orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan.

Setidaknya satu gedung apartemen hancur dan lainnya rusak parah.

Militan Hizbullah memblokir jalan dalam apa yang diyakini sebagai serangan berikutnya dalam seminggu setelah ledakan pager dan walkie-talkie milisi yang menewaskan puluhan orang.

Serangan hari Jumat ini adalah yang pertama di Beirut sejak Juli tahun lalu.

Mengenai serangan hari Jumat, juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Daniel Hagari mengatakan Aqil, komandan unit elit Radwan Hizbullah, tewas.

Dia mengatakan Aqil terbunuh bersama dengan anggota senior lainnya dari markas Hizbullah dan komandan lainnya, Radwan.

“Mereka berkumpul di bawah bangunan yang dihuni di pusat komunitas Dahiya, bersembunyi di antara warga sipil Lebanon dan menggunakan mereka sebagai tameng manusia,” katanya.

Hagari mengklaim bahwa pria yang terbunuh itu merencanakan serangan untuk “menaklukkan Galilea” dan bahwa Hizbullah berencana memasuki komunitas Israel dan membunuh warga sipil yang tidak bersalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *