7 Poin Penting Pernyataan Plt Ketum Golkar AGK: Soal Jokowi, Bahlil, Ubah AD/ART hingga Pragib

TRIBUNNEVS.COM, JAKARTA – Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) dilantik sebagai Penjabat Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar pada Rapat Paripurna DPP Partai Golkar, Selasa (13/08/2024) malam.

Agus menjadi pengisi suara Ketum setelah Erlanga Hartarto mengundurkan diri akhir pekan lalu.

“Dalam rapat paripurna tersebut, melalui musyawarah dan mufakat, saya diberi amanah memimpin Partai Golkar sebagai Pj Ketua Umum Partai Golkar,” kata Agus.

Jabatan Agus hanya bersifat sementara hingga terpilihnya ketua umum terakhir pada Musyawarah Nasional Partai Golkar (Munas) pada 20 Agustus 2024 pekan depan di Jakarta.

Berbicara kepada wartawan tadi malam, Agus menjelaskan beberapa hal penting antara lain: 1. Munas Golkar pekan depan.

Agus alias AGK memastikan Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas dan Musyawarah Nasional Partai Golkar akan digelar pekan depan, 20 Agustus 2024 di Jakarta.

“Tadi dalam rapat paripurna telah diputuskan bahwa Rapimnas Nasional Insya Allah dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2024. Tanggal 20 Agustus nanti kita mau buka Rapimnas Nasional pada pagi harinya. Sorena rencananya akan membuka Musyawarah Nasional Partai Golkar ke-11 dan “Disepakati juga dan diputuskan (Rapimnas) akan dilaksanakan di Jakarta,” ujarnya.

Tugas utama saya sebagai Plt Ketua Umum adalah memimpin Golkar menuju Rapimnas ke-11 dan Musyawarah Nasional Partai Golkar, lanjut Agus. 2. Peluang Jokowi menjadi Dewan Pengawas

Agus pun menanggapi peluang Presiden Joko Widodo (Yokowi) menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Golkar.

“Semua keputusan terkait format organisasi diambil dalam Musyawarah Nasional,” kata Agus di kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (13/08/2024).

Menteri Perindustrian RI mengatakan, nantinya Munas juga akan menentukan siapa yang akan menjadi presiden terakhir Golkar.

Nanti akan diputuskan siapa yang terpilih menjadi ketua umum,” ujarnya. 3. Memiliki jam terbang yang bagus

Meski Partai Golkar menjadi sorotan sejak Erlanga mundur, Agus meminta anggota Golkar memperkenalkan diri ke publik sebagai partai politik (parpol).

Kita lihat, kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa Partai Golkar adalah partai yang matang, partai yang berpengalaman, banyak pengalaman terbang, itu tinggi sekali,” ujarnya.

Dengan begitu, dalam menghadapi dinamika apapun, Partai Golkar bisa menjaga soliditasnya.

Oleh karena itu, dalam menghadapi dinamika apapun, menghadapi tantangan apapun, Partai Golkar dapat dan akan terus menjaga soliditas antar kader, di lingkungan Partai Golkar, ”ujarnya. 4. Semoga Prabowo-Gibran (Pragib) sukses

Agus dalam kesempatan itu mengatakan, Golkar masih memiliki tekad yang tidak berubah.

Komitmen tersebut termasuk menyukseskan pemerintahan Prabovo-Gibran berikutnya.

Sukses pemilu serentak, sukses pelantikan anggota DPR/MPR, anggota DPRD, dan kabupaten/kota dan provinsi, sukses pelantikan Pak Prabov Subianto dan Pak Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih (terpilih). Tidak Prinsip itu akan terus kita pertahankan” Dan Partai Golkar tetap berkomitmen untuk memerintah Pak Prabova dan Pak Jibrana sukses sesuai kemajuan Indonesia. 5. Jangan menyebut nama Ketua Golkar

Agus Gumiwang Kartasasmita pun memastikan tak akan mencalonkan diri sebagai Presiden Partai Golkar pada Munas 20 Agustus mendatang.

Namun Agus tak menjelaskan alasan dirinya tak bersedia maju sebagai kontestan Munas partai berlambang pohon beringin itu.

“Saya tidak pernah mencalonkan diri. Saya tidak mencalonkan diri (menjadi calon presiden Partai Golkar di Munas),” kata Agus usai rapat paripurna di kantor DPP Partai Golkar di Jakarta, Selasa (13/08/2024).

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat akan diadakan event nasional yang membahas program strategis negara. 6. Tentang perubahan AD/ART

Agus Gumivang Kartasasmita menjawab kemungkinan adanya perubahan AD/ART pada Munas Golkar yang digelar 20 Agustus 2024.

Saat ditanya kemungkinan tersebut, Agus awalnya kaget dengan pertanyaan wartawan.

“Apakah Anda mempunyai pertanyaan mengenai perubahan AD/ART?” kata Agus di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Selasa (13/08/2024) malam.

Awak media kemudian menjelaskan tujuan menanyakan perubahan AD/ART, yakni untuk membuka jalan bagi tokoh-tokoh di luar Golkar untuk menjadi Ketua Umum Golkar.

Agus menjelaskan, Golkar akan menggelar Musyawarah Nasional untuk menyetujui jadwal Musyawarah Nasional. 7. Tentang Bahlil menjadi Presiden Golkar

AGK menanggapi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang menyebut 34 dari 38 DPD I Golkar sudah disahkan menjadi Ketua Umum Golkar.

Insya Allah, kata Agus saat ditemui di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Selasa (13/08/2024) sore.

“Jawaban saya Insya Allah,” ucapnya lagi.

Disinggung alasan Bahlil menjadi satu-satunya calon presiden Golkar, Agus enggan menjawab karena belum mengetahui siapa lagi yang akan dicalonkan.

“Kita lihat saja nanti.” Tidak ada yang lari, kan? Kok uniknya calon ini,” kata Agus.

Sumber: Tribunnevs.com/Kompas.TV/Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *