Hamas Setujui Proposal Gencatan Senjata di Gaza, Israel Tak Gubris dan Tetap Gempur Rafah

TRIBUNNEWS.COM – Kelompok bersenjata Hamas menerima proposal gencatan senjata dan memberi tahu regulator Mesir dan Qatar pada Selasa (7/5/2024).

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh berbicara dengan Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdul Rahman Al-Thani dan Menteri Intelijen Mesir Abbas Kamal tentang perjanjian gencatan senjata.

Saudaranya Mujahid Ismail Haniya, kepala Biro Politik Hamas, menelepon Perdana Menteri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdul Rahman Al Thani, dan Menteri Mesir, Abbas Kamal, untuk menginformasikan gerakan Hamas. perjanjian penghentian,” demikian laporan dari Al Jazeera.

Ada tiga fase yang diuraikan dalam arahan pemadaman kebakaran, yang masing-masing berlangsung selama enam minggu.

Pada tahap pertama, akan ada gencatan senjata antara Hamas dan Israel dan penarikan pasukan Israel dari Jalur Gaza bagian timur yang lebih padat penduduknya ke perbatasan antara Israel dan Otoritas Palestina.

“Pesawat dan drone Israel akan berhenti terbang di atas Gaza selama 10 jam setiap hari, dan 12 jam pada hari pembebasan tahanan,” bunyi keputusan tersebut.

Selanjutnya, Hamas akan membebaskan 33 tahanan secara bertahap (baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Narapidana yang dibebaskan adalah perempuan berusia di atas 50 tahun, narapidana sakit, dan narapidana di bawah usia 19 tahun.

Dalam usulan tersebut, untuk setiap tahanan sipil Israel yang dibebaskan, harus dilakukan penggantian terhadap 30 tahanan Palestina.

Perjanjian tersebut juga menyatakan bahwa untuk setiap tentara wanita yang dibebaskan oleh Hamas, Israel akan membebaskan 50 warga Palestina.

Selain itu, penarikan pasukan Israel di Gaza akan memungkinkan warga sipil Palestina untuk kembali dan membebaskan tahanan Hamas.

Perjanjian tersebut secara khusus menyatakan bahwa rekonstruksi di Gaza akan dimulai pada saat ini, aliran bantuan akan dimulai, dan UNRWA serta organisasi bantuan lainnya akan diizinkan untuk membantu warga sipil.

Dan fase kedua adalah penghentian permusuhan secara permanen, penarikan total Israel dari Gaza dan perubahan pendudukan.

Namun, kali ini tentang warga Israel lainnya dan tentara Israel yang dipenjara di Gaza.

“Israel akan dibebaskan dengan mengorbankan tahanan Palestina yang tidak diketahui identitasnya,” kata proposal tersebut.

Pada akhirnya, tahanan dari kedua belah pihak akan dibebaskan kembali.

Fase ini mencakup rekonstruksi Gaza dan berakhirnya perlindungan Israel terhadap wilayah kantong tersebut selama 3-5 tahun ke depan. Israel Tolak Usulan Gencatan Senjata, Serangan Rafah Terus Berlanjut Orang-orang mencari korban di rumah keluarga Baraka di Deir al-Balah, Gaza tengah, pasca serangan udara Israel pada 18 Februari 2024. Menurut beberapa sumber Israel, Hamas, organisasi teroris Palestina yang terkenal, sedang mencari kota Rafah sebagai target barunya. (AFP/str) (AFP/AFP)

Kabinet Perang Israel memutuskan untuk melanjutkan serangan di Rafah dan menolak gencatan senjata di Gaza.

Hal itu diumumkan Ofir Gendelman, juru bicara Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu.

Dia mengatakan bahwa ekspektasi Mesir dan Qatar akan berakhirnya krisis ini jauh lebih rendah dibandingkan ekspektasi Israel.

Namun Gendelman mengatakan pihaknya masih mengirimkan negosiator untuk memulai kembali perundingan.

“Dewan perang dengan suara bulat memutuskan bahwa Israel akan melanjutkan operasi di Rafah untuk memperkuat pasukan Hamas, dengan tujuan mendorong pembebasan warga sipil yang diculik dan eksekusi sasaran militer,” kata Gendelman.

Komentar Gendelman lebih dari sekedar pernyataan retoris seiring dengan semakin intensifnya serangan Israel terhadap Rafah ketika warga Palestina merayakan diterimanya proposal gencatan senjata oleh Hamas.

Menurut laporan reporter Al Jazeera Tariq Abu Azoom, peluncuran rudal Israel terus berlanjut di Rafah.

Di sisi lain, serangan semacam itu sudah dilakukan Israel sejak Senin (6/5/2024) malam sebelum Hamas menerima permintaan pembatalan tersebut.

Menurut laporan dari Otoritas Gaza, 26 orang tewas dalam serangan Israel di Rafah pada hari Senin.

Faktanya, Rafah adalah kamp terbesar di Gaza, dengan 1 juta orang mengungsi akibat perang, menurut The Guardian.

Selain itu, Refa juga menjadi pusat logistik utama pengiriman bantuan kemanusiaan. AS mengutuk serangan udara Israel di Rafah, memprioritaskan gencatan senjata di Gaza

Berbeda dengan sekutunya Israel, Amerika Serikat (AS) menyatakan gencatan senjata di Gaza adalah prioritasnya.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan Direktur CIA William J. Burns akan berada di Timur Tengah mulai Jumat (3/5/2024) untuk menyelesaikan kesepakatan tersebut.

“Ini penting bagi semua orang di pemerintahan ini, mulai dari presiden hingga ke bawah,” kata Miller.

“Semua orang menontonnya. Semua orang berusaha menyelesaikan kesepakatan ini.”

Terkait serangan Israel ke Rafah, Miller mengatakan AS menentangnya sementara Hamas menyetujui gencatan senjata.

“Kami tidak dapat mendukung operasi di Rafah seperti yang diusulkan saat ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa Amerika Serikat belum melihat rencana yang kredibel untuk melindungi 1,5 juta warga sipil yang terperangkap di kota tersebut.

“Bahkan jika tidak ada tanggapan baru [dari Hamas], kami jelas tidak mendukung Israel melancarkan operasi militer skala penuh di Rafah.”

Miller juga menyampaikan keprihatinannya atas perintah Israel untuk mengevakuasi warga Rafah Timur.

“Jika Anda melihat 100.000 orang pindah, Anda akan melihat orang lain pindah ke tempat lain – itulah yang perlu Anda ketahui jika ada operasi militer. Namun masalahnya sekarang adalah semakin sedikit tempat yang bisa mereka masuki. Gaza,” kata Miller. wartawan.

“Dan tidak ada cara yang tepat untuk memberikan bantuan dan memastikan mereka memiliki akses terhadap perumahan dan akses terhadap sanitasi kemanapun mereka pergi.”

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Artikel lain terkait konflik Palestina vs Israel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *