Gempa Palung Nankai yang Disebut-sebut Paling Berbahaya, Begini Penjelasannya

Reporter Tribunnews.com Richard Susilo dari Jepang melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Menanggapi gempa bumi yang terjadi pada 8 Agustus 2024 pukul 16:43, Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengeluarkan “informasi yang sangat penting tentang Gempa Palung Nankai” sekitar pukul 19:30 di Jepang. .

Kemungkinan terjadinya gempa di Nankai diperkirakan lebih tinggi dari biasanya.

Jadi apa itu “Informasi Sementara Gempa Palung Nankai”?

Diumumkan ketika fenomena abnormal seperti gempa bumi dikonfirmasi di sepanjang Palung Nankai, dan Badan Meteorologi Jepang akan mulai menyelidiki hubungannya dengan gempa besar menurut survei “Informasi Sementara Gempa Palung Nankai”.

Jika survei menentukan kemungkinan terjadinya gempa bumi besar meningkat dibandingkan waktu normal, maka “Peringatan Gempa Bumi Besar” atau “Peringatan Gempa Bumi Sangat Besar” akan dikeluarkan tergantung pada tingkat keparahan situasi. . .

Frekuensi gempa bumi besar dalam satu minggu adalah satu dalam seratus untuk “Peringatan Gempa Besar” dan satu dalam selusin untuk “Peringatan Gempa Besar”.

Perlu diketahui bahwa gempa Palung Nankai terjadi seketika, dan gempa itu sendiri dapat terjadi kapan saja.

Untuk bersiap menghadapi gempa, pastikan untuk melindungi perabotan kita, menyiapkan barang-barang berharga kita, memeriksa lokasi dan jalur evakuasi serta melihat cara menghubungi semua pihak terkait.

“Berhati-hatilah untuk satu atau dua hari ke depan atau bahkan minggu depan,” tegas Shinya Tsukada, direktur Departemen Teknologi dan Penelitian Gempa Bumi dan Vulkanologi Badan Meteorologi Jepang.

“Kemungkinan terjadinya gempa baru berskala besar di zona gempa Nankai diperkirakan lebih tinggi dari biasanya.

Itu akan selalu terjadi pada waktu tertentu. Saya berharap pemerintah pusat dan daerah akan menanggapi seruan untuk mencegah bencana.”

“Kemungkinan terjadinya gempa bumi dahsyat saat ini agak lebih tinggi dari biasanya,” tegasnya.

“Tolong lakukan tindakan pencegahan bencana sebagai jawaban atas seruan pemerintah pusat dan daerah,” lanjutnya.

Gempa bumi berkekuatan 7 atau lebih besar Gempa berkekuatan 8 atau lebih besar dalam 7 hari ke depan dengan perkiraan sekitar 1 dari 100 gempa bumi.

“Setelah gempa berkekuatan 7 atau lebih tinggi, gempa besar berkekuatan 8 atau lebih tinggi terjadi dalam 7 hari berikutnya, beberapa kali lebih besar dari situasi sebelum fenomena abnormal tersebut diamati.”

Pada konferensi pers yang digelar Badan Meteorologi Jepang, Hirata, ketua Assessment Review Board, juga menjawab pertanyaan wartawan.

“Saat ini kami tidak tahu di mana kami memerlukan perhatian, kami tidak tahu di mana harus berhati-hati di dalam dan sekitar wilayah yang diduga sebagai pusat gempa”

“Gempa hari ini terjadi di ujung barat daya Palung Nankai, dan mungkin ada gempa di dekatnya, tapi kami tidak tahu area mana yang memerlukan perhatian saat ini. Berhati-hatilah di sekitar kemungkinan pusat gempa.”

Mengomentari gempa bumi dan tsunami, Profesor Emeritus Kenji Satake dari Institut Penelitian Gempa Universitas Tokyo mengatakan bahwa di Hyuga-nada, tsunami telah menyebabkan kerusakan seperti banjir di lantai dan tenggelamnya kapal pada gempa bumi sebelumnya.

“Jika terjadi gempa berkekuatan 7 magnitudo, kemungkinan guncangan dengan tingkat yang sama akan terjadi dalam waktu sekitar seminggu,” ujarnya.

Hiroaki Yamashita, asisten profesor di Observatorium Miyazaki Institut Penelitian Pencegahan Bencana Universitas Kyoto yang mengamati gempa bumi di Prefektur Miyazaki, mengatakan bahwa di Hyuga-nada, yang merupakan episentrum gempa, gempa besar terjadi berulang kali dalam siklus 30 setiap 35 tahun selama sekitar 100 tahun, seperti 1931, 1961 dan 1996.

“Aktivitas kegempaan masih terus berlanjut dan dalam dua atau tiga hari ke depan harus hati-hati terhadap getaran yang kuat,” ujarnya.

Sementara itu, bagi UKM Kerajinan Tangan dan pecinta Jepang yang ingin berpameran di Tokyo, dapat bergabung secara gratis di grup WhatsApp Japan Lovers dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Japan Lovers. Masukkan nama, alamat dan nomor WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *