Hadapi Krisis Iklim, Wapres Ma’ruf Amin Ajak Seluruh Elemen Bangsa Perkuat Ketahanan Lingkungan

Dilansir reporter Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden RI Maruf Amin mengatakan permasalahan lingkungan hidup merupakan permasalahan global yang memerlukan kerja sama semua pihak baik negara, organisasi internasional, perguruan tinggi, pelaku usaha, dan masyarakat.

Indonesia juga berupaya menjaga lingkungan secara berkelanjutan.

“Dengan langkah nyata, Indonesia terus berupaya membangun energi alam untuk mewariskan dunia yang sehat dan berkelanjutan,” kata Maruf, Senin (7/8/2024).

Hal itu diungkapkan Maruf pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Tahun 2024 di Arboretum MSc Ir Lukito Daryadi, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

“Saya mengapresiasi upaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mitra pembangunan, tokoh masyarakat, dunia usaha, media, aktivis, dan akademisi yang telah memperjuangkan upaya mengatasi perubahan iklim,” kata Maruf.

Pada acara tersebut, Maruf menyampaikan serangkaian pesan untuk menarik perhatian kolektif dalam penyelesaian krisis iklim.

Pertama, mendorong penelitian dan pengembangan teknologi baru. Kedua, memastikan dampak perubahan iklim dikelola secara adil dan merata. Ketiga, penguatan tata kelola lahan dan hutan.

Maruf juga meluncurkan Indonesia Green TV dan melakukan penanaman pohon di Arboretum MSc Ir Lukito Daryadi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Komunikasi dan Informatika.

“Saya berharap kehadiran Indonesia Green TV dapat meningkatkan pemahaman tentang upaya penyelesaian permasalahan lingkungan hidup dan kehutanan yang telah dilakukan pemerintah saat ini,” ujarnya.

Maruf Amin berharap Taman Hutan Raya Arboretum yang menjadi lokasi acara tersebut, selain menjadi kawasan rekreasi hijau di tengah kota Jakarta, juga dapat menjadi wahana komunikasi dan diskusi masyarakat mengenai isu lingkungan hidup.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya saat itu menjelaskan bahwa Indonesia Green TV merupakan program berbasis YouTube untuk menyebarkan informasi tentang Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kehadiran Green TV juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi berbagai tokoh masyarakat, pemuda dan perempuan untuk berdiskusi mengenai keberhasilan pelestarian lingkungan hidup, ujarnya.

Dalam pembuatan Green TV, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan MoU dengan media lain untuk mendapatkan dukungan teknis dalam produksinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *