Jay Idzes Siap Ganti Jordi Amat di Laga Indonesia vs Filipina, Tandem Bareng Verdonk, Wajib Menang

Jay Idzes akan menggantikan Jordi Amat pada laga Indonesia vs Filipina dengan Verdonk harus menang

TRIBUNNEWS.COM-Pelatih Timnas Indonesia BEK Jay Idzes yakin Timnas Indonesia bisa mengalahkan Filipina meski tanpa Jordi Amat di final Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia Asia 2026 di Stadion Gelora Bu (SUGBK ). Senayan, Jakarta, Selasa (6/11/2024)

Indonesia harus mengalahkan Filipina untuk lolos ke babak grup fase ketiga Piala Dunia Asia 2026. Jika kalah atau seri, Garuda Muda akan tersingkir oleh Vietnam jika mengalahkan Irak, juara grup di pertandingan lainnya.

Jelang laga ini, Jordi Amat, bek Johor, dipastikan tampil tanpa pemain di lini belakang, pada laga melawan Irak, Kamis (6/6/2024).

Jordi dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-59 karena melakukan pelanggaran terhadap pemain Irak Ali Jassim, dan ketidakhadirannya merugikan Garuda.

Jay Idzes mengakui Jordi Amat merupakan pemain penting, namun bek Venezia FC itu menilai Garuda masih punya banyak pemain bertalenta.

Oleh karena itu, meski pemain berusia 32 tahun tersebut absen, namun kekuatan timnas Indonesia tetap ada dan mereka yakin akan selalu memberikan yang terbaik.

Jordi jelas pemain penting bagi kami, kata Jay Idses kepada media, termasuk BolaSport.com di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (6/9/2024).

“Dia punya banyak pengalaman. Dia orang yang hebat di tim,” katanya.

Jay yang baru saja mengantarkan klubnya promosi ke Serie A, yakin masih banyak lagi pemain yang bisa mengisi posisi Jordi di masa depan.

Sehingga ia tidak panik dan meminta semua orang menunggu keputusan pelatih Shin Tae Yong.

“Tetapi saya pikir kami memiliki banyak pemain bagus. “Dalam hal ini, saya juga seorang bek. Jadi biarkan pelatih yang memutuskan,” tegasnya.

Jay melewatkan pertandingan melawan Irak karena masih sibuk membawa Venezia promosi ke Serie A 2024/2025 melalui pertandingan Serie B melawan Cremonese. Bek jangkung itu kini bisa menjadi pemain utama pertahanan timnas.

Pemain lain yang harus diperhatikan adalah bek NEC Nijmegen Calvin Verdonk, yang diperkirakan akan melakukan debutnya dan langsung menjadi starter dalam pertandingan hidup atau mati ini.

Bek berusia 27 tahun itu tidak bisa masuk skuad melawan Irak karena proses transfer dari KNVB ke PSSI belum selesai dan disetujui FIFA.

Dengan kedatangan Idses dan Verdonk, besar kemungkinan terjadi perubahan di starting XI. Khusus di lini belakang, Verdonk bisa mengisi posisi bek kiri alih-alih Idses, dengan Justin Hubner kembali ke posisi bek kanan dalam formasi 3-4-3.

Kehadiran tiga pemain asing ini diharapkan bisa membantu memperkuat pertahanan timnas. Hal itu juga diharapkan bisa membuat kiper Hernando Arya semakin aman di bawah mistar.

Selain itu, Idses dan Verdonk dikenal sebagai bek yang kerap membantu serangan. Produksi mereka juga bagus.

Idzes misalnya, membantu Garuda mencetak 1 gol dalam 2 pertandingan untuk klubnya Venezia. Dia mencetak tiga gol dalam 25 pertandingan pada musim 2023/24.

Dalam kurun waktu tersebut, Verdonk tercatat ikut andil dalam empat gol. Itu termasuk dua gol dan dua assist dalam 33 pertandingan untuk klubnya NEC Nijmegen di Eredivisie Belanda.

Barisan tengah dan depan tidak akan berubah. Keempat gelandang – Sandy Walsh, Nathan Teejo-A-On, Shayne Pattinama dan Thom Hay – memainkan peran menyerang.

Di lini depan, STY sepertinya masih mengandalkan Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, dan Rafael Struick.

Sejauh ini Timnas Indonesia dan Filipina sudah bertemu sebanyak 28 kali, dengan tim Garuda menang 23 kali, 4 kali, 4 kali, dan hanya sekali. Kini saatnya tim Garuda mengulangi kemenangannya.

(Berita Tribun/Den)

Poin Langsung – Jay Idzes siap menggantikan Jordi Amat – Verdonk berpasangan di pertahanan – Indonesia harus menang untuk melaju ke Putaran 3 turnamen.

Indonesia dan Filipina siap berperang

Jay Idzes 24 tahun 1,90 m Bek Tengah Indonesia Venezia FC

Statistik di Serie B Italia 25 bermain sepak bola 3 2096 menit

Calvin Verdonk 27 tahun 1,74 orang Indonesia meninggalkan NEC Nijmegen

Statistik di Eredivisie: 33, bermain 2 gol, 2 assist, bermain 2.856 menit.

Piala Dunia Asia 2026 Putaran Kedua Grup F, Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada Selasa (6/11) pukul 19:30 WIB

Head to Head 9 Indonesia menang 4 Filipina menang 1 seri 4

4 Duel Terakhir 21/11/23 Filipina 1 – 1 Indonesia 02/01/23 Filipina 1 – 2 Indonesia 25/11/18 Indonesia 0 – 0 Filipina 22/11/16 Indonesia 2 – 2 Filipina

Peringkat Grup F, tidak ada skor tim Mn M S K Sg

1 Irak 5 5 0 0 +13 15

2 Indonesia 5 2 1 2 -2 7

3 Vietnam 5 2 0 3 -2 6

4 Filipina 5 0 1 4 -9 1

High Goal Indonesia Ramadhan Zananta 4 Dimas Drajad 3

Filipina Patrick Reichelt 2 Kevin Ingreso 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *