Alasan Hancurkan Infrastruktur Jenin, Israel Ketakutan Skenario Serangan Ala Hamas di Tepi Barat

TRIBUNNEWS.COM – Analis Timur Tengah Amar Al Sabileh mengatakan kebrutalan Israel baru-baru ini di Tepi Barat tidak dapat dipahami secara terpisah dari konteks yang lebih luas yaitu meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut.

“Dari sudut pandang keamanan Israel, Tepi Barat adalah salah satu dari tujuh front utama yang diyakini Israel harus dilindungi untuk mencegahnya menjadi ancaman signifikan terhadap keamanan nasionalnya,” kata Amr Al Sabileh seperti dikutip Jordan Times, Senin. . 2 September 2024

Setelah menguasai wilayah perbatasan Jalur Gaza dan Koridor Philadelphia, Israel kini mengalihkan fokusnya ke dua front lainnya.

Front pertama adalah Lebanon selatan, di mana Israel bertujuan untuk menentukan skala dan ruang lingkup konflik dengan Hizbullah dengan melancarkan serangan signifikan terhadap kepemimpinan kelompok tersebut dan wilayah dukungan logistik.

Front kedua adalah Tepi Barat, dimana operasi militer dan intelijen Israel yang intens selama sepuluh bulan terakhir bertujuan untuk menghilangkan jaringan perlawanan dan menetralisir potensi ancaman yang dapat mengubah wilayah tersebut menjadi front yang serius.

“Manuver Israel saat ini dapat dijelaskan dalam kerangka strategi ‘geografi keamanan’, yang bertujuan untuk menghilangkan potensi ancaman dari wilayah perbatasannya,” kata Amir.

Seperti diketahui, Israel baru-baru ini melakukan pendudukan militer besar-besaran di Tepi Barat dan menewaskan sedikitnya sembilan warga Palestina. 

Seperti yang terjadi pekan lalu, Israel melancarkan serangan terbesarnya di Tepi Barat yang diduduki sejak Intifada II. Israel menyerang tiga kota Jenin, Dulkarm dan Dubas menggunakan drone (kendaraan udara tak berawak) dari darat dan dari udara. Pada tanggal 28 Agustus 2024, tentara Israel menangkap dua warga Palestina di kamp Nur Shams dekat kota Dulkarm di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Drone Israel menembaki warga Palestina di darat, menewaskan sedikitnya sembilan orang, termasuk tujuh warga Palestina di Dubas dan dua di Jenin, kata Kementerian Kesehatan Palestina. 

Sebelum serangan drone Israel yang dilakukan pada tengah malam waktu setempat (21.00 WIB), tentara Israel yang menyamar memasuki kamp pengungsi Jenin dan kamp pengungsi Nur Shams di Dulkarm. 

Pasukan Pertahanan Israel kemudian mengepung wilayah Jenin selama lima hari berturut-turut, mengerahkan kendaraan lapis baja, buldoser, dan penembak jitu, yang didukung oleh ISIS, drone, dan pesawat terbang.

Ini adalah hari kelima serangan mereka terhadap kota Jenin, Palestina di tepi barat laut Palestina, menghancurkan infrastruktur dan memutus pasokan listrik dan air.

Setelah serangan 7 Oktober, kata Amir, Israel sampai pada kesimpulan bahwa mereka tidak bisa menerima kemungkinan serangan serupa terjadi lagi.

Perang Gaza, yang menurut banyak pihak dipaksakan kepada Israel setelah serangan tanggal 7 Oktober, telah menyebabkan pergeseran doktrin militer Israel.

Prospek terjadinya berbagai konflik sekaligus kini dilihat oleh dinas keamanan Israel sebagai kenyataan, bukan sekadar pilihan.

Oleh karena itu, prinsip panduan di Tepi Barat adalah mencegah eskalasi besar-besaran dan menghindari situasi serupa dengan serangan Hamas.

Para pejabat pertahanan Israel memahami bahwa strategi Iran, yang didasarkan pada konsep “front persatuan”, merupakan ancaman strategis bagi Israel.

Akibatnya, Israel memulai kampanye bertahap namun dipercepat untuk “mengosongkan dan menghancurkan” front-front ini. Meskipun Gaza merupakan prioritas, Tepi Barat juga sama pentingnya dari sudut pandang keamanan. Kendaraan militer Israel berpatroli saat operasi militer di Tulkarem, utara Tepi Barat yang diduduki Israel, Kamis, 29 Agustus 2024.

Untuk beberapa waktu, Israel telah mendorong narasi bahwa kamp-kamp pengungsi Tepi Barat telah menjadi pusat pengaruh Iran dan basis logistik bagi Hizbullah, siap untuk dikerahkan dalam situasi yang menargetkan wilayah pedalaman Israel.

Keyakinan ini membenarkan, di mata para pemimpin Israel, serangan pendahuluan terhadap kamp-kamp tersebut dan upaya untuk menghancurkan infrastruktur mereka.

Dalam beberapa pekan terakhir, Menteri Luar Negeri Israel secara terbuka menganjurkan penghancuran kamp-kamp pengungsi di Tepi Barat.

Hal ini menunjukkan bahwa prioritas keamanan Israel tidak mempertimbangkan potensi dampak kemanusiaan atau politik dari tindakan tersebut.

Potensi perpindahan penghuni kamp adalah salah satu konsekuensi yang paling serius, namun hanya sedikit orang yang ingin membahasnya secara terbuka.

Mengatasi masalah ini akan segera dilihat sebagai konsekuensi tak terelakkan dari strategi “fakta di lapangan” Israel.

Tindakan Israel, yang didorong oleh strategi “geografi keamanan” dan ketakutan akan kejadian serupa seperti tanggal 7 Oktober, tidak diragukan lagi telah menguatkan mereka yang memiliki pandangan politik ekstrem di pemerintahan Israel. Seorang wanita Palestina berjalan melewati infrastruktur jalan yang dirusak oleh tentara Israel di kamp pengungsi Nur Shams dekat Tulkarem di Tepi Barat, Rabu, 28 Agustus 2024.

Angka-angka ini merupakan elemen sentral dari agenda politik mereka untuk mengurangi populasi Tepi Barat dan menghancurkan kamp-kamp pengungsi.

Dalam konteks ini, mengingat ketidakmampuan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk mengekang para menteri radikal atau mengendalikan pernyataan dan tindakan mereka, kebijakan-kebijakan ini mungkin akan diperluas dan diterima secara lebih luas, terutama dengan tingkat dukungan keamanan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Situasi yang rumit dan rumit ini tentu akan berdampak serius terhadap keamanan dalam negeri Tepi Barat dan Israel.

Meskipun konsekuensi-konsekuensi ini mungkin tidak memicu terjadinya intifada baru, namun konsekuensi-konsekuensi tersebut dapat terwujud dalam bentuk gelombang kekerasan baru, termasuk bentrokan bersenjata atau serangan yang menargetkan infrastruktur Israel.

Di tengah kemungkinan konflik skala penuh dengan Iran dan rencana pembalasan Hizbullah, Israel saat ini fokus mengamankan perbatasan Gaza dan menyasar infrastruktur seluruh faksi Palestina di Tepi Barat.

Pada saat yang sama, prioritas keamanan Israel berpusat pada mengamankan perbatasan geografisnya, meningkatkan kewaspadaan terhadap Iran, dan menggunakan setiap kesempatan untuk menyerang kepentingan Iran di Palestina, Lebanon, Suriah, Yaman, Irak, atau wilayah tersebut. Di wilayah Iran.

Sumber: Jordan Times

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *