Pelayanan Alat Kontrasepsi KB di 34 Provinsi Tembus 1,8 Juta Akseptor

TRIBUNNEWS.COM, TEMANGGUNG – KTT Hari Kontrasepsi Sedunia digelar di Temanggung, Jawa Tengah. Direktur Peningkatan Kualitas Kegiatan Perencanaan BKKBN Martin Suanta mengatakan, keberhasilan pelaksanaan Keluarga Berencana (KB) di 34 provinsi sebelum sasaran mencapai 1.880.577 orang.

Keberhasilan pelayanan KB di 34 provinsi telah melampaui target yaitu 1.880.577 manfaat dari 1,4 juta penerima manfaat, kata Martin pada acara puncak Hari KB Sedunia di Temanggung, Jawa Tengah. (26/9/2024).

Martin mengatakan Hari Kontrasepsi Sedunia akan diselenggarakan mulai 10 September 2024 dengan mengusung tema ‘Integrasi Keluarga Berencana dan Air Bersih untuk Indonesia Miskin’.

Menurut Martin, alasan saya memilih tema ini adalah para pemangku kepentingan dan mitra harus bekerja sama untuk menciptakan kesamaan pemahaman dan pemahaman tentang pentingnya keluarga berencana dan pemilihan vaksin yang cocok.

“Pentingnya perencanaan dan pemilihan alat kontrasepsi yang tepat untuk memaksimalkan khasiat dan cakupannya.

Namun, lanjut Martin, angka kebutuhan KB yang tidak terpenuhi di Indonesia sangat tinggi. Jumlahnya mencapai 11,5 persen pada tahun 2023 atau kurang dari target nasional sebesar 7,7 persen.

Selain itu, ia mengatakan penggunaan alat kontrasepsi modern (modern Contraception Rate/mCPR) meskipun mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, namun pada tahun 2023 angka keberhasilannya akan meningkat menjadi 60,4 persen, sehingga kini kurang dari 62,93. persentase.

Untuk itu, ia berharap kegiatan yang dilakukan pada Hari Kontrasepsi Sedunia ini dapat memberikan peluang untuk lebih mengembangkan praktik KB dan menciptakan masyarakat yang mengetahui metode kontrasepsi.

Kini, dalam rangka Hari Pengendalian Kelahiran Internasional, BKKBN dan TNI Angkatan Darat bekerja sama untuk memulai penggalian sumur di desa Gandon di distrik Kaloran di Temanggung, Jawa Tengah. Total ada 29 saluran air berbeda di Temanggung. Melalui program TNI AD Manunggal Air, telah diluncurkan 2.815 jalur udara di Indonesia.

“Kami berharap penyediaan air bersih untuk produksi pangan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Saat ini sumber air terdapat di 2.815 lokasi di seluruh Indonesia dengan menggunakan tiga cara yaitu pengeboran sumur, pipa minyak dan penyediaan air,” ungkapnya. kata orang. Wilayah KASAD. Asisten Wali Kota Jenderal Joko Hadi Susilo.

Presiden BKKBN Sundoyo juga mengatakan, Hari KB Internasional merupakan cara terbaik untuk mendorong keluarga sehat. Ia mengatakan, keluarga ideal ini harus diperkuat dengan berbagai cara, termasuk penyediaan air bersih.

“Alhamdulillah salah satu proyek Pak Kasad adalah Air Bersih Manunggal, dan hal inilah yang coba kita perkuat kerjasama antara BKKBN dengan TNI Angkatan Darat. Dan hari ini merayakan Hari KB Internasional yang diawali dengan air minum bersih. digunakan untuk pertanian, sehingga kini para petani di wilayah tersebut hanya mendapatkan air bersih setahun sekali.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *