Pemerintah Irak Menjalin Kontak dengan Negara-negara Berpengaruh untuk Meredakan Ketegangan Regional

Irak berupaya menjangkau negara-negara berpengaruh untuk meredakan ketegangan regional

TRIBUNNEWS.COM – Irak berupaya menjangkau “negara-negara berpengaruh” untuk meredakan ketegangan regional, kata Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein.

Pemerintah di Bagdad mengatakan wilayah tersebut “hidup di bawah ancaman dan tembakan” dan mendukung gencatan senjata di Gaza

Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein mengatakan pemerintah Irak berusaha meredakan ketegangan di kawasan dan menekankan pentingnya gencatan senjata di Gaza dalam menghadapi kemungkinan perang antara Iran dan Israel.

Berbicara di TV Al-Hadat pada tanggal 20 Agustus, Hussein mengatakan bahwa “wilayah ini hidup di bawah ancaman dan penembakan, dan bahwa gencatan senjata di Jalur Gaza akan menjamin perdamaian relatif di wilayah tersebut,” sambil mencatat bahwa “upaya gencatan senjata terus berlanjut. ” meskipun belum mencapai hasil, dan ketegangan ini akan terus berlanjut kecuali gencatan senjata tercapai di Jalur Gaza.”

Menteri luar negeri, yang merupakan anggota Partai Demokrat Kurdistan (KDP), menekankan bahwa “masyarakat dan negara Irak tidak boleh dipaksa untuk bertindak dan bereaksi,” menekankan bahwa “kami berkomunikasi dengan negara-negara berpengaruh untuk menenangkan situasi di Irak. Jalur Gaza.” dan kami adalah bagian dari sistem yang ingin mengurangi ketegangan.”

Dia menambahkan bahwa “menempatkan Irak dalam situasi militer adalah berbahaya dan kami mengambil tindakan baik di dalam negeri maupun internasional untuk menghindari menempatkan Irak dalam situasi yang sulit.”

Komentarnya muncul ketika negosiasi berlanjut antara AS dan pemerintah Irak mengenai berakhirnya misi militer koalisi AS di Irak.

Hussein mengatakan bahwa “diskusi mengenai penarikan pasukan koalisi internasional dari negara kita masih berlangsung dan belum berhenti, namun ketegangan di kawasan menunda penentuan waktu penarikan pasukan koalisi.”

Irak menginginkan pasukan koalisi militer pimpinan AS mulai menarik diri pada bulan September dan secara resmi mengakhiri koalisi pada bulan September 2025, empat sumber Irak mengatakan kepada Reuters pada 23 Juli. Sumber itu menambahkan bahwa beberapa tentara AS kemungkinan akan tetap menjalankan peran penasihat yang baru disepakati.

Namun rilis jadwal penarikannya baru-baru ini ditunda.

Perlawanan Islam di Irak (IRI), yang secara resmi didirikan setelah Operasi Banjir Al-Aqsa pada 7 Oktober, merupakan koalisi beberapa faksi perlawanan Irak yang telah melancarkan beberapa serangan terhadap pangkalan AS di Irak dalam beberapa tahun terakhir untuk memaksa AS meninggalkan Irak. . negara.

Serangan-serangan ini termasuk serangan tanggal 5 Agustus terhadap pangkalan Ain al-Assad di Irak. Lima tentara Amerika terluka dalam serangan itu.

Pasukan Amerika juga mengejar perlawanan Irak. Pada tanggal 30 Juli, pasukan AS mengebom Jurf al-Sakhar, daerah kantong kelompok perlawanan Irak Kataib Hezbollah (KH) yang terletak di selatan Bagdad, menewaskan empat anggota kelompok tersebut.

Misi militer pimpinan AS didirikan di Irak dengan dalih memerangi ISIS. Pada tahun 2014, dengan dukungan rahasia dari AS dan sekutu regionalnya, termasuk Israel, Arab Saudi, Turki, dan para pemimpin Kurdi dari Kurdistan Irak, mereka menguasai sebagian besar Irak dan Suriah.

Di masa lalu, Iran menyerang pangkalan Mossad di wilayah Kurdi di Irak.

Menteri Luar Negeri Hussein juga mengatakan kepada Al-Hadat bahwa “kami berhasil menghentikan reaksi Washington terhadap pemboman pangkalan Ain al-Assad.” Dia menekankan bahwa “kami mengatakan kepada Iran bahwa serangan terhadap Kurdistan adalah sebuah kesalahan.”

SUMBER: buaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *