Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Jelajahi Capaian Artistik Kebudayaan Nusantara

Laporan jurnalis Tribunnews.com, Fahdi Fehlavi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersiap menyambut tahun 2024. Bertutur Indonesia Mega Festival yang rencananya digelar di Bali pada 7-18 Agustus.

Ahmad Mahendra, Direktur Film, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan Bertutur Indonesia merupakan upaya menemukan mahakarya seni dan budaya nusantara. 

Dalam acara ini akan ditampilkan karya seni seniman dalam dan luar negeri.

Mahendra melalui keterangan tertulis, Senin (8/5/2024), “Mari kita berpartisipasi dalam Indonesia Bertutur 2024 dalam semangat Kebebasan Berbudaya, mari kita alami masa lalu dan tumbuhkan masa depan bersama.”

Mahendra mengatakan Bertuture Indonesia akan membangkitkan kembali pengetahuan masa lalu dan realitas kehidupan di era digital yang terputus. 

Hal ini juga menyediakan platform untuk kolaborasi antar pemangku kepentingan di sektor seni dan budaya.

Selain itu, Direktur Festival Bertutur Indonesia 2024 Taba Sanchabakhtiar mengatakan kekayaan budaya Indonesia menunjukkan kreativitas yang tiada habisnya. 

Menurutnya, berbagai bentuk kesenian bermunculan dan tercipta, mulai dari yang tradisional hingga kontemporer.

“Di Indonesia, fokus utama harusnya pada prestasi seni anak bangsa. Untuk menyebarkan inspirasi dan berkontribusi pada khazanah budaya yang lebih luas,” kata Taba.

Persiapan pementasan upacara Matur Piuning dilakukan panitia penyelenggara di tujuh lokasi yang akan menjadi venue utama Bertutur Indonesia pada 27-28 Juli. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *