Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 44 45 Kurikulum Merdeka

TRIBUNNEWS.COM – Simak soal dan kunci jawaban bahasa Indonesia level 5 halaman 44 45 Kurikulum Merdeka pada artikel berikut ini.

Bab 2 akan dimulai pada halaman 25-250, dengan kajian Jendela Buku Dunia.

Bab ini mengajarkan siswa untuk menjadi pembelajar yang antusias dan mandiri dalam mempelajari berbagai jenis sastra, baik fiksi maupun nonfiksi, mengembangkan minat membaca, mengetahui bagian-bagian buku dan strukturnya, serta belajar menulis sendiri. cerita.

Tata bahasa yang akan Anda pelajari pada bab ini adalah isi kata kerja, contoh kata, kalimat langsung dan tidak langsung, artikel dan deskripsi.

Berikut Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Page 44 45 Kurikulum Merdeka : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Page 44 45 Belajar Mandiri

Temukan buku fiksi dan non-fiksi dari bagian buku.

1. Surat lamaran

Lihatlah dua sampul buku berikut. Apa itu buku fiksi dan nonfiksi? Bagaimana Anda mengetahuinya?

Menjawab:

Sampul Buku A: Sampul Buku Fiksi B: Sampul Buku Nonfiksi

Cara mengetahuinya adalah dengan melihat nama dan gambar sampul.

Judul buku “A” mengandung kata “naratif” yang mengacu pada kumpulan fantasi/naratif. Sekaligus, nama buku “B” adalah ilmu dan sains.

Untuk gambar sampul buku “A” menggunakan gambar komik. Sedangkan buku “B” menggunakan gambar asli agar terlihat lebih baik.

2. Konten

Di dalam buku itu terdapat banyak halaman. Ini memiliki daftar isi dan juga teks.

Sekarang lihatlah daftar isi teks berikut. Apa yang dimaksud dengan daftar isi buku nonfiksi dan apa yang dimaksud dengan daftar isi buku nonfiksi? Bagaimana Anda mengetahuinya?

Menjawab:

Cara mengetahuinya adalah dengan melihat nama dan gambar sampul.

Judul buku “A” mengandung kata “naratif” yang mengacu pada kumpulan fantasi/naratif. Sedangkan nama buku “B” adalah ilmu dan sains.

Untuk foto sampulnya, buku “A” menggunakan gambar komik sebagai gambar imajinasinya sedangkan buku “B” menggunakan gambar nyata agar terlihat lebih bagus.

Panduan: Membagi bab berdasarkan kegiatan, menunjukkan rencana sehingga pembaca dapat membaca untuk memahami isinya. Judul babnya menarik.

3. Isi buku

Perhatikan isi teks dari dua dokumen terpisah berikut. Apa yang tertulis di surat kabar dan apa yang tertulis di surat kabar bukan berita? Bagaimana Anda mengetahuinya?

La Tinulu meninggalkan tempatnya untuk mencari ilmu. Perjalanan ini sangat panjang. Ia menyeberangi sungai, mendaki gunung, dan melewati banyak desa. Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan seorang lelaki tua yang sedang bersembunyi di bawah pohon beringin di pinggir jalan. La Tinulu menyelinap masuk dan duduk di sebelah lelaki tua itu.

“Mau kemana, Nak? Apakah sepertinya kamu datang dari jauh?” Lelaki tua itu bertanya sambil mengangkat sekantong air kepada La Tinulu yang haus.

“Kamu orang tua, aku berkeliaran mencari seseorang yang mau menjual ilmu.”

“Bagaimana menurutmu? Belajar ilmu?” tanya orang tua itu.

Sumber: http://badanbahan.kemdikbud.go.id/lamanbahan/sites/default/files/SMPayam Jantan dari Timur.pdf

Sultan Hasanuddin adalah pahlawan rakyat asal Gowa, Sulawesi Selatan.

Keturunan raja Gowa ke-15 ini pernah memimpin kerajaan tersebut menguasai jalur perdagangan di Indonesia Timur pada abad ke-17.

Sultan Hasanuddin dikenal karena perjuangannya melawan penguasaan perusahaan VOC Belanda dalam perdagangan rempah-rempah di Indonesia Timur. Perlawanan Sultan Hasanuddin yang kuat dan berani membuat VOC diberi nama Ayam Timur.

Namun pada akhirnya perjuangan Sultan Hasanuddin akan berakhir ketika VOC berhasil merebut benteng Gowa yaitu Benteng Somba Opu. Ia meninggal setahun setelah peristiwa ini dan dimakamkan di kamar mayat kerajaan di Gowa.

Sumber: https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/11/205015169/biografi-sultan-hasanuddin-si-ayam-jantan-dari-timur?page=all

Menjawab:

Buku A: Panduan Fiksi: Terdapat tokoh-tokoh dalam alur cerita, terdapat percakapan antar tokoh yang menggunakan bahasa kiasan atau kiasan.

Buku B: Panduan Fiksi: Suatu bentuk penulisan biografi dengan data/fakta deskriptif. Tidak ada plot atau dialog, bahasanya natural dan lugas. Itu ditulis berdasarkan fakta dan data.

Penafian:

Jawaban-jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk membimbing pendidikan anaknya.

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan terbuka, artinya masih banyak jawaban yang belum terdefinisi seperti di atas.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *