Kunci Jawaban Modul 1 Topik 1 PPG 2024: Menerapkan Prinsip Understanding by Design pada Pembelajaran

TRIBUNNEWS.COM – Inilah kunci jawaban Modul 1 Topik 1 PPG 2024 tentang Penerapan Pendekatan Pemahaman Prinsip Desain dalam Pembelajaran.

Modul 1 Topik 1 PPG 2024, guru diminta menjawab 10 soal latihan pemahaman pada Prinsip Pemahaman Melalui Perancangan.

Soal Modul 1 Topik 1 PPG 2024 muncul di platform Merdeka Mengajar (PMM) saat para guru mengikuti pelatihan PPG untuk beberapa guru pasca 2024.

Guru dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini sebagai panduan untuk menjawab 10 soal pada Modul 1 Topik 1 PPG 2024.

Salah satu pertanyaan yang muncul pada Modul 1 Topik 1 PPG 2024 antara lain: Tahapan yang harus dilakukan untuk mengembangkan kurikulum berbasis prinsip (UbD) adalah….

Berikut jawaban lengkap Modul 1 Topik 1 PPG 2024 Pertanyaan Kunci: Menerapkan Prinsip Understanding by Design pada Pembelajaran: Kunci Jawaban Modul 1 Topik 1 PPG 2024: Memahami Pembelajaran Design

1. Tahapan pengembangan desain pembelajaran berbasis prinsip (UbD) adalah… Menyusun penilaian, kegiatan, dan tujuan pembelajaran Mengembangkan penilaian, tugas, dan kegiatan pembelajaran Merencanakan tujuan pembelajaran, kegiatan, dan penilaian Mengembangkan tujuan, penilaian, dan kegiatan pembelajaran Kunci Jawaban: Menetapkan tujuan, penilaian, dan kegiatan pembelajaran 

2. “Apa yang harus dapat dilakukan, diketahui, dan dipahami siswa pada akhir pengajaran?” Pertanyaan inilah yang harus dirumuskan oleh guru jika hendak melaksanakan langkah ini… Merencanakan strategi pembelajaran Merumuskan tujuan pembelajaran Merancang penilaian Merencanakan kegiatan pembelajaran Merencanakan model pembelajaran Kunci Jawaban : Merumuskan tujuan pembelajaran 

3. “Bagaimana saya mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan?” Pertanyaan ini hendaknya dirumuskan oleh guru pada saat melakukan tahap… Merencanakan model pembelajaran Merumuskan tujuan pembelajaran Mengembangkan penilaian Mengembangkan kegiatan pembelajaran Merencanakan pendekatan pengajaran Kunci Jawaban: Mengembangkan penilaian 

4. “Bagaimana cara merancang kegiatan pembelajaran agar peserta didik yang berbeda-beda dapat mencapai tujuan pembelajaran?” merupakan pertanyaan penting yang perlu diperhatikan pada langkah… Merencanakan Model Pembelajaran Merumuskan Tujuan Pembelajaran Penilaian Merancang Kegiatan Pembelajaran Merencanakan Pendekatan Pembelajaran Kunci Jawaban. : Perkembangan kegiatan pembelajaran 

5. Setelah memahami hakikat CP, guru diharapkan mulai mendapatkan gambaran tentang apa yang harus dipelajari siswa dalam tahap merumuskannya menjadi beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang operasional dan spesifik. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran (TP), guru dapat memilih alternatif teknik berikut KECUALI… Merumuskan TP berdasarkan langsung pada CP.  Merumuskan TP dalam CP dengan menganalisis “kompetensi” dan “cakupan materi”.  Bentuk TP antar elemen.  Rancang TP berdasarkan karakteristik siswa, tanpa mempertimbangkan kebutuhan siswa 

6. Hasil Belajar (CP) dapat dirumuskan dengan mengacu pada teori belajar konstruktivis dan pendekatan Understanding by Design (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins & Tighe (2005). Dalam kerangka teoritis ini, “pemahaman” adalah keterampilan yang dibangun melalui proses pembelajaran dan pengalaman yang memungkinkan siswa mampu menjelaskan, menafsirkan dan menerapkan informasi, menggunakan perspektif yang berbeda, dan berempati dengan fenomena. Berkaitan dengan hal tersebut, pernyataan yang benar dalam Kurikulum Merdeka adalah… hierarki pengetahuan tidak digunakan dalam perumusan CP dan taksonomi pengetahuan tidak menggunakan kata kerja operasional tertentu. Memberikan kebebasan kepada guru untuk mengikuti taksonomi pengetahuan sesuai teori pilihannya. Pemahaman diartikan sebagai proses kognitif yang kompleks, tidak sesederhana proses berpikir tingkat rendah. Diasumsikan bahwa “pemahaman” dapat dicapai tanpa keterlibatan proses pembelajaran dan pengalaman yang ekstensif serta kemampuan untuk menjelaskan, menafsirkan, dan menerapkan. Informasi dari berbagai sudut pandang.  Kunci Jawaban: Pemahaman diartikan sebagai proses kognitif yang kompleks, bukan proses berpikir tingkat rendah yang sederhana 

7. Pembelajaran dan penilaian merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan. Berkaitan dengan hal tersebut, guru dan siswa harus memahami kompetensi yang ingin dicapai agar seluruh proses pembelajaran bertujuan untuk mencapai kompetensi yang dimaksud. Hubungan antara pembelajaran dan penilaian diuraikan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, KECUALI… Guru hendaknya memastikan bahwa tujuan pembelajaran sesuai dengan tahapan dan kebutuhan siswa berdasarkan hasil penilaian awal.  Bila diperlukan, guru dapat mengukur hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran.  Selama proses pembelajaran, guru dapat melakukan penilaian formatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah dicapai siswa.  Guru hendaknya mengembangkan penilaian yang dilakukan pada awal pengajaran, selama pengajaran, dan pada akhir pengajaran.  Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil penilaian, karena dapat menghambat kreativitas siswa.  Kunci Jawaban : Apabila diperlukan guru dapat mengukur hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran. 

8. Dalam setiap mata pelajaran terdapat sejumlah Hasil Belajar (CP) sebagai keterampilan belajar yang harus dicapai siswa pada setiap tahapan. Perumusan CP memberikan gambaran keseluruhan tujuan dan waktu yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam tahap yang disebut fase. Penggunaan fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dicantumkan sebagai berikut KECUALI…  Memungkinkan guru dalam fase yang sama berkolaborasi untuk menciptakan pengajaran yang efektif bagi siswa.  Hal ini mendorong guru untuk fokus mencapai CP di akhir fase, tanpa memperhatikan perkembangan siswa dan kelangsungan proses pembelajaran antar kelas.  Mengajar guru sesuai kesiapan siswa.  Memastikan peserta didik telah mencapai kompetensi pembelajaran.  Kunci Jawaban: Mendorong guru untuk fokus pada pencapaian CP di akhir suatu fase tanpa berfokus pada perkembangan siswa dan kesinambungan pembelajaran antar kelas. 

9. Pernyataan tentang kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) berikut ini benar… Hasil KKTP dapat digunakan untuk mencerminkan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi siswa. KKTP merupakan seperangkat standar tujuan pembelajaran (TP. KKTP dapat disusun dengan pendekatan rubrik. KKTP dapat diurutkan berdasarkan uraian kriteria dan rentang nilai. Semua benar. Kunci Jawaban : Semua benar. 

10. Pernyataan tentang penilaian awal yang salah berikut ini adalah… Penilaian awal berfungsi untuk memperoleh penilaian hasil belajar terhadap kriteria prestasi belajar yang telah ditetapkan. intervensi yang tepat.  Hasil penilaian awal berfungsi untuk mengetahui tingkat kompetensi, kelebihan dan kelemahan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil penilaian awal digunakan untuk mengetahui minat, kemampuan dan kesiapan belajar siswa. Kunci Jawaban : Penilaian awal berfungsi untuk membandingkan skor prestasi belajar dengan kriteria prestasi belajar yang telah ditetapkan. cerita untuk diliput

Pertanyaan: Bapak/Ibu Guru, sebelum melanjutkan mempelajari Topik II, pikirkan apa yang telah Anda pelajari pada Topik I seperti ini?

Contoh jawaban: Prinsip UbD adalah pengembangan tujuan pembelajaran, desain penilaian, dan desain kegiatan pembelajaran.

Yang pertama berkaitan dengan tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran dapat dirumuskan berdasarkan CP dan disesuaikan dengan keadaan siswa. Kemudian, setelah menyusun tujuan pembelajaran, guru hendaknya mengembangkan penilaian untuk dijadikan patokan tujuan pembelajaran. Untuk memenuhi tujuan dan penilaian, guru harus merencanakan kegiatan pembelajaran yang tepat dan berpusat pada siswa.

Tantangan kami adalah merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan memenuhi beragam kebutuhan siswa.

Contoh jawaban: Setelah mempelajari materi pada Modul 1, Menerapkan Prinsip Pemahaman pada Pembelajaran Sesuai Desain, saya akan mencoba memberikan pengalaman belajar yang tidak hanya informatif, namun juga bermakna bagi siswa. Namun seringkali saya merasa meskipun siswa telah melalui berbagai kegiatan pembelajaran, namun pemahaman mereka terhadap materi seringkali masih dangkal. Hal ini membuat saya mempertanyakan pendekatan yang saya gunakan untuk mengembangkan pelatihan.

Saya merasa lebih percaya diri dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan memahami berbagai jenis penilaian. Dengan menggunakan pendekatan desain pemahaman, saya menyadari pentingnya desain pembelajaran yang terstruktur dan bermakna. Saya bertekad untuk terus belajar dan menerapkan konsep-konsep ini dalam pengajaran saya sehari-hari.

Refleksi ini menyadarkan saya akan pentingnya mengembangkan pemahaman mendalam tentang pembelajaran sebagai tujuan utama. Dengan pendekatan UbD, saya merasa lebih mampu membimbing siswa pada pemahaman yang lebih kaya dan bermakna. Langkah-langkah yang saya lakukan adalah menetapkan tujuan pembelajaran, mengembangkan penilaian pembelajaran, menentukan metode penilaian, dan memilih format penilaian.

Penerapan prinsip-prinsip UbD telah mengubah peran saya sebagai guru. Saya bukan lagi sekedar penyaji materi, tapi fasilitator pemahaman lebih dalam. Dan yang terpenting, saya merasa siswa saya lebih terlibat dan lebih mampu menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam konteks yang lebih luas.

Contoh jawaban: 1 Setelah mempelajari topik tersebut, saya memahami bahwa prinsip Understanding by Design (UbD) sangat berguna untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif. Pendekatan ini menekankan pentingnya memulai perencanaan dengan tujuan akhir yang jelas agar setiap jenjang pembelajaran mempunyai arah yang terfokus sehingga memungkinkan siswa mencapai pemahaman yang mendalam terhadap konsep-konsep yang mendasarinya.

UbD membantu saya untuk lebih sistematis dalam mengatur kegiatan pembelajaran dan menyesuaikannya dengan tujuan pembelajaran. Hal ini tidak hanya membantu merancang penilaian yang tepat, namun juga mengidentifikasi prioritas pembelajaran, seperti konsep-konsep kunci yang perlu dipahami siswa.

Namun tantangan yang saya hadapi adalah mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa. Mengembangkan pengajaran yang dapat inklusif bagi semua siswa, terutama mereka yang memiliki tingkat pemahaman dan kesiapan yang berbeda-beda, memerlukan fleksibilitas yang besar. Penyesuaian metode, media, dan pendekatan pengajaran diperlukan agar setiap siswa dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan kemampuannya.

*) Disclaimer: Cerita Reflektif Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Modul 1 Topik 1 PPG 2024: Menerapkan Prinsip Pemahaman Desain dalam Pembelajaran Artikel ini hanya sebagai panduan bagi guru peserta PPG Daljab 2024 untuk mengerjakan PMM.

(Tribunnews.com/Sri Giuliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *