Lebanon Tuding Israel Jadi Dalang Ledakan Pager, Janji Bakal Lakukan Serangan Balik

 TRIBUNNEWS.COM – Militan Hizbullah sayap kanan Lebanon menuduh Israel mendalangi serangkaian pemboman di Lebanon dan Suriah.

Hizbullah melontarkan tuduhan tersebut setelah ribuan pengawas Lebanon diserang secara online dan tiba-tiba meletus.

Saat ini, masih belum jelas bagaimana peralatan komunikasi yang digunakan di Lebanon direkayasa untuk meledak.

Pasukan keamanan dalam negeri Lebanon mengatakan perangkat komunikasi nirkabel telah diledakkan di seluruh Lebanon, terutama di pinggiran selatan Beirut, yang merupakan basis Hizbullah. 

Tiga sumber keamanan mengatakan ledakan papan buletin tersebut merupakan contoh terbaru yang dipimpin Hizbullah dalam beberapa bulan terakhir.

Serangan siber telah menewaskan sedikitnya sembilan orang, menurut Menteri Kesehatan Lebanon Firasse Abiad.

Sementara itu, 2.750 orang terluka, termasuk lebih dari 200 orang dalam kondisi kritis.

Sebuah video yang diposting di media sosial X menunjukkan beberapa orang terluka akibat serangan dunia maya di halaman tersebut.

Rekaman CCTV menunjukkan seorang pria memetik buah di supermarket ketika sebuah ledakan merobek tasnya.

Beberapa korban luka mengalami darah di wajah dan lengan, serta luka di tubuh. Lusinan orang yang terluka dibawa ke rumah sakit di Beirut dan wilayah selatan negara itu.

Ketegangan juga terlihat di kota Tirus dan Sidon, puluhan ambulans bergegas mengangkut pasien dari kedua arah.

Di antara korban luka di Beirut, selain warga sipil, adalah Duta Besar Iran untuk Lebanon Mojtaba Amani, bersama dua staf kedutaan. Israel menjadi dalang

Tragedi ini terjadi di tengah meningkatnya permusuhan antara Hizbullah dan Israel, yang telah meningkatkan ketegangan regional.

Hizbullah, kelompok militan yang didukung Iran, menyalahkan Israel atas pemboman mematikan tersebut.

“Kami menganggap musuh-musuh Israel bertanggung jawab penuh atas serangan keji ini, yang telah menyebabkan pembantaian, pembunuhan warga sipil, dan segala bentuk cedera,” kata kelompok militan Lebanon Lainnya.

Selain itu, Hizbullah berjanji akan merespons serangan Israel.

Hizbullah menekankan dalam siaran resminya bahwa “musuh, penjahat dan pengkhianat pasti akan dihukum atas serangan berdosa ini dengan cara yang tidak terduga dan tidak terduga.”

Serangan itu juga dikutuk oleh Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati, yang menyebut tindakan Israel sebagai “pelanggaran berat.”

Mikati menjelaskan bahwa “serangan itu mewakili agresi Israel, sebuah kejahatan yang merupakan pelanggaran serius terhadap kedaulatan Lebanon dan merupakan kejahatan dengan standar apa pun,” menurut lembaga pemerintah setempat NNA.

Sementara itu, Menteri Penerangan Ziad Makary mengatakan pada konferensi pers di Beirut bahwa pemerintah Lebanon telah menghubungi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan negara-negara terkait untuk meminta pertanggungjawaban Israel atas kejahatan yang sedang berlangsung ini. Mengapa pager digunakan dalam serangan?

Menjelang serangan besar di Lebanon, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah telah memperingatkan anggota kelompoknya untuk berhati-hati dan tidak membawa ponsel.

Nasrallah mengklaim bahwa ponsel dapat digunakan oleh Israel untuk melacak pergerakan kelompok tersebut. Akibatnya, organisasi-organisasi ini mulai beralih ke pager untuk komunikasi.

Pejabat Hizbullah mengatakan kepada Associated Press bahwa perangkat tersebut adalah perangkat baru yang belum pernah digunakan kelompok tersebut sebelumnya.

Beberapa analis yakin gangguan tersebut dapat menyebabkan baterai pager menjadi terlalu panas dan menyebabkan perangkat meledak. Peristiwa seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Mereka mengatakan semacam gangguan terjadi dalam rantai pasokan untuk mengganggu monitor selama produksi atau distribusi.

“Baterainya mungkin setengah meledak dan setengah nyata,” kata Carlos Perez, direktur intelijen keamanan di TrustedSec.

Sean Moorhouse, mantan perwira Angkatan Darat Inggris dan ahli penjinak bahan peledak, menilai ledakan pada alat komunikasi Pager disebabkan oleh alat peledak yang berukuran kecil namun kuat.

Penetrasi ke dalam rantai pasokan semakin mendapat perhatian dalam dunia keamanan siber, karena banyak insiden yang diketahui disebabkan oleh peretas yang mengakses produk saat produk tersebut sedang dikembangkan.

Namun serangan ini biasanya terbatas pada aplikasi.

Intervensi dalam rantai pasokan perangkat keras kurang umum karena akses harus langsung ke perangkat – bukan dari jarak jauh.  (Tribunnews.com/ Namira Yunia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *