Target PNBP dari Sektor Mineral dan Batubara Sudah Mencapai 87,49 Persen

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengatakan target penerimaan negara bukan pajak (PNBP) negara pada tahun 2024 dari sektor minerba telah mencapai 87,49 persen.

“Ini merupakan sumber pendapatan negara dan ekspor utama Indonesia yang sangat besar. Namun kontraktor tetap harus bisa menerapkan GMP (good mining practice),” kata Bahlil Lahadalia.

Dalam sambutannya pada acara Good Mining Practice Award (GMP) Tahun 2024 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (MINERBA) di Jakarta pada Rabu (25/9/2024).

Menteri ESDM dalam kesempatan itu mengingatkan, perhatian juga harus diberikan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar tambang.

“Masyarakat di sekitar tambang harus diperhatikan, permasalahan pascatambang dan lingkungan hidup harus diperhatikan, dikelola dan ditegakkan secara sistematis,” kata Bahlil.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Tri Winnerno menegaskan, pelaku usaha di sektor pertambangan harus menerapkan GMP atau Prinsip Keteknikan Pertambangan yang Baik. Program GMP Awards diadakan untuk tujuan tersebut.

“Acara ini diselenggarakan terutama untuk mendorong para pelaku usaha menerapkan prinsip-prinsip pertambangan yang baik dengan tetap memperhatikan aspek manusia dan planet bumi, bukan mencari keuntungan. Jangan lupa berkontribusi pada pendapatan pemerintah dan menciptakan kehidupan yang berkelanjutan,” ujarnya. .

Pada acara tersebut, PT Kideko Jaya Agung (Kideko), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, kembali menerima beberapa penghargaan. 

KIDECO berhasil memperoleh tiga penghargaan pada periode penilaian tahun 2023, yaitu Standardisasi Kelompok Perusahaan Pengelola Usaha Pertambangan dan Grand Prize Pengelolaan Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara, Penghargaan Aditama Pengelolaan Lingkungan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Mineral dan Batubara. Kelompok Pemegang, Izin Usaha Pertambangan Khusus, Izin Usaha Pertambangan Khusus Dalam Melanjutkan Operasi Kontrak/Perjanjian Komoditi Batubara, dan Penghargaan Aditama Bidang Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara bagi Kelompok Pemegang Izin Usaha Komoditi Batubara. Chief Operations Officer Kideco Edra Emilza usai menerima piagam penghargaan mengatakan, pihaknya berkomitmen menerapkan prinsip rekayasa pertambangan yang baik. 

“Ini merupakan kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada Kideco dan kami mengelolanya dengan baik. Penghargaan ini merupakan indikasi komitmen kami untuk memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan dan memperkuat aspek GMP dalam setiap kegiatan operasional bisnis perusahaan,” kata Edra Emilja ( *).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *