Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Topik Menerapkan Pendekatan CRT pada Pembelajaran, PPG Daljab 2024

TRIBUNNEWS.COM – Inilah kunci jawaban Latihan Pemahaman PPG Daljab 2024 tentang penggunaan pendekatan Cultural Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran.

Terdapat 10 pertanyaan pada Modul 1 Topik 4 pada platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk peserta pelatihan guru dalam jabatan (PPG) (Daljab) 2024.

Guru pembelajaran PPG Daljob 2024 dapat menggunakan kunci jawaban dibawah ini sebagai referensi untuk menjawab soal.

Salah satu pertanyaan yang muncul adalah apakah pembelajaran dengan pendekatan CRT mengacu pada…

1. Pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah… tingkat pendidikan siswa latar belakang keluarga siswa latar belakang belajar ramah siswa latar belakang budaya siswa tingkat pendidikan siswa Kunci Jawaban : latar belakang budaya siswa 

2. Pembelajaran CRT mempertimbangkan komponen-komponen berikut sebagai alat untuk pembelajaran yang lebih baik KECUALI… Kebiasaan Kepribadian Pengalaman Sikap Hasil Kunci Jawaban: Hasil 

3. Komponen pembelajaran yang mungkin mengabaikan latar belakang budaya siswa antara lain… Tujuan Pembelajaran Bahan Ajar Kegiatan Pembelajaran Sumber Belajar Media Pembelajaran Kunci Jawaban: Tujuan Pembelajaran 

4. Guru harus memiliki kesadaran multikultural yang kritis untuk… menguji nilai-nilai budaya secara objektif, menguji keyakinan secara objektif, mengembangkan kepekaan yang lebih besar terhadap sejarah, mengembangkan keterampilan interpersonal. 

5. Manfaat pembelajaran CRT kecuali…. meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan partisipasi siswa, meningkatkan keterampilan sosial emosional siswa, meningkatkan kepuasan siswa dan guru, meningkatkan kehadiran siswa, kunci jawaban: meningkatkan kehadiran siswa di sekolah 

6. Salah satu tahapan pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah identitas instruktur. Pada tahap ini diharapkan siswa diajak untuk mempelajari identitas budaya orang lain dan memahami maknanya. Pelajari tentang identitas budaya orang lain dan refleksikan dalam kepribadian Anda sendiri. Kunci Jawaban Negaranya: Siswa diminta untuk mengenal identitas budayanya terkait dengan materi yang disampaikan. 

7. Pada salah satu sesi, siswa Pak Weedy sangat antusias membandingkan hasil perbincangan tentang budaya dengan topik yang dipelajarinya. Namun Pakvidi juga menyadari bahwa dirinya perlu menjadi bagian dari diskusi agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Dalam hal ini Pak Vidy dapat berfungsi…sebagai stimulator, helper, asisten, coach, Kesimpulan, Kunci Jawaban: Fasilitator. 

8. Pak Rafi sedang belajar dengan pendekatan CRT di kelasnya. Siswa bingung mencari persamaan antara materi yang dipelajari dengan budayanya sendiri. Yang bisa dilakukan Pak Rafi adalah… Meminta siswa untuk bekerja sama dan mencari informasi dari berbagai sumber untuk mencari jawaban bagi warga sekolah melalui wawancara dan apabila permasalahan belum terselesaikan, segera tawarkan solusinya: Minta dan siswa untuk bekerja sama dan memperoleh informasi dari berbagai sumber. 

9. Mahasiswa Dafa Kalimantan. Ia mengikuti orang tuanya saat pindah ke Bandung. Sebagian besar teman-temannya di sekolah adalah Sunni. Dafa mengalami kesulitan beradaptasi karena perbedaan budaya. Di bawah ini adalah hal-hal yang dapat diprioritaskan oleh guru dalam rangka membantu Dafa, kecuali… Menjalin hubungan berdasarkan rasa saling menghormati antar siswa, apapun latar belakangnya. Mengembangkan sikap ramah untuk membuat Anda merasa nyaman. Sambutan yang baik dari siswa dan guru, yang memotivasi. Agar tidak minder dengan teman-temannya, ia mengikuti kelas bahasa daerah gratis untuk meningkatkan kemampuan akademiknya. 

10. Guru Bahasa Inggris Ibu Asari. Hari ini Bu Asri mengajak murid-muridnya bercerita tentang makanan tradisional dalam bahasa Inggris. Kegiatan yang bisa dilakukan Bu Asari kecuali…mengundang penjual makanan tradisional setempat sebagai salah satu insentif bagi siswa untuk membuat cerita.  Memperkenalkan makanan tradisional yang berbeda dan meminta siswa untuk memilih salah satunya. Meminta siswa menyiapkan makanan tradisional dari berbagai sumber sebagai sumber bercerita. Kunci Jawaban: Mintalah siswa menyiapkan masakan tradisional sebagai bahan penyusunan cerita. Pertanyaan cerita refleksi: Guru, sebelum Anda menyelesaikan pelajaran dalam modul ini, pikirkan apa yang telah Anda pelajari di IV. Katakan padaku apa yang menginspirasimu setelah membaca ini?

Link Jawaban: Inspirasi yang saya peroleh setelah mempelajari topik penerapan pendekatan Cultural Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran adalah pendekatan pendidikan yang memperhatikan keberagaman budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran. Konsep ini mencakup penggunaan strategi dan teknik pembelajaran yang mencerminkan keragaman siswa dan mempertimbangkan perbedaan budaya dalam cara siswa belajar. 

Dalam praktiknya, guru yang menerapkan pedagogi responsif budaya memastikan bahwa kurikulum yang disajikan mencakup perspektif budaya yang beragam. Mereka juga menciptakan lingkungan kelas yang inklusif dan menghargai keberagaman siswa. 

Pengajaran yang responsif secara budaya dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan mengintegrasikan budaya dan pengalaman siswa ke dalam pembelajaran. Pendidikan responsif budaya dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan keunikan siswa dari latar belakang budaya yang berbeda. 

Pendidikan peka budaya dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial dan emosional dengan mengajarkan apresiasi dan rasa hormat terhadap budaya dan latar belakang siswa. Pendidikan peka budaya dapat meningkatkan kepuasan siswa dan guru dengan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan menghormati keberagaman.

Alternatif Jawaban: Saya terinspirasi oleh pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Karena CRT mengintegrasikan kebiasaan, karakteristik, pengalaman, budaya, dan cara pandang siswa sebagai alat untuk belajar lebih baik.

Alternatif Jawaban: Culturally Responsive Teaching (CRT) merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan memenuhi persyaratan kurikulum. Namun banyak orang yang belum mengetahui bahwa pengajaran responsif budaya merupakan metode pembelajaran yang dapat membantu guru.

*) Disclaimer: Kunci Jawaban Soal Latihan Pemahaman Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching (CRT) Artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru yang menggunakan PPG Daljob 2024 pada PMM.

(Tribunnews.com/Seri Gioliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *