Marc Marquez Kudu Cium Tangan, Maverick Vinales Ukir Sejarah Juara MotoGP Amerika 2024 di COTA

TRIBUNNEWS.COM – Fakta menarik saat Maverick Vinales menjuarai Moto GP Amerika 2024 di Circuit of the Americas (COTA) pada Senin pagi (15/4/2024) WIB.

Maverick Vinales tetap berada di peringkat pertama dan berhak mengantongi 25 poin usai mengalahkan Pedro Acosta dan Enea Bastianini pada balapan utama Moto GP Amerika 2024.

Prestasi yang diraih pebalap Aprilia ini telah mencetak banyak rekor. Dan yang paling kentara adalah pebalap bernama Top Gun ini berhasil menjadi pebalap pertama di era 4 tak yang meraih kemenangan di 3 motor berbeda.

Mengawali edisi 2016, Maverick Vinales untuk pertama kalinya meraih podium utama MotoGP dengan mengendarai Suzuki Ecstar GSX-RR.

Kemudian pada musim 2017 hingga 2022, Maverick Vinales mencetak beberapa kemenangan sekaligus memperkuat kekuatan dahsyat Yamaha pemilik motor YZR-M1.

Dan kini di MotoGP 2024, Maverick Vinales resmi menjadi pebalap pertama dengan 3 motor pabrikan berbeda, setelah membawa RS-GP meraih podium utama di COTA.

Sejak dimulainya MotoGP 4-tak pada tahun 2002, belum ada pebalap yang berhasil mencapai prestasi tersebut, yang akhirnya dipatahkan oleh Vinales.

Lantas apa cerita Marc Márquez hingga mencium tangan Vinales?

Bukan rahasia lagi kalau Baby Alien punya sirkuit yang punya 20 tikungan itu

Tujuh kemenangan COTA dan tujuh pole position di MotoGP Amerika menjadi bukti sahih dominasi yang ditunjukkan Márquez sejak 2013.

Tak heran jika pembalap asal Cervera, Spanyol ini mendapat julukan Cota dan Sheriff karena mendominasi balapan di Amerika, baik di Cota, Indianapolis, atau Laguna Seca.

Di sisi lain, Marc Márquez menjadi pembalap pertama dan peraih pole position + podium utama terbanyak pada balapan Grand Prix Amerika Serikat di COTA.

Tercatat, pemilik nº 93 tercatat sebanyak enam kali dari P1

Menariknya, rekor tersebut kini disamai oleh Maverick Vinales di Moto GP Amerika 2024 yang start dari P1 dan berhasil mengubahnya menjadi kemenangan ketiga di seri tersebut.

Namun, sejarah menyebut Vinales sudah jebol sebelum Márquez.

Pebalap Aprilia itu menjadi pebalap pertama yang meraih pole position, memenangi sprint race, dan podium utama balapan utama MotoGP Amerika di COTA.

Sebelumnya, belum ada pebalap yang mencapai prestasi tersebut. Marquez juga dikenal sebagai penguasa Sirkuit Kota

Dengan kemenangan tersebut, mantan pebalap Yamaha itu naik ke posisi ketiga klasemen MotoGP 2024.

Top Gun mencatatkan 56 poin, atau tertinggal 24 poin di papan peringkat George Martin. Pemenang pole position COTA + daftar juara MotoGP Amerika

2013 – Marc Márquez + Marc Márquez

2014 – Marc Márquez + Marc Márquez

2015 – Marc Márquez + Marc Márquez

2016 – Marc Márquez + Marc Márquez

2017 – Marc Márquez + Marc Márquez

2018 – Marc Márquez + Marc Márquez

2019 – Marc Márquez + Alex Memerintah

2020 – Ditutup karena COVID-19

2021 – Francisco Bagnaia + Marc Márquez

2022 – George Martin + Enea Bastianini

2023 – Francisco Bagnaia + Alex Rins

2024 – Maverick Vinales + Maverick Vinales

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *