Terapkan Bisnis Hijau Perusahaan Baja Ini Diganjar Penghargaan IDX

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP) baru saja menerima penghargaan pada ajang ESG Award 2024 yang diselenggarakan oleh IDX Channel di aula utama gedung Bursa Efek Indonesia.

Sharan Omega, kepala keberlanjutan GRP, mengatakan perusahaan menerima penghargaan tertinggi di bidang bahan baku atas sejumlah inisiatif ramah lingkungan yang diterapkan.

ESG Award merupakan ajang apresiasi bagi perusahaan dan eksekutif senior yang berdedikasi dalam menerapkan bisnis berkelanjutan di Indonesia.

Penghargaan ini didasarkan pada empat aspek utama penilaian, yakni lingkungan hidup, sosial, tata kelola, dan inovasi keuangan berkelanjutan.

Mengusung tema “Optimalisasi ESG untuk Mendorong Nilai”, saluran BEI memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan inisiatif ESG yang berdampak pada bisnis, masyarakat, dan lingkungan.

Sharan Omega menyampaikan apresiasinya atas penghargaan yang diterima perusahaan.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan saluran BEI dan juri yang memilih GRP sebagai salah satu pemenang acara ini. “Sejak tahun 2020, perusahaan telah mengalami transformasi bertahap, dengan strategi bisnis dan ESG kami mulai dari peers hingga pencapaian berkelanjutan . Target pertumbuhannya,” jelas Sharan dalam keterangan yang diterima Tribun, Rabu (31/7/2024).

Beberapa inisiatif yang dilaksanakan oleh GRP antara lain pemasangan dan pengoperasian panel surya atap Tahap 1 dan 2 dengan total kapasitas puncak 9,3 MW sehingga menjadikannya salah satu panel surya atap terbesar di Jawa Barat. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan baja rendah emisi di pasar ekspor dan domestik, beberapa produk GRP telah mendapatkan sertifikasi Environmental Product Declaration (EPD) dan Green Label Indonesia.

EPD merupakan bagian dari transparansi data yang mengevaluasi emisi karbon mulai dari sumber bahan baku hingga daur ulang produk, sesuai dengan metode Life Cycle Analysis (LCA) dan standar ISO.

Sementara itu, Label Hijau Indonesia yang diberikan oleh Dewan Produk Hijau Indonesia memberikan penghargaan kepada GRP dengan peringkat emas dan skor 95 persen, yang mencerminkan upaya untuk mengurangi dampak produk terhadap manusia, hewan, dan lingkungan, sesuai dengan SDG nomor 12 mengenai tanggung jawab. Respon produksi dan konsumsi.

GRP juga menjalani penilaian ESG independen tahunan yang ketat untuk menjaga keberlanjutan pinjaman yang diterima dari BNI. Kredit bilateral lima tahun yang signifikan sebesar $32 juta ini didedikasikan untuk mendukung inisiatif pembangunan berkelanjutan GRP.

“Penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi kami, namun juga menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan berkomitmen dalam menerapkan metode bisnis berkelanjutan. Kami berharap dapat terus memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat, serta dapat berkolaborasi dengan pihak lain. pemain di industri untuk mencapai tujuan global dalam kampanye karbon ini,” pungkas Sharan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *