Jokowi Rombak Kabinet Dua Bulan Jelang Masa Jabatan Usai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik beberapa pejabat baru hari ini. Tujuh pejabat, mulai dari kepala lembaga hingga menteri, dilantik hari ini.

Pelantikan dilakukan pada Senin (19/8/2024) di Istana Kepresidenan Jakarta Pusat. Selain melantik pejabat baru, Jokowi juga melakukan perubahan pada susunan kabinet Indonesia yang telah direformasi.

Total ada tujuh pejabat yang dilantik Jokowi hari ini. Upacara penobatan digelar hari ini pukul 09.30 WIB.

Berikut daftar menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga yang dilantik Jokowi.

0 Komunikasi dan informasi5. Profesor Dadan Hindayana menjadi Kepala Badan Organisasi Pangan6. Hasan Nasbi menjadi Kepala Kantor Urusan Komunikasi Kepresidenan7. Taruna Ikrar menjadi Kepala Sarana dan Ruang Baru BPOM

Angga Raka akan membantu Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiade dalam menjalankan tugasnya di Kominfo. Sobat Kominfo mempunyai pekerjaan yang sangat berat.

Pada Senin (19/8), Budi mengatakan, “Pekerjaan Kementerian Komunikasi dan Informatika sangat berat. Banyak hal yang harus diselesaikan dalam waktu singkat.”

Menurut Budi, tugas Cominfo yang perlu segera diselesaikan adalah:

1. Aturan dasar dan kelembagaan penerapan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi 2. Mempercepat penghapusan perjudian online 3. Memperbaiki struktur dan pengelolaan informasi nasional4. Menggunakan AI untuk layanan publik

Sedangkan Badan Gizi Nasional merupakan lembaga yang baru dibentuk oleh Presiden Jokowi pada 15 Agustus 2024.

Badan Gizi Nasional saat ini dipimpin oleh kepala resmi Dadan Hindayana. Dadan bertanggung jawab mengarahkan dan mengawasi kegiatan di balai ini. Dadan akan dibantu oleh banyak perwakilan untuk menjalankan kerja Badan Gizi Nasional.

Sementara Taruna Ikrar dilantik menjadi Kepala BPOM setelah Penny Ki Lukito selesai menjabat Kepala BPOM pada November 2023. Saat ini posisi Kepala BPOM diisi oleh Rizka Andalucia.

Diketahui, ia baru saja dilantik Presiden Jokowi melalui Perpes terkait tanggung jawab Kantor Urusan Komunikasi Kepresidenan. Pembentukan Kantor Urusan Komunikasi Kepresidenan didirikan pada tahun 2011. 2024 melalui Keputusan Presiden Nomor 82 yang ditandatangani Jokowi pada 15 Agustus 2024 dan diumumkan pada hari yang sama.

Pusat ini didirikan untuk memfasilitasi keberhasilan pelaksanaan komunikasi dan informasi strategis Presiden secara terkoordinasi dan terkoordinasi.

Pada Pasal 1 Proklamasi Presiden ini disebutkan, “Kantor Komunikasi Presiden adalah lembaga independen yang dibentuk oleh Presiden untuk menyampaikan informasi mengenai kebijakan strategis dan rencana penting Presiden.” Istana: Transformasi akibat pergantian pemerintahan berjalan baik.

Istana mengatakan perubahan ini dilakukan untuk mendukung reformasi pemerintahan yang efisien dan efektif.

“Penunjukan menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga penting untuk mempersiapkan dan mendukung reformasi pemerintahan,” kata Koordinator Staf Presiden Ari Dwipayana, Senin (19/8/2024).

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasko Ahmed menegaskan, pelantikan menteri baru oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini merupakan upaya harmonisasi pemerintahan baru. Penunjukan menteri ini sangat penting.

Ya, banyak hal yang perlu disepakati, jadi banyak yang kita minta untuk dipercepat, seperti kesepakatan pemerintahan baru ke depan, kata Dasco di Istana Negara Jakarta, Senin. (19/8/2024).

Dasco kembali menegaskan, perubahan harus dilakukan pada dua bulan terakhir pemerintahan Presiden Jokowi. Hal ini bertujuan untuk memastikan pemerintahan baru yang dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dapat berfungsi secara efektif.

“Restrukturisasi yang dilakukan dua bulan terakhir ini untuk mempercepat hal-hal penting, pemerintahan baru harus menyepakati dengan baik agar berjalan langsung dan efisien,” tegasnya. (GTP/GTP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *