Rekor Bersejarah Portugal Lolos 8 Besar Euro 2024: Bukan Cristiano Ronaldo, tapi Diogo Costa

TRIBUNNEWS.COM – Lolosnya Portugal ke 8 Besar Euro 2024 semakin manis karena mencatatkan rekor bersejarah. Penjaga gawang Portugal Diogo Costa resmi menjadi orang pertama yang mencetak rekor sensasional selama Euro.

Timnas Portugal asuhan Cristiano Ronaldo mengamankan tempat di perempat final Euro 2024 usai mengalahkan Slovenia. 

Laga babak 16 besar Euro 2024 antara Portugal vs Slovenia berakhir imbang 0-0 setelah berlangsung 120 menit di VIB dini hari Selasa (2/7/2024) di Deutsche Bank Park di Frankfurt, Jerman.

Tim akan ditentukan lolos ke perempat final Euro 2024 melalui adu penalti.

Tiga penendang Portugal Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo, dan Bernardo Silva sukses menyelesaikan tugasnya. Para pemain Portugal merayakannya usai pertandingan babak 16 besar Euro 2024 antara Portugal dan Slovenia di Frankfurt Arena pada 1 Juli 2024 di Frankfurt am Main. (Foto oleh Kirill Kudryavtsev/AFP) (Kirill Kudryavtsev/AFP)

Namun hal sebaliknya terjadi pada ketiga penendang asal Slovenia tersebut. Tiga algojo Slovenia gagal mencetak gol, antara lain Josip Ilicic, Jure Balkovec, dan Benjamin Verbic.

Kiper Portugal, Diogo Costa berkat tangan cekatannya mampu menggagalkan seluruh bola hasil penalti Slovenia.

Faktanya, kiper FC Porto itu telah menciptakan rekor sejarah. Faktanya, ini pertama kali diciptakan sejak pembentukan Euro pada tahun 1960.

Kutipan dari Squaca Page Diogo Costa menjadi kiper pertama yang menjalani 120 menit tanpa gol, dan juga berhasil menyelamatkan tiga tendangan penalti.

Sejauh ini, hanya Diego Costa yang menjadi kiper pertama dalam sejarah Piala Eropa yang mencapai prestasi tersebut.

“Diogo Costa adalah orang pertama dalam sejarah Kejuaraan Eropa yang menyelamatkan tiga penalti dalam adu penalti,” jelas Schwaka dalam pernyataannya.

“Tidak ada pemain yang lebih banyak menyelamatkan penalti adu penalti dalam sejarah Kejuaraan Eropa dan dia hanya menghadapi tiga kali. Dia juga mencatatkan clean sheet dalam 120 menit.”

Costa pun tampil gemilang dalam 120 menit. Ia tercatat berhasil membelokkan tiga tembakan ke gawang Josip Ilisi dan kawan-kawan.

Keberanian Diogo Costa menyelamatkan gawang Selecao das Quinas mendapat pujian dari pakar BBC sekaligus mantan pemain Manchester City, Mika Richards.

“Dia sangat kuat. Bukan hanya tangannya, Costa punya refleks yang bagus dengan kakinya,” kata Mika Richards seperti dikutip dari laman BBC.

Selain itu, di bawah bimbingan Roberto Martinez, Portugal menjadi tim keenam yang lolos ke babak perempat final Euro 2024. 

Sebelumnya ada Jerman, Swiss, Inggris, Spanyol, dan Prancis.

Rumania vs Belanda dan Austria vs Turki menjadi dua sisa tiket ke 8 besar Euro 2024.

Khusus Portugal, dalam perburuan tiket lolos ke babak semifinal, mereka akan menghadapi lawan tangguh yang difavoritkan juara Euro 2024, Prancis. Daftar tim yang lolos ke 8 besar Euro 2024

– Jerman

– Swiss

– Bahasa inggris

– Spanyol

– Perancis

– Jadwal Perempat Final Euro 2024 Portugal

Jumat, 5 Juli 2024

23.00 WIB – Jerman vs Spanyol

Sabtu, 5 Juli 2024

02.00 WIB – Portugal vs Prancis 23.00 WIB – Inggris vs Swiss

Minggu, 6 Juli 2024

02.00 WIB – Pemenang Romania vs Belanda vs Pemenang Austria vs Turki

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *