Kapolri Mutasi Irjen Ahmad Luthfi dari Jabatan Kapolda Jateng Jadi Pati Itwasum di Kemendag

Dilansir jurnalis Tribunnews.com Abdi Riand Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kombes Pol Listio Sigit Prabowo melakukan mutasi sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri.

Salah satu nama Polri Pati yang dimutasi adalah Irjen Ahmad Lutfi dari jabatan Kapolda Jawa Tengah.

Beberapa rotasi anggota tercatat di Telegram (TR) Sekretariat Polri, ST 1554/VII/KEP/2024 yang ditandatangani AsSDM Polri Irjen Dedi Prasetio.

“Pergantian itu dilakukan Polri dalam rangka kenaikan pangkat, pensiun, dan pariwisata Kapolda. Memang, pergantian staf Polri bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan melindungi masyarakat. Karo Penmas, Humas Polri Mayjen Trunoyodo Visnu Andiko, kepada wartawan, Sabtu (27/06/2024).

Irjen Ahmad Lutfi sendiri dilimpahkan peran Pati Itwasum Polri yang dipercayakan kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Pilkada akan digelar di Jawa Tengah

Sebelumnya, Presiden Jokowi dikabarkan akan merestui Kapolda Jateng Ahmad Lutfi jika mencalonkan diri di Pilkada Jateng.

Terkait masuknya Lutfi dalam bursa calon ketua umum daerah Jateng, hal itu dikomentari Jokowi pada Mei tahun lalu.

Dia menanyakan pertanyaan-pertanyaan pilkada yang akan ditanyakan oleh partai atau mereka yang memasuki pasar calon presiden daerah.

“Ini keinginan pribadi, silakan ditanyakan kepada para pihak atau pemangku kepentingan,” kata Jokowi usai meninjau pasar di Karawang, Rabu (5/8/2024).

Jokowi kaget karena semua orang yang akan mencalonkan diri di pilkada ditanya tentang dirinya. Sebelum Ahmad Lutfi, Jokowi juga sempat mendapat pertanyaan serupa soal putra bungsunya, Kesang Pangarep.

“Kalau pilkada, tanya saya apa itu,” ujarnya.

PAN juga mengumumkan dukungannya terhadap Lutfi untuk maju pada Pilkada Jawa Tengah 2024.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan partainya sudah menyatakan dukungan tidak resmi kepada Irjen Ahmad Lutfi.

“Lutfi sudah punya Jawa Tengah. Ya nanti saya dukung Lutfi. Zulhas dari Kantor DPP PAN, Jalan Amil Bunsit Raya, Pankoran, Jakarta Selatan, Senin (5/3/2024) mengatakan Lutfi kini menjabat Kapolda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *