Teks Khutbah Jumat 10 Mei 2024: Persaudaraan Umat Manusia

TRIBUNNEWS.COM – Demikian isi khutbah Jumat Persaudaraan Kemanusiaan.

Sesuai dengan namanya, teks khotbah ini berbicara tentang persaudaraan seluruh umat manusia.

Dalam khutbah singkat Jumat dijelaskan bahwa kita harus berperan aktif dalam mendorong perdamaian yang bisa dicapai secepatnya.

Seorang pembicara dapat mengomunikasikan bagaimana orang dapat berdamai.

Agar tidak ada ujaran kebencian yang bisa menimbulkan pertengkaran.

Contoh teks khotbah Jumat hari ini, 10 Mei 2024, saat Sholat Jumat, bisa Anda baca.

Di bawah ini contoh khutbah Jumat Suara Muhammadiyah. Khotbah Jumat: Persaudaraan Kemanusiaan

Ditulis oleh : Ihsan Nursidik

LAYANAN PERTAMA

الَلْحَمْدُ لِلّهِ حَمْدًا كَخِيْرًا كَمَا أَمَرَ. فَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى عَنْهُ وَحَذَرَ. اَشْهَدُ أَنْ لَ إِلٰهَ إِلَّ اللّهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّاُر. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ ْرَارِ. فَصَلَوَاتُ الِلِهِ وَسَلَامُهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ الِلِ وَسَku

فَيَا عِبَادَ الِلِّ. اُوْصِيْنِيِ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللِّ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّ قُونَ. وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِي hewan peliharaan ْلِمُوْنَ.

Dan dia juga berkata:

Jemaah Rakhimakumullah Anna

Dalam Islam, persaudaraan disebut ukhuwwah yang artinya persamaan atau kerukunan.

Ukhuwwah sendiri merupakan bentuk jamak dari Ahun yang berarti hubungan darah atau susu.

Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat erat di antara mereka.

Menurut Asfahani, hubungan tersebut berarti garis keturunan, persahabatan, agama, dan sebagainya. dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Kata ukhuwwah disebutkan setidaknya 81 kali dalam Al-Qur’an. Antara lain 52 kali dalam bentuk tunggal dan 29 kali dalam bentuk jamak.

Secara rinci, jika kita mengartikan makna ukhuwa dalam Al-Quran sebagai persamaan atau persaudaraan, maka makna persaudaraan dapat dibedakan menjadi empat bagian.

Yang pertama adalah ukhuwwah fil Ubudiya, yaitu kesetaraan dengan makhluk yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Kedua, ukhuwwah fil Insaniya, yaitu persaudaraan dengan seluruh umat manusia.

Ketiga, ukhuwwah fil wathania, yaitu wujud persaudaraan berdasarkan kesamaan asal usul atau bangsa.

Terakhir, sebagai umat Islam, itu adalah persaudaraan yang berdasarkan agama.

Jemaah Rakhimakumullah Anna

Sebagai umat Islam, kita harus berperan aktif dalam menjaga perdamaian yang bisa dicapai secepatnya. Kalau bicara soal persaudaraan antarmanusia, mungkin benar ada perbedaan yang meliputi perbedaan suku, latar belakang budaya, dan selera. Perbedaan-perbedaan tersebut harus dipahami oleh setiap orang sebagai suatu kebutuhan terhadap-Nya agar setiap orang dapat memposisikan diri dan berhubungan satu sama lain secara setara.

Tuhan berkata:

الدا نка الك ات اللو الك الق لاد القه اللقه برادی kaygarç اللقی الیyى

“Wahai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan. Maka kami bagilah kamu menjadi beberapa bangsa dan suku agar kamu dapat saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah mengetahui dan mengetahui. (Q-Al-Hujurat : 13).

Jika mengacu pada ayat ini, terlihat jelas bagaimana kedudukan persaudaraan manusia dalam Islam. Islam menempatkan umat manusia pada posisi yang setara. Dalam Islam tidak ada ras atau golongan yang lebih unggul di mata manusia, karena hanya orang-orang shalehlah yang termasuk unggul di mata Allah.

Perbedaan tidak boleh dijadikan alat untuk memecah belah persatuan. Lebih lanjut Tafsir Kementerian Agama menjelaskan, tujuan diciptakannya manusia menjadi suku dan bangsa adalah agar manusia dapat saling membantu dengan cara saling mengenal.

Tuhan berkata:

Perlindungan Lingkungan dan Perlindungan Lingkungan ْْدوَان ِۖ وَتَّّقُوا اللهَۗ ِ ِ . .

“…Tolonglah kebenaran dan kesalehan, dan jangan membantu dosa dan permusuhan. Takutlah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penghukum.” (Q-Al-Maidah: 2)

Persaudaraan umat manusia dalam Islam terjamin martabatnya sepanjang tidak bertentangan dengan syariat Islam. Persaudaraan kemanusiaan dalam Islam bernuansa ajakan dan tuntunan ajaran kemanusiaan yang dijiwai nilai-nilai ketuhanan. Oleh karena itu, Islam selalu mengajarkan kita untuk berdoa dengan sikap dan adab yang mulia.

Tuhan berkata:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّالِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ dan و ike ُنُمْ وَاستْفِرْ وَشاوِرْهُمْ فَْْْ وَكِّلِينَ

Jadi, dengan karunia Allah, Anda (Nabi Muhammad) bersikap baik terhadap mereka. Jika bersikap tegar dan berhati kasar, mereka pasti akan menjauhkan diri dari orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu ampunilah mereka, maafkanlah mereka dan konsultasikanlah kepada mereka dalam segala urusan (yang penting). Jadi percayalah pada Tuhan. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” (Ali-Imran: 159)

Sayyid Qutb menjelaskan dalam Alquran Fi Jilalil bahwa manusia membutuhkan jiwa yang lemah lembut, damai dan ramah, penuh cinta dan kasih sayang serta mampu membimbing dengan kebaikan. Sikap seperti ini hendaknya diutamakan dalam membangun hubungan persaudaraan yang baik antar umat.

Jangan sampai kebencian kita terhadap suatu kelompok membuat kita berkata kasar atau melontarkan fitnah yang semakin merugikan hubungan antarpribadi. Kewajiban setiap muslim yang mendakwahkan Islam adalah mengendalikan hati untuk melawan kesalahan orang atau kelompok tertentu.

Setiap kesalahan harus diakui sebagai kelemahan manusia yang sering melakukan kesalahan. Memaafkan pelanggar adalah upaya lain untuk meningkatkan persaudaraan antar manusia. Kebencian yang mendalam hanya dapat dihilangkan melalui pengampunan dan penerimaan yang tulus.

Tentunya kita berharap berbagai konflik yang terjadi di berbagai belahan dunia, Ukraina-Rusia, Sunni-Syiah, khususnya Palestina, Rohingya, dan lain-lain, dapat diselesaikan secara damai. Semoga konflik dan perpecahan yang timbul kelak menjadi keadaan yang penuh dengan rasa hormat, cinta dan kasih sayang, Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Tuhan memberkati Anda dan memberkati Anda dalam Al-Qur’an. وَنَفَعَنِى وَإِيَّكُمْ بِمَا ِيْهِ مِنَ الْايَاتِ وَالإِقْرِ ال ْحَكِيمِ وَتَقَ ّلَ مِنِي وَمِنْكُمْ ََ َيْمُ

LAYANAN KEDUA

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي لَهُ مَا فِي السَّمَا ocked الْخَبِيرُ

Semoga Tuhan memberkati Anda dan!

Jika itu kehendak Tuhan

يَا ُّيُّيهَا الَّذِينَ امَنوا اتَّكُوا اللَّهَ وَقُولُوا قْلاً َدِيّ يُصّ

Tuhan memberkati

Tuhan maafkan aku

Bersedia

Tuhan. فِلِسْصِين Insya Allah. Shalawat dari Allah لُوبِهِم وَ وَحِّدْ صُفُوفَهُمْ

Insya Allah ِّ مَكَانٍ. Bersabarlah. Dengan izin Allah

Ridho Allah ً وَقِنَا عَضَابَ النَّارِ

Sangat bagus! إِنَّ اللهَ يَْاْمُرُ بِالعَدْلِ وَالْإِْحَسَانِ وَإ ْي مْ ْ تَضَكْرْونَ و َاذْكْروا اللہ علیہ َلَذِكْ

(Trunnews.com/BangkitN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *