Kebuntuan di Ukraina Bayangi Peringatan 75 Tahun NATO

Pertemuan Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) di Washington, AS, akan mengalihkan perhatian Presiden negara tersebut, Tuan Joe Biden, dari pertarungan politik sebelum pemilu. Para pemimpin dari 32 negara anggota akan bertemu selama tiga hari mulai Selasa (7 September), termasuk tamu kehormatan dari Australia, Jepang, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, juga diundang dalam pertemuan tersebut, yang memiliki misi mengumpulkan dukungan untuk membalikkan serangan Rusia mulai tahun 2022. Meski mampu maju di Front Timur, tentara Ukraina baru-baru ini dikalahkan dengan memblokir pergerakan pasukan Rusia. Di sela-sela pertemuan di Washington, seorang pejabat Eropa bahkan menggambarkan situasi yang terjadi “buruk.”

“Pertemuan ini akan sangat berbeda dari rencana awal karena terjadi pada saat yang kritis bagi keamanan Eropa,” kata orang yang tidak mau disebutkan namanya. “Rusia berada dalam situasi yang baik saat ini. Mereka hanya perlu menunggu,” katanya.

Max Bergmann, direktur program Eropa di Institut Penelitian Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), mengatakan pertemuan itu terjadi “pada saat yang baik dan buruk,” katanya kepada AFP.

“Ini adalah waktu terbaik dalam artian perjanjian ini telah kembali ke tujuan semula, untuk menghentikan Rusia. Sebagian besar negara anggota kini meningkatkan anggaran pertahanannya,” ujarnya di Amerika Serikat kemungkinan peluang penting NATO untuk mengalahkan Donald Trump

Trump tak segan-segan menunjukkan kekagumannya pada Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia sering mengkritik bahwa NATO mewakili beban yang tidak adil terhadap keuangan AS karena negara-negara Eropa tidak siap memenuhi persyaratan belanja pertahanan minimum.

Perwakilan Partai Republik juga bersikeras bahwa dia dapat menghentikan perang di Ukraina dan mengatakan bahwa dia akan memberikan bantuan militer jika Ukraina ingin bernegosiasi dengan Rusia.

Trump unggul tipis atas Biden dalam jajak pendapat baru-baru ini. Sementara itu, di Prancis, Presiden Emmanuel Macron juga menghadapi perubahan politik akibat bangkitnya sayap kanan populis yang selalu dekat dengan Rusia. Putin baru-baru ini menyambut kedatangan Viktor Orban, pemimpin Hongaria yang saat ini memegang kursi bergilir Dewan Eropa.

Pertemuan NATO untuk pertama kalinya juga akan dihadiri oleh Perdana Menteri baru Inggris, Keir Starmer, yang mulai menjabat pekan lalu setelah Partai Buruh menggulingkan Partai Konservatif dalam pemilu.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, menyerukan bantuan militer ke Ukraina senilai 40 miliar per tahun agar Kiev dapat bertahan dalam perang panjang dengan Rusia. Titian sulit dengan Ukraina

Di kalangan politik, upaya memberikan bantuan konkrit kepada Ukraina disebut sebagai kebijakan “anti-Trump” karena besarnya peran Amerika Serikat dalam mendukung Ukraina. Sejauh ini, Washington telah menarik bantuan sebesar $175 miliar ke Kiev.

Oleh karena itu, Presiden Zelensky kali ini diperkirakan akan mendapat dukungan dari negara lain, berbeda dengan pertemuan tahun lalu di Lituania, ketika prospek keanggotaan Ukraina ditolak oleh banyak anggota NATO.

Pemerintah Ukraina mengakui tidak ada kemungkinan mengubah posisinya di Washington. Presiden Biden dan Kanselir Olaf Scholz sejak awal menentang gagasan keanggotaan Ukraina.

NATO sebenarnya tidak menunjuk anggota kombatan. Persetujuan Ukraina akan menarik NATO ke dalam perang melawan tenaga nuklir Rusia.

Sebaliknya, Biden malah membuat perjanjian keamanan 10 tahun dengan Ukraina di mana Washington berkomitmen untuk memperkuat kemampuan pertahanan dan bantuannya. Baru-baru ini, Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan Amerika Serikat akan segera mengumumkan bantuan militer baru senilai $2,3 miliar.

Rzn/hp (afp,ap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *