Rapimnas II Pemuda Katolik Dihadiri Gibran, Bahas Kedatangan Paus Fransiskus-Strategi Indonesia Emas

Wartawan Tribunnews.com Franciscus Adhiuda melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden terpilih 2024 Jibran Rakabuming menyambut langsung peserta Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) II Pemuda Katolik 2024 yang digelar di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya.

Dalam kesempatan itu Gibran sempat video call dengan Ketua Umum Pemuda Katolik Stephanus Gusma.

Gibran langsung menyambut peserta rapimnas yang datang dari seluruh provinsi mulai dari Sabang hingga Merouk.

“Saya ucapkan selamat kepada para peserta rapimna kedua bagi pemuda Katolik, semoga sukses semuanya, semoga acaranya berjalan lancar,” kata Gibran, Jumat (5/7/2024).

Rapimnas II dihadiri langsung dan dibuka oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahdalia.

Menteri Bahlil mengomentari kejadian ini dalam sambutannya.

Wah, ini luar biasa, banyak ketua OKP yang tidak memberikan akses langsung kepada wakil presiden, begitulah cara kerja lobi, kata Bahlil hingga mengundang gelak tawa peserta Rapimnas.

Lebih lanjut, Bahlil mengajak para pekerja dan aktivis muda Katolik untuk cerdas menjadi investor muda di pasar modal.

Menurutnya, partisipasi generasi muda dalam sistem keuangan harus menjadi perhatian serius.

Generasi muda yang berkualitas akan berperan penting dalam pembangunan perekonomian Indonesia, kata Bahlil.

Merujuk pada tema Rapimnas II ‘Partisipasi dan Kontribusi Nyata Pekerja Muda Katolik Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045’, Bahlil menekankan perlunya pemuda membangun struktur ekonomi yang kuat melalui kewirausahaan dan profesionalisme.

Organisasi muda tidak boleh dikelola dengan cara lama.

“Membangun sumber daya manusia yang kuat menuntut generasi muda untuk mandiri dan hal ini juga dapat diwujudkan melalui ketahanan ekonomi yang kuat,” pungkas Bahlil.

Sementara itu, Stephanus Gusma, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, menyambut baik pujian Gibran.

Gusma mengatakan, “Kami sangat senang Mas Gibran mengikuti Rapimnas Nasional dan menambah semangat kami.”

Gusma menjelaskan, Munas II membahas tentang orkestrasi kerja Organisasi Pemuda Katolik selama dua setengah tahun kepemimpinannya.

Menurut Gusma, meski diperlukan upaya lebih untuk mewujudkan impian organisasi, namun model tata kelola perusahaan dengan visi organisasi telah berjalan dengan baik.

“Kader pemuda Katolik telah bekerja di banyak unit profesi, hal ini menunjukkan komitmen pemuda Katolik untuk mengembangkan tata kelola organisasi yang baru,” kata Gusma.

Orkestrasinya antara lain kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia pada September 2024, Strategi Partisipasi Kader Pemuda Katolik Menuju Indonesia Emas 2045, dan persiapan Kongres Pemuda Katolik XIX.

Turut hadir dalam Repimnas II tersebut adalah Muhammad Mussad, Pj Gubernur Papua Barat Daya; Wakil I Kementerian Keuangan, Prof. Dr. H.M.Asrorun Niamh Sholay; Direktur Jenderal Bimbingan Katolik Dr. Superman, Sekretaris Eksekutif KWI Kerawam, Pastor Hans Jehrut dan Perwakilan Uskup Manokwari-Sorong, Pastor Emmanuel Tenau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *