Ben Gvir Bikin Geram Politisi Israel, Serukan agar Umat Yahudi Bebas untuk Berdoa di Masjid Al Aqsa

Politisi Israel Ben Gvir Angers menyerukan agar orang Yahudi diizinkan salat di Masjid Al Aqsa.

TRIBUNNEWS.COM – Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel Itamar Ben Gvir menyerukan agar Al-Aqsa dibuka 24 jam untuk orang Yahudi.

Ben-Gvir dari Israel menyerukan agar Al-Aqsa “terbuka 24/7” untuk orang Yahudi.

Menteri Keamanan Nasional Israel yang berhaluan sayap kanan, Itamar Ben Gvir, meminta Israel untuk “kembali ke Bukit Bait Suci”.

Selain itu, ia juga berjanji akan mencabut larangan umat Yahudi salat di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki.

Berbicara di Knesset Israel minggu ini, Ben-Gvir mengatakan, “Temple Mount sedang berubah.

Kita semua tahu apa yang saya bicarakan. Mengomentari serangan minggu lalu terhadap kompleks Al-Aqsa, masjid Islam terbesar ketiga di dunia, dengan dukungan pasukan keamanan Israel, menteri tersebut mengatakan:

“Apa yang perlu dikatakan secara rahasia, dilakukan secara rahasia. Saya berada di Temple Mount. Saya berdoa di bukit kuil.

Ben-Gvir menantang otoritas lama Yerusalem yang menyatakan bahwa Masjid Al Aqsa dan kompleksnya hanya boleh digunakan oleh umat Islam, sebuah posisi yang ditegakkan, meski sering dilanggar, oleh pemerintah Israel.

“Mereka mengatakan kepada saya bahwa “kepemimpinan politik” menentang hal itu. Saya seorang pemimpin politik. Kepemimpinan politiklah yang mengizinkan orang-orang Yahudi untuk berdoa di Temple Mount,” tegas gubernur.

Dia menambahkan bahwa gambar tersebut dan “pembatasan serupa mewakili tempat di mana orang Yahudi didiskriminasi. Ini adalah rasisme. Tidak ada alasan mengapa Temple Mount tidak dibuka 24/7 untuk orang Yahudi. Jangan datang pada hari Sabtu.

Setelah permintaan maaf Ben-Gvir, ada banyak kritik dari politisi dan anggota parlemen Israel, dengan anggota parlemen Partai Likud Moshe Gafni mengatakan bahwa doa Yahudi di Kuil Al-Aqsa adalah hukum Yahudi yang “buruk” dan menyalahkan perdana menteri. Benjamin Netanyahu “tidak akan mengizinkan pergantian kekuasaan”.

Benny Gantz, mantan menteri kabinet perang dan anggota Partai Persatuan Nasional, mengatakan “sama seperti Ben-Gvir tidak membuat keputusan tentang kunjungan Muslim ke Temple Mount selama Ramadhan, maka dia juga tidak membuat keputusan hari ini.”

Dia juga menyerukan agar Ben-Gvir “dicopot dari semua kekuasaannya terkait masalah keamanan sensitif”. Politisi Israel marah, baik di pemerintahan maupun di oposisi

Ben-Gvir dari Israel mengatakan salat Yahudi harus diizinkan di Al-Aqsa, sehingga membuat marah sesama politisi Israel.

Ben-Gvir membuat marah Knesset Israel setelah dia mengumumkan bahwa dia salat di Al-Aqsa dan mengatakan bahwa Al-Aqsa harus diterima oleh orang Yahudi secara umum.

Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir mengumumkan di Knesset Israel bahwa ia akan mengizinkan salat Yahudi di kompleks Masjid Al-Aqsa pada hari Rabu.

Dalam peristiwa kontroversial yang disebut kembalinya Israel ke Bukit Bait Suci, nama Yahudi untuk kompleks Al-Aqsa, Ben-Gvir mengatakan dia berdoa di lokasi tersebut, melanggar janji dan perjanjian yang sudah lama ada.

“Apa yang perlu dikatakan secara diam-diam, dilakukan secara diam-diam. Saya pernah ke Bukit Bait Suci. Saya berdoa di Temple Mount,” ujarnya, dikutip Haaretz.

“Saya diberitahu bahwa “kepemimpinan politik” menentangnya.

Ia mengatakan bahwa semua area di situs tersebut harus terbuka bagi umat Yahudi untuk berdoa, dan tidak ada alasan mengapa situs tersebut tidak dibuka “24/7” untuk tujuan tersebut.

Komentarnya menuai kemarahan dari sesama politisi Israel, baik di pemerintahan maupun oposisi, serta dari warga Palestina di Israel di Knesset.

Anggota Partai Likud Knesset, Moshe Gafni, menyebut salat di bukit itu sebagai “pelanggaran serius” terhadap hukum Yahudi dan meminta Perdana Menteri Benjamin Netanyahu “untuk tidak membiarkan dunia berganti kekuasaan.”

Ada kontroversi dalam agama Yahudi mengenai ibadah di kompleks tersebut, dan Israel saat ini melarang ibadah Yahudi, meskipun bukan perjalanan Yahudi, ke kompleks tersebut.

Larangan tersebut juga menyebabkan kepala polisi Israel di tempat-tempat suci tersebut menyatakan bahwa shalat di tempat tersebut dilarang, sementara Al-Aqsa diserang oleh orang-orang Yahudi yang melakukan ritual ofensif di sana.

Anggota parlemen oposisi dan mantan menteri perang Benny Gantz meminta Ben-Gvir untuk “melepaskan semua wewenang atas masalah keamanan sensitif” karena Menteri Dalam Negeri Moshe Arbel mengatakan tindakan tersebut merupakan penghujatan.

Perwakilan Partai Buruh Gilad Kariv menyebutnya sebagai “seorang pelaku pembakaran yang ingin memulai intifada ketiga,” sebuah label yang juga digunakan oleh anggota sayap kiri MK Ofer Kassif.

Saat itu, anggota Knesset Arab Ahmad Tibi menyebut Ben-Gvir sebagai “seorang fasis rasis yang ingin memulai perang agama.”

Kunjungan mendiang Perdana Menteri Israel Ariel Sharon pada tahun 2000, yang terkenal karena perannya dalam pembantaian Sabra dan Shatila tahun 1982 terhadap warga Palestina di Lebanon, dipandang sebagai pemicu Intifada Kedua.

Belakangan, kantor Perdana Menteri menginformasikan bahwa situasi di lapangan tidak akan berubah dan tidak akan berubah.

Selain kontroversi kompleks Al-Aqsa, Ben-Gvir juga dituduh berupaya meningkatkan kekuasaannya di kabinet Israel agar ia dapat mengambil keputusan mengenai penyelenggaraan perang Israel di Gaza.

Menteri Pertahanan Yoav Galant menyatakan bahwa Ben-Gvir “berusaha mengganggu stabilitas Timur Tengah”.

Ben-Gvir sedang melakukan negosiasi agar kabinet perang bergabung dalam konferensi semacam itu alih-alih mengajukan rancangan undang-undang ke parlemen yang akan mengalihkan penunjukan rabi suku dari pemerintah daerah ke menteri agama.

Setelah pidatonya, Ben-Gvir menjuluki Galant dan Aire Derry, pemimpin partai ultra-Ortodoks Shas yang menghalangi partisipasinya, sebagai “kiri” dan “mencoba melakukan hal-hal bodoh dan mengakhiri perang.”

Perang Israel di Gaza, di mana Ben-Gvir secara terbuka menyerukan warga Palestina untuk “mengevakuasi” Gaza dan mendukung pemukiman Israel di wilayah tersebut, telah menewaskan 39.145 warga Palestina dan melukai lebih dari 90.000 orang.

SUMBER: MONITOR TIMUR TENGAH, ARAB BARU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *