Paspampres Dalami Aksi Pria Tiba-tiba Menerobos, Dekati dan Tarik Jokowi dari Belakang di Konawe

Laporan jurnalis Tribun News Taufiq Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Istana melalui Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Yusof Permana menginformasikan adanya kejadian seorang pria yang tiba-tiba datang menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Konawe yang melanggar keamanan. Rumah Sakit Daerah Sulawesi Tenggara (Sulta), Selasa, (14/5/2024).

Menurut Yusuf, saat Presiden sedang memberikan keterangan pers resmi kepada media di depan lobi RSUD Konawe, Kabupaten Konawe, tiba-tiba muncul salah satu warga dari belakang.

Paspampress langsung menghadang pria tersebut agar tidak mengganggu Presiden Jokowi yang sedang memberikan keterangan kepada pers.

“Paspress tentu segera menskors oknum tersebut agar tidak mengganggu Presiden yang sedang memberikan keterangan pers,” ujarnya kepada TribuneNews.

Yusuf mengatakan, tim keamanan menghubungi pria tersebut untuk menanyakan maksud aksinya.

Usut punya usut, pria tersebut diketahui ingin menyampaikan permasalahan ketenagakerjaannya sebagai PNS di Kabupaten Konawe kepada Presiden Jokowi.

Yusuf mengatakan, dirinya segera menghubungi Pemkab Konawe dan Pemprov Sultra untuk mengetahui permasalahan sebenarnya.

Secara umum, Yusof mengatakan kunjungan kerja Presiden ke Sultra berjalan baik dan lancar. Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang antusias menyambut kedatangan Presiden.

Ia menyimpulkan, “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan yang sangat sopan dalam memberikan pengamanan atas kunjungan kerja Presiden RI ke Provinsi Sulawesi Tenggara.”

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi RSUD Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Konawe di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara pada Selasa (14/5/2024).

Saat Presiden Jokowi berkunjung ke tempat ini, terjadi peristiwa luar biasa. Seseorang mendekati Presiden dari belakang.

Kejadian tersebut bermula saat Presiden Jokowi hendak memberikan keterangan pers usai meninjau infrastruktur dan layanan kesehatan yang disediakan rumah sakit tersebut.

Saat Presiden hendak memberikan keterangan persnya kepada wartawan, salah satu pria berbatik coklat berlari ke arah Jokowi dari belakang sambil berteriak. Presiden Jokowi sedikit sakit hati dengan tindakan pria tersebut.  Beruntung pria tersebut langsung ditangkap Paspumpres. Penampilan Jokowi yang menarik dan maskulin

Belakangan terungkap sosok pria tersebut menerobos masuk dan menculik Presiden Jokowi di RSUD Konawe, Sulawesi Tenggara (Sulta).

Berdasarkan kartu tanda penduduk (KTP), pria tersebut diketahui bernama Mahiuddin SSOS.

Di KTP tertulis pekerjaannya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ia lahir pada tanggal 5 Juni 1974 di kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, kini berusia 49 tahun dan beberapa minggu lagi akan menginjak usia 50 tahun.

PNS tersebut beralamat di Desa Avuliti, Kecamatan Lambuya, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sulta).

Berdasarkan informasi yang dihimpun TribuneNewsSulta.com, pria tersebut juga disebut sebagai sekretaris desa atau sekretaris desa.

Suparjo, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konawe memanggilnya mantan pegawai negeri sekretaris desa.

“Sebelumnya beliau menjabat sebagai Sekretaris Desa dengan status PNS di Desa Avuliti,” ujarnya.

Mahiuddin dikabarkan diberhentikan menjadi PNS oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) karena dugaan pelanggaran.

Tahun 2022 akan diberhentikan karena dugaan ijazah palsu, kata Suparjo.

Ia pun memastikan Mahiuddin tak lagi berhak menerima gaji PNS dan tak terdaftar di BKN.

“Tidak ada retensi gaji karena yang bersangkutan sudah bukan PNS,” kata Superjo. Jokowi periksa RSUD

Dalam kunjungannya ke Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Konawe, Presiden Jokowi meninjau infrastruktur dan pelayanan kesehatan yang disediakan rumah sakit tersebut.

“Saya perhatikan kamarnya bagus, pemandangan tamannya juga bagus, sinar matahari juga bisa masuk ke dalam kamar,” kata Presiden.

Presiden juga mengapresiasi cara pembiayaan RSUD Konawe yang dibangun melalui pinjaman PT SMI (Saraña Multi Infrastructure). Pinjaman yang akan dilunasi paling cepat pada tahun ini, mencerminkan keberanian kepala daerah mencari alternatif pendanaan.

Katanya, “Keberanian seperti ini patut saya apresiasi karena itu menunjukkan keberanian kepala daerah dalam membangun daerahnya. Karena anggaran keuangannya tidak cukup, dia meminjam tapi disiplin anggarannya tercapai setiap tahun. Bisa jalan, bagus. “

Menurut Presiden, RSUD Konawe dalam waktu dekat akan menerima banyak peralatan medis canggih seperti mammogram, CT scan, dan laboratorium kucing. Kunjungan Presiden juga bertujuan untuk memastikan kesiapan fasilitas dan sumber daya manusia dalam menggunakan peralatan canggih tersebut. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi RSUD Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Konawe di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara pada Selasa (14/5/2024). (Tangkapan layar dari akun YouTube KompasTV)

“Saya mau lihat, Pak Menteri juga mau lihat penyiapan SDM, tenaga ahli, ruangan. Saya sampaikan, Dirut, Bupati RSUD itu Pak Gubernur akan lakukan persiapan. Tugas Pemerintah Pusat membenahi jasa di bidang kesehatan yang mengirimkan peralatan tersebut.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *