Menkominfo: NextHub Dapat Perkuat Posisi Indonesia sebagai Pusat Teknologi Regional

BERITA TRIBUNE. 

“Melalui acara ini, kami berharap para pemangku kepentingan dapat bekerja sama untuk menghidupkan kembali investasi di sektor digital dan menciptakan ekosistem startup yang kuat, berkelanjutan, dan inovatif,” kata Budi Ari, Kamis (26/9/2024).

Budi Ari telah menunjukkan perubahan signifikan pada model bisnis start-up. 

Pada tahun 2022, akan terdapat lebih dari 150 juta startup di dunia, dan sektor pembangkitan dan pengembangan merupakan sektor investasi dengan pertumbuhan tercepat. Dengan lebih dari 4.500 startup, terdapat 52 unicorn di kawasan Asia Tenggara. 

“Proyeknya valuasi startup di kawasan Asia Tenggara akan mencapai 1 triliun dolar AS pada tahun 2025. Indonesia sendiri dengan jumlah startup lebih dari 2.500 startup, kini menjadi peringkat pertama di Asia Tenggara dan keenam di dunia,” ujar Menkeu. Transportasi dan Informasi. 

Dengan dukungan berbagai pemangku kepentingan seperti inkubator, akselerator, dan lembaga keuangan, Indonesia mempunyai potensi besar untuk melanjutkan pertumbuhannya di sektor teknologi. 

“Kami percaya dengan sinergi sektor publik dan swasta, ekosistem startup Indonesia dapat menjadi lebih stabil dan menarik bagi investor,” kata Budi Ari.

NextHub Global Summit 2024 dapat menjadi peluang bagi startup Indonesia untuk bekerja sama dengan investor dan pemangku kepentingan strategis lainnya.

“Saya berharap NextHub Global Summit 2024 dapat menjadi wadah bagi para startup Indonesia untuk belajar dari pengalaman para startup sukses di negara lain dan untuk kolaborasi strategis dengan investor dan pemangku kepentingan,” kata Budi Ari Setyadi, Menteri Perhubungan dan Informasi. . 

NextHub Global Summit 2024 mengusung tema “The Thawing Tech Winter”. 

Kegiatan ini bertujuan untuk merevitalisasi lanskap teknologi saya dalam tantangan perekonomian global. Di Bali, terdapat tidak kurang dari 80 startup tahap awal, 50 startup tahap akhir, lebih dari 20 startup global dari berbagai industri, serta investor internasional.

Rudiantara, Ketua Nexticorn Foundation, menjelaskan bahwa ASEAN merupakan pusat pertumbuhan ekonomi yang potensial. Ia memperkirakan Indonesia akan menjadi pemain ekonomi terbesar di kawasan Asia.

“Dengan perkiraan nilai US$750 miliar, Indonesia memang merupakan ekonomi terbesar di ASEAN. Indonesia adalah mesin perekonomian kawasan ASEAN,” ujarnya.

Ia optimistis perkembangan perusahaan start-up Tanah Air akan semakin meningkat di masa depan. Hal ini akan dilaksanakan dengan dukungan berbagai pemangku kepentingan termasuk inkubator, akselerator, dan lembaga keuangan.

Selain itu, Indonesia dikenal sebagai ekosistem startup terbaik di ASEAN, kata Rudiantara yang mempertemukan startup dengan modal ventura di NextHub Global Summit 2024. 

“Lebih dari 120 startup dan 150 pemodal ventura internasional berkumpul di sini. Startup biasanya membutuhkan investasi dari modal ventura, dan modal ventura juga membutuhkan ruang untuk berinvestasi di startup,” kata Rudiantara.

NextHub Global Summit diadakan untuk memfasilitasi pertemuan antara startup dan modal ventura yang ingin berinvestasi. 

“Sampai saat ini, baik startup maupun modal ventura telah menggunakan metode masing-masing untuk terhubung. Namun dengan adanya acara ini mereka bisa segera melakukan pertemuan, imbuhnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *