Sederet Insiden Terjadi di Bandara Soekarno-Hatta: Kebakaran, Listrik Padam hingga Atap Bocor

Laporan jurnalis Tribunnews.com Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kebakaran terjadi di kawasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang pada Minggu pagi (9 Januari 2024), menambah rentetan kejadian di kawasan masuk Indonesia.

Peristiwa awalnya terjadi di atap salah satu gerai makanan dan minuman di area keberangkatan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 04:24 WIB.

Selanjutnya personel Airport Rescue and Fire Fighting Service (ARFF) langsung diberangkatkan dan berhasil memadamkan api sekitar pukul 04.30 WIB.

Sementara itu, penyelidikan penyebab kebakaran masih terus dilakukan.

Jika ditilik ke belakang, Bandara Soekarno-Hatta kerap mengalami berbagai kejadian yang mengganggu aktivitas penumpang pesawat. Kegelapan (18 September 2023)

Pada Senin pagi 18 September 2023 (18 September 2023), terjadi pemadaman listrik di Terminal 3 kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang Banten.

Terminal 3 di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi satu-satunya sistem kelistrikan yang bermasalah.

Catu daya ke terminal dalam ruangan 1, 2 dan 3 normal artinya tidak ada gangguan.

Namun hal ini tidak mengganggu penerbangan lainnya. Bandara Soekarno-Hatta buka 24 jam sehari. Insiden Kebocoran Atap Bandara (9 Februari 2022)

Video kebocoran atap Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Provinsi Banten beredar melalui aplikasi pesan teks WhatsApp.

Sementara itu, video berdurasi 19 detik untuk pertama kalinya memperlihatkan bagian atap ruang tunggu Bandara Soekarno-Hatta bocor.

Namun, jumlah air yang mengalir dari atap bertambah hingga membasahi ruang penumpang.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.17 WIB dan beberapa lembar spandek yang merupakan bagian atap Terminal 3 rusak di salah satu titik di boarding gate 7, kata Holick, Senior Manager Komunikasi dan Hukum di Kata Bandara Soekarno-Hatta. Muardi lalu Kompas, Jumat (11 Februari 2022).

Menurut Holik, tumpahan tersebut disebabkan oleh hujan lebat disertai angin kencang di sekitar Bandara Soekarno-Hatta. Dia memastikan kejadian tersebut segera diantisipasi pihak bandara. Antrian Pelayanan Imigrasi (20 Juni 2024)

Di kantor imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, terjadi antrian panjang di loket imigrasi.

Jessica, seorang penumpang, menceritakan pengalamannya menunggu di antrian imigrasi.

Jessica, yang sedianya terbang ke Taipei bersama ketiga anaknya, merasa gugup karena penerbangannya berangkat lebih awal, namun kesulitan memeriksa paspornya di imigrasi.

Melihat Jessica menggendong anak kecil, petugas imigrasi membawanya ke pintu samping pos pemeriksaan imigrasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

“Sudah waktunya pesawat berangkat, tapi saya komplain karena saya punya tiga anak, dan akhirnya saya kontrol paspornya di kantor sebelah, tapi saya tidak tahu cara mengeceknya. Dikonfirmasi melalui Platform X (Twitter) pada Kamis (20 Juni 2024).

Direktur Imigrasi (Dirjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Silmy Karim membenarkan adanya pemadaman listrik di Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika yang berdampak pada layanan keimigrasian.

Beberapa layanan imigrasi, seperti loket imigrasi di bandara dan pelabuhan, juga terkena dampaknya, begitu pula layanan teknis lainnya seperti kantor departemen layanan paspor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *