Prakiraan Cuaca BMKG Besok Sabtu, 27 Juli 2024: Potensi Hujan Ringan di Jabar, Jateng, Jatim

TRIBUNNEWS.COM – Berdasarkan Badan Meteorologi, Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Besok Sabtu (27/7/2024) Peringatan Cuaca Timur BMKG.

Dikutip dari web-meteo.bmkg.go.id Secara umum BMKG memperkirakan periode kemarau akan terjadi pada 23-29 Juli 2024, namun berpotensi terjadi hujan.

Berdasarkan laporan BMKG, Indonesia khususnya wilayah selatan masih memasuki musim kemarau dan banyak wilayah di wilayah Indonesia bagian selatan juga sudah memasuki puncak musim kemarau.

Selama tiga hari terakhir, hampir seluruh wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan cuaca cerah.

Situasi ini wajar mengingat wilayah Indonesia bagian selatan biasanya berada pada puncak kekeringan pada bulan Juli.

Namun hujan sore kemungkinan akan terjadi di sebagian Kalimantan, Sulawesi, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara pada pekan depan.

Hal ini dipengaruhi oleh melemahnya angin muson austral yang menyebabkan wilayah udara kering di wilayah selatan Indonesia berpindah ke selatan Pulau Jawa.

Selain itu, faktor pemanasan tingkat lokal mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses peningkatan massa udara dari permukaan ke atmosfer.

Melansir meteo.bmkg.go.id, Sabtu (27/7/2024), wilayah berikut patut diwaspadai akibat perubahan cuaca buruk:

Hujan ringan mungkin terjadi di wilayah berikut: Aceh Sumatera Utara Sumatera Barat Riau Jambi Kepulauan Riau Kepulauan Bangka Belitung Sumatera Selatan Bengkulu Lampung Banten Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Bali Kalimantan Tengah Kalimantan Selatan Kalimantan Timur Sulawesi Utara Gorontalo Papua Barat

Curah hujan dengan intensitas sedang terjadi di wilayah: Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Kalimantan Utara Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Maluku Utara

Hujan lebat diperkirakan akan terjadi di wilayah berikut: Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Maluku Papua

Daerah berikut mungkin mengalami curah hujan yang sangat deras:

Tidak

Wilayah yang berpotensi mengalami hujan deras:

Nihil (Tribunnews.com/Garudea Prabawati)

Lihat berita cuaca lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *