Umat Hindu Jadi Sasaran Amuk Massa di Bangladesh, Muslim Ikut Bantu Jaga Kuil

TRIBUNNEWS.COM, DHAKA – Rumah-rumah penduduk Hindu di Bangladesh menjadi sasaran massa ketika kerusuhan berdarah meletus di Dhaka setelah Perdana Menteri Sheikh Hasina melarikan diri ke India.

Wakil Ketua Partai Nasionalis Bangladesh Tarique Rahman dan mantan Perdana Menteri Bangladesh Khaleda Zia adalah dua tokoh penting yang masih menginginkan perdamaian dan ketenangan di Bangladesh.

Asosiasi Komunitas Hindu Bangladesh mengatakan beberapa kuil, serta tempat usaha dan toko, diserang oleh massa yang melakukan kekerasan setelah Sheikh Hasina digulingkan sebagai perdana menteri.

Meskipun para pemimpin gerakan yang menggulingkan pemerintahan Liga Awami telah mengimbau masyarakat untuk tidak menargetkan komunitas minoritas Hindu, kekhawatiran muncul mengenai keselamatan mereka.

Untungnya, ada suara yang muncul dari umat Hindu dan beberapa kuil dijaga oleh umat Muslim dan Hindu bersama-sama.

Umat ​​​​Hindu mencakup hampir 8 persen dari total populasi Bangladesh yang berjumlah sekitar 149,77 juta orang, dan sebagian besar komunitas ini secara tradisional mendukung Liga Awami pimpinan Syekh Hasina. Hal ini disebabkan kuatnya ikatan Syekh Hasina dengan India dan pendirian Liga Awami sebagai kekuatan sekuler dibandingkan oposisi yang terdiri dari kekuatan garis keras.

Ketika pemerintah digulingkan dan pemerintahan baru belum mengambil alih kekuasaan, massa yang melakukan kekerasan menyerang kantor polisi, penjara, rumah para pemimpin Liga Awami, dan gedung-gedung Hindu.

“Saya menyerukan kepada masyarakat Bangladesh untuk menahan diri dan tenang pada masa transisi jalur demokrasi kita. Merupakan tugas kita untuk melindungi seluruh warga Bangladesh, apapun agama dan politiknya, dari kekerasan yang bersifat diskriminatif dan tidak melakukan kekerasan terhadap kelompok tertentu. masyarakat, menciptakan perpecahan atau membalas dendam. “Muslim, Hindu, Kristen, Buddha, beriman, atheis, tidak ada yang akan tertinggal atau terpinggirkan dalam jalan kita bersama menuju demokrasi, kita semua bangga menjadi warga negara Bangladesh,” kata Tarique Rahman dalam cuitan di X(twitter) , Rabu (7/8/2024).

Dewan Persatuan Kristen Hindu-Buddha Bangladesh mengatakan kepada Reuters bahwa 200 hingga 300 rumah, sebagian besar milik umat Hindu, dan tempat usaha telah menjadi sasaran sejak Senin (5/8/2024). Sekitar 15-20 kuil Hindu rusak dan 40 orang terluka, meski tidak serius, kata Rana Dasgupta, direktur eksekutif kelompok tersebut.

“Teror sosial terjadi beberapa jam sebelum dia mengundurkan diri. Meski tidak ada pembunuhan, dia terluka. Rumah dan tempat usaha kaum minoritas, terutama umat Hindu, serta kuil menjadi sasaran, dibakar, dan dirusak,” kata Rana.

Pakar pembangunan yang berbasis di Dhaka, Avirup Sarkar, mengatakan kepada BBC bahwa pamannya tinggal di Netrokona, sekitar 100 km dari Dhaka. Beberapa jam setelah Syekh Hasina meninggalkan negara itu, dia meneleponnya Sarkar.

 “Dia ketakutan. Katanya, gerombolan massa menyerang rumahnya dan mencurinya,” katanya kepada BBC. Paman Sarkar memberitahunya bahwa 100 orang dengan tongkat telah merusak rumah dan menghancurkan perabotan, televisi, perlengkapan dan pintu. Mereka juga mengambil uang dan perhiasan. Mereka tidak menyerang siapa pun di rumah itu.

“Kalian adalah keturunan Liga Awami. Negara ini dalam keadaan buruk karena kalian. Kalian harus meninggalkan negara ini,” teriak massa kepada warga, demikian laporan BBC.

Pradip Kumar Bhowmik, jurnalis Harian Khobor Patra, meninggal setelah diserang massa di Raiganj Press Club di Sirajganj. Tiga jurnalis lainnya terluka. Sebanyak 25 jurnalis terluka dalam serangan di seluruh negeri, The Daily Star melaporkan. Banyak dari mereka adalah Muslim.

Di Dhanmondi Dhaka, massa yang melakukan kekerasan menyerang rumah leluhur penyanyi Bangladesh Rahul Ananda, membakar alat musik dan perabotannya. Keluarganya berhasil lolos dari serangan tersebut. Grup folk Joler Gaan yang dinyanyikan oleh Rahul Ananda mengunggah video rekaman terakhir mereka di ruangan yang kini hancur.

Di tengah laporan mengenai kelompok minoritas dan kuil yang menjadi sasaran, Dhaka Tribune mengirim reporter ketiga ke kuil tersebut dan menemukan umat Hindu dan Muslim menjaga tempat ibadah tersebut. Di Kuil Nasional Dhaneshwari, Raj Ghosh, seorang penduduk setempat, mengatakan bahwa baik tetangga Muslim maupun Hindu berupaya melindungi kuil tersebut. Beberapa orang telah menggunakan kuil ini untuk keuntungan mereka sendiri.

“Kami mengakui upaya mereka untuk memperbaikinya, namun mereka membawa kami keluar dari sana dengan sangat paksa,” kata Raj.

Ranjan Kumar Das, warga lainnya, mengatakan ada kekhawatiran candi tersebut menjadi sasaran.

“Tadi malam, beberapa pelajar dan warga Muslim setempat bersama kami. Mereka memberi kami informasi kontak mereka untuk mendapatkan bantuan jika kami diserang. Saudara-saudara Muslim kami yang mendukung kami memberikan contoh,” katanya.

Di kuil Ramna Kali, mahasiswa Universitas Dhaka Rafid Azad menjadi penjaga. Dia mengatakan kelompok tersebut bergiliran melindungi kuil. Saat ditanya siapa dalang penyerangan terhadap kuil tersebut, katanya.

“Kami telah melihat contoh dari banyak negara di mana beberapa negara melihat peluang ketika rezim gagal. Kami tidak dapat mengatakan dengan jelas siapa yang menyerang kuil-kuil. Orang di balik serangan itulah yang melakukan kejahatan tersebut.” suatu hal yang mengerikan,” katanya.

Ia mengatakan pemerintahan baru harus menjamin hak-hak dasar, termasuk kebebasan beragama dan berpendapat.

“Tentu saja kami tidak menginginkan pemerintahan yang besar, kami menginginkan pemerintahan untuk semua orang,” katanya.

Tidak ada penjaga di kuil ISKCON Swami Bag, namun dua poster bertuliskan: “Kalian adalah saudara kami, jangan takut” dan “kita semua memiliki Bangladesh”. Anggota ISKCON Durval Harinam Das mengatakan kepada Dhaka Tribune: “Di wilayah ini kami memiliki hubungan baik dengan semua orang, jadi tidak ada alasan untuk takut.” (BBC/Reuters/Dhaka Tribune/NDTV.COM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *