Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 23 Kurikulum Merdeka: Kegiatan 2, Poster

TRIBUNNEWS.COM – Berikut Kunci Jawaban Pelajaran Bahasa Indonesia 11 Kurikulum Mandiri Halaman 23.

Pada halaman 23, siswa diminta memilih poster yang memenuhi kriteria pembuatan poster yang baik.

Kemudian siswa diminta memberi tanda yang sesuai pada poster 1 atau poster 2.

Soal ini sesuai dengan Kunci Jawaban Kegiatan 2 Indonesia Kelas 11. Halaman 23 Kegiatan Kurikulum Merdeka 2

1. Berdasarkan ciri-ciri dan syarat-syarat pembuatannya, poster manakah yang memenuhi syarat pembuatan poster yang baik? Beri tanda centang (√) pada tabel berikut!

Jawaban: Desain grafis poster sebaiknya memiliki komposisi huruf dan gambar yang seimbang pada media kertas atau kanvas berukuran besar. (Poster 2) Poster kebanyakan dibuat dengan kombinasi warna yang kuat dan kontras. (Poster 2) Poster menggunakan bahasa yang singkat, jelas dan tidak ambigu agar mudah dipahami. (Poster 1 dan 2) Poster menggunakan kalimat seruan yang berbentuk seruan langsung maupun tidak langsung. (Plester 1 dan 2) Pesan yang ingin dikirimkan harus disertai gambar. (Poster 2) Poster dapat dibaca dengan santai dan menarik minat khalayak ramai atau masyarakat umum. (poster 2)

2. Berdasarkan hasil pembahasan pada soal nomor 1, tariklah kesimpulan tentang ciri-ciri poster dan syarat-syarat poster yang baik. Menulis paragraf menggunakan model pengembangan induktif. Jangan lupa bahwa paragraf yang Anda tulis minimal harus terdiri dari tujuh kalimat.

Menjawab:

Poster memiliki beberapa ciri utama yang membedakannya sebagai sarana komunikasi visual yang efektif. Pertama, poster harus mempunyai komposisi huruf dan gambar yang seimbang, sehingga pembaca dapat menerima pesan yang disampaikan dengan baik. Kedua, warna yang digunakan pada poster biasanya kuat dan kontras untuk menarik perhatian penonton. Selain itu, bahasa yang digunakan harus singkat, jelas dan mudah dipahami, agar pesan dapat tersampaikan dengan cepat, tanpa menimbulkan kebingungan. Menyertakan ajakan bertindak, baik secara langsung maupun tidak langsung, merupakan elemen penting dalam mendorong respons pembaca. Gambar yang mendukung pesan juga sangat penting, karena visual dapat memperkuat makna kata yang digunakan. Poster yang baik dapat dibaca dengan cepat, meskipun dilihat dengan santai akan menarik minat orang. Berdasarkan hal-hal tersebut, syarat penting sebuah poster yang baik adalah dapat menyampaikan pesan dengan baik, menarik perhatian, dan mudah dipahami.

Penafian: Jawaban di atas hanya digunakan orang tua untuk memandu proses belajar anak. Pertanyaan ini merupakan pertanyaan terbuka, artinya ada beberapa jawaban yang tidak terselesaikan seperti di atas.

(Tribunnews.com/Farrah Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *