Fitch Ratings Turunkan Skor Kredit Israel dari A-Plus Menjadi A

TRIBUNNEWS.COM – Pekan lalu, Fitch Ratings menurunkan peringkat kredit Israel menjadi A dari A-plus (A+).

Fitch mengutip perang yang sedang berlangsung di Gaza dan meningkatnya risiko geopolitik sebagai pendorong utama keputusan tersebut.

Badan tersebut mempertahankan pandangan Israel pada “negatif,” yang berarti penurunan peringkat lebih lanjut mungkin terjadi.

Sejauh ini, perang Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina dan menghancurkan perekonomian wilayah Palestina yang terkepung.

Setelah serangan Hamas tanggal 7 Oktober, pasar saham dan mata uang Israel ambruk.

Kini keduanya perlahan pulih.

Namun, masih ada kekhawatiran terhadap perekonomian negara.

Awal tahun ini, Moody’s dan S&P juga menurunkan peringkat kredit mereka untuk Israel.

Ada tanda-tanda penurunan di Israel, dimana konsumsi, perdagangan dan investasi semuanya dibatasi. Memperingatkan terhadap pengeluaran militer tambahan

Secara terpisah, Fitch memperingatkan bahwa meningkatnya ketegangan antara Israel dan Iran dapat menyebabkan “tambahan belanja militer yang signifikan” bagi Israel.

Bank of Israel memperkirakan biaya terkait perang akan mencapai $55,6 miliar pada tahun 2023-2025.

Dana ini akan diperoleh melalui pinjaman yang lebih tinggi dan pemotongan anggaran.

Akibatnya, aktivitas perang membebani perekonomian.

Pada Minggu (18/8/2024), Biro Pusat Statistik Israel memperkirakan manufaktur tumbuh 2,5 persen (pada tingkat tahunan) pada paruh pertama tahun 2024, naik dari 4,5 persen pada periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan melambat

Sebelum pecahnya perang, perekonomian Israel diperkirakan tumbuh sebesar 3,5 persen pada tahun lalu.

Al Jazeera melaporkan bahwa produksi meningkat hanya 2 persen.

Penurunan tajam dapat dihindari karena sektor teknologi penting di negara tersebut, yang sebagian besar tidak terpengaruh oleh pertempuran tersebut.

Sektor ekonomi lainnya juga terkena dampak signifikan. Pada kuartal terakhir tahun lalu, hanya beberapa minggu setelah dimulainya perang, produk domestik bruto (PDB) Israel menyusut sebesar 20,7 persen (secara tahunan).

Penurunan ini disebabkan oleh penurunan konsumsi swasta sebesar 27 persen, penurunan ekspor, dan penurunan investasi korporasi.

Belanja rumah tangga kembali meningkat pada awal tahun, namun kemudian menurun.

Israel memberlakukan pembatasan ketat terhadap pergerakan pekerja Palestina, sehingga menyisakan hingga 160.000 pekerja.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut, Israel melakukan program perekrutan di India dan Sri Lanka dengan hasil yang beragam.

Namun, pasar tenaga kerja kekurangan pasokan, khususnya di sektor konstruksi dan pertanian.

Menurut firma riset bisnis CofaceBDI, sekitar 60.000 perusahaan Israel akan tutup tahun ini karena kekurangan tenaga kerja, gangguan logistik, dan lesunya sentimen bisnis.

Proyek investasi juga telah ditunda. Lihat foto momen pertukaran sandera antara gerakan Hamas dan Israel pada November 2023. Para turis pergi

Pada saat yang sama, jumlah wisatawan terus menurun hingga mencapai tingkat sebelum bulan Oktober ketika konflik Israel-Hamas meletus.

Sementara itu, perang menyebabkan peningkatan tajam dalam pengeluaran pemerintah.

Menurut Elliot Garside, analis Timur Tengah di Oxford Economics, terdapat peningkatan belanja militer sebesar 93 persen dalam tiga bulan terakhir tahun 2023 dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022.

 “Pada tahun 2024, data bulanan menunjukkan bahwa belanja militer akan berlipat ganda dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Carside.

Sebagian besar kenaikan tersebut akan digunakan untuk gaji pasukan cadangan, artileri, dan pencegat sistem pertahanan Iron Dome Israel.

Carsaid mengatakan kepada Al Jazeera bahwa pengeluaran tersebut “sebagian besar dibiayai oleh penerbitan utang dalam negeri”.

Israel menerima sekitar $14,5 miliar dana tambahan dari Amerika Serikat tahun ini, selain $3 miliar bantuan tahunan AS kepada negara tersebut.

Garside mencatat, “Kami tidak melihat adanya pemotongan besar pada bidang anggaran lainnya (seperti kesehatan dan pendidikan), meskipun pemotongan dapat dilakukan setelah konflik berakhir.” Apa jadinya jika tidak ada perang?

Jika tidak terjadi perang regional skala penuh, Oxford Economics memperkirakan pertumbuhan ekonomi Israel akan melambat hingga 1,5 persen tahun ini.

Pertumbuhan yang lebih lambat dan defisit yang lebih tinggi akan memberikan tekanan lebih lanjut pada profil kredit Israel, meningkatkan biaya pinjaman dan melemahkan kepercayaan investor. Lihat foto Reaksi orang-orang setelah serangan Israel terhadap sekolah yang menampung warga Palestina yang mengungsi di lingkungan Rimal di pusat Kota Gaza pada 20 Agustus 2024, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas. (Foto: Omar al-Ghata / AFP) Keuangan publik sedang memburuk

Fitch memperkirakan bahwa Israel akan meningkatkan belanja militernya sebesar 1,5 persen dari PDB dibandingkan dengan tingkat sebelum perang, dengan dampak yang tidak dapat dihindari terhadap defisit publik.

Laporan perkiraan minggu lalu mencatat bahwa “utang akan tetap berada di atas 70 persen PDB dalam jangka menengah.”

Laporan tersebut menyoroti keuangan publik yang terpukul, dan menambahkan bahwa “kami memperkirakan defisit sebesar 7,8 persen PDB pada tahun 2024 (naik dari 4,1 persen tahun lalu).”

Menteri Keuangan Israel yang berhaluan sayap kanan, Bezalel Smodrich, secara terbuka tidak setuju dengan hal ini dan mengatakan bahwa ia berharap defisit akan turun menjadi 6,6 persen pada tahun ini.

“Penurunan peringkat setelah perang dan risiko geopolitik yang ditimbulkannya adalah hal yang wajar,” kata Smodrich, menurut laporan media.

Dia mengatakan anggaran yang bertanggung jawab akan segera disetujui dan peringkat Israel akan naik “dengan sangat cepat.”

Untuk saat ini, masih ada keraguan mengenai jangka waktu anggaran.

Ada spekulasi bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menunda paket fiskalnya, yang mungkin tidak populer di dalam negeri.

Kegagalan meloloskan anggaran pada 31 Maret 2025 otomatis memicu pemilu.

Awal pekan ini, kepala bank sentral Israel – Amir Yaron – meminta Netanyahu untuk mempercepat anggaran negaranya pada tahun 2025, dengan mengatakan penundaan lebih lanjut akan menyebabkan ketidakstabilan pasar keuangan.

Fitch yakin Israel akan menerapkan kombinasi langkah-langkah penghematan dan kenaikan pajak.

Namun, dalam laporannya tanggal 12 Agustus, analis Fitch, Cedric Julien Berry dan Jose Mantero, menyatakan bahwa “perpecahan politik, politik koalisi, dan kepentingan militer dapat menghambat konsolidasi (fiskal).’

Lembaga pemeringkat tersebut juga memperingatkan bahwa “konflik di Gaza bisa berlangsung hingga tahun 2025, dan ada risiko konflik menyebar ke wilayah lain.” Konflik wilayah

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan Senin (20/8/2024) bahwa Netanyahu telah menerima “rencana penghubung” yang dirancang untuk menengahi gencatan senjata antara Israel dan Hamas dan meredakan ketegangan yang meningkat dengan Iran.

Keesokan harinya, delapan warga Palestina tewas dalam serangan Israel di pasar yang sibuk di Deir el-Balah di Gaza tengah.

Hamas tidak setuju dengan usulan tersebut, dan mengatakan bahwa hal itu adalah upaya AS untuk mengulur waktu bagi “Israel untuk melanjutkan genosidanya”.

Sebaliknya, kelompok Palestina bersikeras untuk menarik proposal sebelumnya yang diumumkan oleh Presiden AS Joe Biden, yang selanjutnya menjamin bahwa gencatan senjata akan mengakhiri perang secara permanen.

Sekalipun ada kesepakatan, Netanyahu bersikeras bahwa perang akan terus berlanjut sampai Hamas benar-benar hancur.

Para pejabat Israel, termasuk Menteri Pertahanan Yoav Galand, menolak gagasan kemenangan langsung atas Hamas.

Teheran meluncurkan ratusan drone dan rudal ke Israel sebagai tanggapan atas pembunuhan dua komandan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran pada bulan April di Damaskus dalam perang bayangan selama beberapa dekade antara Israel dan Iran.

Di sepanjang perbatasan Lebanon, Israel hampir setiap hari saling baku tembak dengan Hizbullah sejak Oktober lalu.

Kelompok bersenjata tersebut mulai menembaki Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap Hamas.

Kedua organisasi tersebut memiliki hubungan dekat dengan Iran.

Baru-baru ini, pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran dan komandan militer Hizbullah Fuad Shukr di Beirut telah menimbulkan kekhawatiran bahwa konflik di Gaza dapat meningkat menjadi konflik regional.

“Korban jiwa [akibat perang besar] bisa sangat besar. Kerugian ekonomi juga akan sangat besar,” kata Omar Mow, profesor ekonomi Israel di Universitas Warwick.

“Bagi Israel, perang yang berkepanjangan akan menimbulkan biaya besar dan defisit tinggi,” ujarnya.

Selain melemahkan profil kredit Israel, pertempuran yang berkepanjangan akan menimbulkan “dampak lain” seperti kekurangan tenaga kerja dan kerusakan infrastruktur, kata Mow, serta kemungkinan sanksi internasional terhadap Israel.

“Israel saat ini mengabaikan fakta bahwa perekonomian menyebabkan kerusakan yang lebih besar [pada masyarakat] dibandingkan perang,” kata Mow.

“Pemerintah tidak bertindak secara bertanggung jawab. Apakah mereka ingin menghindari dampak perang atau apakah konflik yang terus berlanjut hanya demi kepentingan politik?

Defisit anggaran Israel mencapai 8,1 persen PDB pada bulan Juli.

Kementerian Keuangan Israel yakin defisit akan mencapai target 6,6 persen pada akhir tahun 2024. Smodrich: Risiko geopolitik

“Penurunan peringkat pasca perang dan risiko geopolitik yang ditimbulkannya adalah hal yang wajar,” kata Menteri Keuangan Bezalel Smodrich pada hari Senin, seperti dikutip The Cradle.

Perang di Gaza dan serangan balik terhadap Israel memberikan dampak negatif yang signifikan terhadap perekonomian Israel.

Media Ibrani melaporkan bulan lalu bahwa 46.000 bisnis Israel terpaksa tutup karena perang di Gaza dan aktivitas Hizbullah, tentara Yaman dan anggota poros lainnya.

Perusahaan manajemen risiko Israel, CofaceBdi, memperkirakan 60.000 bisnis akan tutup pada akhir tahun 2024.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *