Cuaca Hari Ini – BMKG: Riau hingga Jambi Berpotensi Hujan Lebat dan Angin pada Jumat, 31 Mei 2024

TRIBUNNEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terhadap cuaca buruk hari ini, Jumat (31 Mei 2024).

Sebanyak 26 wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Wilayah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Sumatera Barat hingga Selat Malaka, dari Lampung hingga Bengkula, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat, dari Laut Maluku hingga Sulawesi Barat, di Bandai dan dari Pegunungan Papua. . ke Papua Barat.

Zona konvergensi terlihat di Laut Cina Selatan.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang zona konvergensi/konvergensi. Peningkatan kecepatan angin hingga >25 knot terpantau di Laut Arafura dapat meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut.

Labilitas lokal yang kuat yang mendukung proses konvektif skala lokal ditemukan di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, NTT, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah , Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Papua dan Gunung Papua.

Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah : Sumatera Utara Sumatera Barat Riau Bengkulu Jambi Kep. Bangka Belitung Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Sulawesi Utara Gorontalo Sulawesi Tengah Sulawesi Barat Maluku Utara Maluku Papua Barat Papua

Daerah yang mempunyai potensi hujan disertai petir dan angin kencang adalah: Aceh Kep. Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan

(Tribunnews.com/Enggar Kusuma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *