Cuaca Arab Saudi Panas, Menag Imbau Calon Jemaah Haji Jaga Kesehatan hingga Pesan Wapres Maruf Amin

Tribun News.com – Menteri Agama Indonesia (Menag) Yakut Cholil Koumas mengimbau para jemaah haji tahun 2024 agar siap secara fisik untuk perjalanan selanjutnya.

Sebab menurut Menag, cuaca di Arab Saudi saat ini sangat panas.

Yakut Cholil Koumas juga berpesan kepada jamaah haji untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, jemaah haji Indonesia akan mulai meninggalkan Arab Saudi pada 12 Mei 2024.

“Cuacanya sangat panas. Hari ini, 40 derajat. Ini belum mencapai puncaknya.”

“Beberapa hari lalu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa suhu di Arab Saudi bisa mencapai 48 hingga 50 derajat saat puncak haji,” kata Yakut Cholil di Makkah, Selasa (7/5/2024). , dikutip dari Kemenag.go.id.

Kementerian Agama dikabarkan baru-baru ini meninjau persiapan hotel, bus, dan dapur katering jemaah haji di Makkah.

Yakut Cholil mengunjungi Tanah Suci untuk mematangkan persiapan berbagai layanan yang ditawarkan kepada jemaah haji Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Menag Yakut mengimbau calon jemaah haji untuk beristirahat cukup sebelum meninggalkan Arab Saudi.

“Saya menghimbau agar jamaah haji harus bugar secara fisik. Haji adalah ibadah haji fisik. Persiapkan tubuh sebaik-baiknya.

“Makan makanan yang bergizi, vitamin. Ini akan membantu jamaah untuk terus bertahan,” kata sapaan akrabnya, Gus Main.

Di sisi lain, Menag menyampaikan Kemenag sedang menyiapkan aparat dan Kementerian Kesehatan (Kmenkes) akan memberikan pelayanan 24 jam.

Oleh karena itu, dia meminta calon jamaah haji tidak perlu khawatir.

“Jemaat tidak perlu segan-segan menyampaikan kepada petugas apa pun yang dapat membantu jemaah,” lanjutnya.

Pada kesempatan lain, Wakil Presiden (Wapress) Maruf Amin juga berpesan kepada Kementerian Agama untuk melindungi jamaah haji, khususnya jamaah lanjut usia dari panas ekstrem saat musim puncak haji.

“Karena musim haji ini diperkirakan panas sekali dan banyak di antara kita yang sudah lanjut usia. Saya kira Kementerian Agama harus mempersiapkan diri demi keselamatan mereka,” ujarnya di Hotel Grand Shahid Jay, Jakarta Pusat, Selasa (7/5). /2024).

Dikutip dari wapresri.go.id, Wapres meminta Kementerian Agama menyusun pedoman perlindungan diri lansia dari cuaca panas.

Wapres juga meminta Kementerian Agama memantau langsung pelaksanaannya di Tanah Suci.

Hal ini untuk memperkirakan potensi korbannya.

Selain itu, banyak negara, terutama di kawasan Asia, yang saat ini sedang dilanda gelombang panas yang juga menyebabkan kematian.

“Di banyak negara banyak [korban], di Thailand saja saya baca ada 30 orang meninggal karena panas, terutama di Arab Saudi,” ujarnya.

Wapres juga menginstruksikan Kementerian Agama untuk meminimalisir dampak cuaca panas terhadap keselamatan jamaah. Senam haji Indonesia bermula sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh menjelang menunaikan ibadah haji. Demikian anjuran dokter agar senam haji bisa dimaksimalkan dengan efek positif. (Tangkapan layar YouTube Kemenag RI)

Diketahui, Kementerian Agama akan mulai memberangkatkan jemaah haji Indonesia kloter pertama musim haji pada Minggu (12/05/2024) 1445 H/2024 M.

Sementara itu, Pejabat Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang berangkat hari ini, Rabu (8/5/2024) berjumlah 437 orang.

Mereka akan bertugas di Wilayah Kerja Bandara (Dakar), Madina Dakar, dan Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah.

Tim PPIH yang berangkat terdiri dari petugas Haji Kawasan Kerja Madinah (Dakar) sebanyak 240 orang, petugas Haji Bandara Dakar sebanyak 84 orang, petugas Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah sebanyak lima orang, dan tenaga kesehatan sebanyak 108 orang.

Faisal Ali Hasim, Irjen Kementerian Agama, juga meminta para pejabat bahu-membahu menjalankan tugasnya.

“Tidak ada kesuksesan tanpa persatuan. Kepuasan jemaah harus meningkat. Mari kita ikuti aturan, mari tertib. Semua adil, begitu pula pejabatnya. Ikuti aturan, semua siap!” pesannya

Faisal berharap ibadah haji tahun 2024 lebih baik dari sebelumnya.

(Tribunnews.com/Suci Bangun DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *