CPNS Kemenkumham 2024: Ada Kuota Pemeriksa Keimigrasian 3036, Penjaga Tahanan 4178 untuk Lulusan SMA

TRIBUNNEWS.COM – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia resmi merilis Formulir Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

Dua formulir yang terbuka adalah Inspektur Imigrasi dan Penjaga Detensi.

Faktanya, lowongan inspektur dan penjaga imigrasi termasuk yang tertinggi di dunia.

Rinciannya Kuota pemeriksa imigrasi sebanyak 3.036 formulir dan kuota penjaga rutan sebanyak 4.178 lembar.

Berikut rincian pembentukan Pemeriksa Imigrasi dan Penjaga Tahanan: Pemeriksa Imigrasi – Laki-Laki Baru = 1527 Perempuan = 1509 Penjaga = 2927 Perempuan = 1251

Kabar baiknya adalah lulusan sekolah menengah atas atau sederajat berhak melamar kedua pekerjaan tersebut.

Selain itu, mereka akan ditempatkan di seluruh kantor di wilayah Kemenkumham seluruh Indonesia.

Yang perlu Anda perhatikan adalah permintaan terhadap kandidat dari kedua bentuk tersebut semakin meningkat.

Tinggi badan minimal pria – 163 cm, wanita – 158 cm.

Lantas, bagaimana syarat pendaftaran Inspektur dan Tahanan Imigrasi pada seleksi calon prajurit TNI Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja tahun 2024?

Berikut syarat pendaftaran CPNS Kemenkumkham tahun 2024 bagi petugas imigrasi dan penjaga tahanan:

Rakyat Indonesia mengabdikan diri kepada Yang Maha Kuasa, beriman dan taat kepada Undang-Undang Dasar Pancasila Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Usia minimal pada saat pendaftaran adalah 18 tahun dan usia maksimal 35 tahun bagi calon yang berpendidikan non-sekolah menengah dan sederajat.

Tidak pernah dihukum penjara sesuai dengan penetapan pengadilan yang berlaku karena tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara dua tahun atau lebih.

Tidak pernah dipecat sebagai pegawai negeri sipil, PPPC, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan dari jabatannya sebagai pegawai swasta karena pornografi atas permintaannya atau dengan cara lain yang tidak patut.

Bukan calon pegawai negeri sipil, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Bukan anggota atau pengurus partai politik atau terlibat dalam politik sebenarnya.

– Memiliki ijazah pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

– Kompeten yang ditunjukkan dengan sertifikat profesi tertentu yang sah dari badan profesi yang berwenang untuk jabatan yang dibutuhkan.

Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamarnya.

Bersedia bekerja di unit kerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di seluruh Indonesia.

– Tidak tergantung pada obat-obatan atau obat-obatan terlarang, dll. (Surat keterangan obat dari rumah sakit pemerintah atau rumah sakit TNI/Polri tidak harus dilengkapi setelah pemohon dinyatakan lulus dalam pernyataan akhir studi selesai pada tanggal kelulusan);

Calon Penjaga Penjara dan Inspektur Imigrasi, entry level dengan pendidikan menengah atau pendidikan sederajat, harus sesuai dengan akomodasi yang tertera pada kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Jika calon di provinsinya tidak memenuhi syarat untuk e-KTP dan ingin mendaftar di provinsi lain, harus menunjukkan surat keterangan dari kantor komune/sangkat terkait.

– Tinggi badan calon lulusan SMA atau sederajat: laki-laki minimal 163 cm; Tinggi badan wanita minimal harus 158 cm.

Lulusan: SMA dan sekolah sederajat setempat yang terdaftar pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan/atau terdaftar pada Kementerian Agama. Sekolah Menengah Atas yang setara dengan sekolah luar negeri dengan gelar dan peringkat Kementerian Dalam Negeri di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Informasi selengkapnya mengenai CPNS Kemenkumham 2024 dapat dilihat di tautan ini.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *