Macet, Senayan Bertabur Mobil-mobil Mewah di Acara Pelantikan Anggota DPR

 

Reporter Tribunnews.com Igman Ibrahim melaporkan.

 

TRIBUNNEWS.COM, Jakarta – Komplek DPR RI pada Selasa (1/10/2024). Senayan, Jakarta DPR RI terpilih 2024-2024 Konvoi mewah dibuka untuk anggota DPD dan MPR RI.

Pantauan lokasi Tribunnews, DPR; Ratusan mobil mewah milik anggota DPD dan MPR RI dikabarkan sudah tiba sejak pagi. Tidak ada satu pun anggota dewan yang terlihat datang menggunakan sepeda motor atau angkutan umum.

Kedatangan mobil mewah tersebut terlihat di luar gedung DPR/MPR. Saya melihat barisan mobil mewah mengantri untuk masuk parlemen.

Antrean tersebut juga menyebabkan kemacetan di luar gedung DPR. Misalnya, Lalu lintas dari Universitas Moestopo hingga Gerbang Pancasila yang merupakan pintu belakang DPR RI.

Beberapa kendaraan juga terlihat dilengkapi pelat nomor khusus anggota DPR. Kebanyakan dari mereka tampak menggunakan sopir pribadi dan turun di lobi utama. 

Banyak anggota DPR yang membawa kendaraan sendiri memenuhi lahan parkir gedung DPR dan parkir paralel tersebut merupakan kawasan pejalan kaki.

Mobil mewah terbanyak adalah Toyota Alphard dan Lexus. Mitsubishi Pajero Sport Anggota DPR juga ada yang menggunakan Fortuner dan Toyota Vellfire.

Anggota DPR RI periode 2024-2029 berasal dari delapan partai politik yang memenuhi ambang batas parlemen. 

Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan periode 2019-2024 karena Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak layak masuk parlemen karena tidak memenuhi ambang batas parlemen.

Namun jumlah anggota DPR yang dilantik lebih dari 580 orang. Dulu, anggota parlemen hanya berjumlah 575 orang.

Dampak pemekaran empat provinsi baru di Papua adalah bertambahnya jumlah anggota dewan, bukan Undang-Undang Pemilihan Umum (Perppu Pemilu).

Oleh karena itu, daerah pemilihan (Dapil) di Timur Jauh Indonesia terbagi menjadi 6 negara bagian.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *