Perang Rusia-Ukraina Hari ke-894: Ukraina Tenggelamkan Kapal Selam Rusia di Krimea

TRIBUNNEWS.COM – Berikut beberapa peristiwa yang terjadi pada Perang Rusia-Ukraina ke-894 pada Senin (5/8/2024).

Para pejabat Ukraina mengatakan Kyiv baru-baru ini menenggelamkan kapal perang Rusia keluar dari Krimea.

Mereka juga menembak jatuh pesawat Rusia dan menghancurkan pertahanan Jembatan Kerch selama akhir pekan.

Dalam insiden lain, Ukraina menyatakan tekanan terhadap anak-anak dan penjaga mereka di wilayah Donetsk, tempat Rusia mengklaim kendali atas wilayah tersebut. Tanggal Perang Rusia-Ukraina 894: Ukraina menenggelamkan kapal selam Rusia di Krimea.

“Di pelabuhan Sevastopol, kapal selam Kilo Armada Laut Hitam Rusia, Rostov-on-Don, diserang dan ditenggelamkan,” kata seorang pejabat militer Ukraina.

Kyiv juga menyerang bandara Rusia, menghancurkan Jembatan Kerch pada akhir pekan.

Militer Ukraina menyerang bandara Morozovsk di wilayah Rostov Rusia dengan beberapa serangan pesawat tak berawak dan menjatuhkan bom di sebuah depot, termasuk serangan udara, tambah para pejabat.

“Sistem anti-pesawat S400 yang melindungi jembatan ilegal Kerch yang menghubungkan Krimea dengan Rusia telah diserang,” kata para pejabat Ukraina.

Pemindaian satelit NASA menunjukkan kebakaran besar di bandara. Gubernur wilayah Belgorod Rusia mengatakan seorang wanita tewas dalam serangan udara Ukraina terhadap sebuah rumah di Shebekino pada hari Minggu.

“Drone Ukraina juga menghancurkan beberapa bangunan di kota itu,” katanya.

Ukraina membantah melakukan serangan terhadap warga sipil di wilayah Rusia. Ukraina telah mengumumkan deportasi paksa terhadap anak-anak dan wali mereka dari wilayah Donetsk, yang diklaim Rusia sebagai wilayah kendalinya.

Walikota Donetsk Vadym Filashkin mengatakan: “Musuh membom kota dan desa di daerah ini setiap hari, jadi mereka memutuskan untuk mengevakuasi anak-anak tersebut bersama orang tua mereka atau perwakilan pemerintah.”

Dia menyebutkan kota Novogrodovka, sekitar 20 kilometer dari desa Novoselevka Persha, yang menurut Rusia telah direbut pada hari Minggu.

Filashkin mengatakan 744 anak dan keluarga mereka telah direlokasi ke empat wilayah di Ukraina. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky difoto oleh jet tempur F-16 saat dia mengakui kedatangannya di Ukraina, tulis Deborah Cole.

Presiden Ukraina bertemu dengan seorang pilot militer di bandara dengan dua pesawat dan dua lainnya sedang terbang.

“Saya bangga dengan orang-orang kami yang telah menguasai pesawat ini dan mulai menggunakannya di negara kami,” kata Zelenskiy. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba akan mengunjungi Malawi, Zambia dan Mauritius minggu ini untuk meningkatkan bantuan, kata Kementerian Luar Negeri pada hari Minggu.

“Topik penting adalah partisipasi Afrika dalam upaya internasional untuk memulihkan perdamaian di Ukraina dan dunia.”

Pemerintah militer Mali pada Minggu (4/8/2024) mengatakan pihaknya memutuskan hubungan dengan Ukraina.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *