Jawaban Berdasarkan Inspirasi yang Anda Dapatkan, Apa Perubahan Praktik di Ruang Kelas? PMM

TRIBUNNEWS.COM – Jawab pertanyaan ini: Perubahan apa yang Anda lakukan di kelas/praktik pendidikan berdasarkan inspirasi yang Anda terima? 

Permasalahan ini muncul saat seorang guru ingin mengisi formulir penilaian kinerja guru di website Merdeka Mengajar (PMM).

Dalam monitoring kelas, banyak pertanyaan yang dijawab guru pada Pilihan Pembelajaran dan Pilihan Pembelajaran dari PMM.

Guru diminta mendeskripsikan perubahan yang dilakukan di ruang kelas atau ruang kelasnya berdasarkan inspirasi, dengan batas kalimat 500 karakter.

Guru dapat menggunakan jawaban Tribunnews.com pada artikel ini untuk menjawab pertanyaan di atas. Formulir Tindak Lanjut Studi Penelitian Observasional Formulir Presentasi Kelas Perubahan apa yang telah Anda buat di kelas/praktik pendidikan Anda berdasarkan inspirasi yang Anda terima? 

Contoh tanggapan: Saya ingin siswa mempraktikkan disiplin yang baik, bukan karena ingin pujian dan penghargaan, bukan kekerasan. Namun dia ingin melakukannya dari dalam pikiran dan emosinya, tanpa mengendalikannya dari luar. 

Dengan begitu, saya dapat memotivasi/mendorong siswa untuk melakukan kegiatan yang mereka minati, dan membantu mereka mendapatkan motivasi. Termasuk membuka ruang berdialog dengan siswa dan menghilangkan rasa wibawa sebagai guru serta menjadi guru yang tidak menghukum.

Jawaban dari jawaban yang lain: Berikut adalah beberapa perubahan praktis yang saya buat di sekolah/departemen pendidikan sesuai dengan usaha saya: Saya memberikan waktu kepada siswa untuk memikirkan proses pembelajaran. Saya menggunakan berbagai cara untuk berkomunikasi secara lisan, tertulis, atau melalui teknologi. Saya memilih kegiatan pembelajaran dan tugas yang sesuai dengan minat dan keterampilan siswa.

Jawaban lain: Saya berkeliling sekolah untuk membimbing dan membantu semua siswa. Saya merancang pertanyaan terbuka untuk mendorong diskusi dan pemikiran kritis.

Jawaban lain: Saya mulai menerapkannya secara bertahap, dengan mempertimbangkan semua faktor yang terlibat dalam proses tersebut.

Jawaban lain: Saya menyediakan sarana pembelajaran yang dapat mendorong siswa berpikir kritis dan melibatkan siswa dalam tujuan pembelajaran. Saya selalu berkeliling sekolah untuk membimbing dan memberikan pelajaran kepada setiap siswa yang membutuhkan bantuan. Perubahan apa yang Anda lakukan dalam kelas/pengalaman belajar berdasarkan pengaruh yang Anda terima dalam pilihan pembelajaran dari Platform Belajar Mandiri (PMM)? 

Contoh jawaban: Saya meluangkan waktu untuk mengenal setiap siswa dengan baik, mendengarkan kebutuhan mereka, dan membangun hubungan yang baik. Saya menerapkan peraturan sekolah yang jelas dan konsisten dengan siswa dan membantu mereka memahami mengapa peraturan itu penting. Saya memberikan kesempatan belajar mandiri dengan memberikan proyek dan tugas kepada siswa yang dapat mereka kerjakan secara mandiri.

Jawaban lain: 

Saya percaya bahwa kolaborasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran adalah kunci terciptanya pembelajaran yang berpusat pada siswa. 

Saya mendorong siswa untuk menciptakan peluang berkontribusi terhadap pembelajaran di kelas melalui diskusi kelompok, proyek kolaboratif, atau refleksi individu. 

Oleh karena itu, mereka merasa lebih terlibat dan memiliki rasa memiliki terhadap apa yang mereka pelajari.

1. Pembelajaran kolaboratif: Bekerja keras untuk mendorong kolaborasi antar siswa dalam proses pembelajaran. Saya merancang kegiatan pembelajaran yang mencakup diskusi kelompok, proyek kolaboratif, atau tugas kelompok untuk mendorong siswa bekerja sama, berbagi ide, dan belajar dari orang lain.

2. Memberikan Suara Siswa: Saya memberikan banyak kesempatan kepada siswa untuk berbicara dan berkontribusi di kelas. Saya mengadakan diskusi terbuka, meminta siswa bertukar ide dan pendapat, serta memberikan kesempatan bertanya atau berbagi ide.

3. Refleksi pribadi: Saya memasukkan refleksi pribadi sebagai bagian penting dalam proses pembelajaran. Setelah setiap kegiatan atau topik pembelajaran, saya mendorong siswa untuk memikirkan secara mendalam tentang apa yang mereka pelajari, bagaimana kaitannya dengan materi, dan bagaimana kaitannya dengan pengalaman mereka sendiri.

4. Memberdayakan siswa: memberi siswa tanggung jawab lebih untuk mengelola pembelajarannya sendiri. Saya memberi mereka waktu untuk memilih topik atau proyek yang mereka minati, dan mengeksplorasi minat dan bakat mereka di kelas.

*) Disclaimer: Contoh pada artikel ini hanya guru yang menjawab pertanyaan terkait di website Merdeka Mengajar.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *