Penerbangan Perdana di Bandara IKN Mendarat Mulus, Jokowi: Bukan Bandara VVIP Tapi Bandara Komersial

TRIBUNNEWS.COM, Nusantara – Pesawat kepresidenan RJ85 yang membawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhasil mendarat pertama kali di Bandara Nusantara, Ibu Kota Negara (IKN) kepulauan tersebut, pada Selasa (24/9/2024). 

Pesawat Jokowi pertama kali mendarat di Bandara IKN Nusantara setelah meninggalkan Pontianak.

Pesawat kepresidenan mendarat di bandara baru pada pukul 16.13 WITA.

Kedatangan pesawat kepresidenan disambut dengan water salut seperti biasa. 

Praktek ini biasanya dilakukan pada penerbangan pertama rute baru dari dan ke bandara.

Melansir Tribun News, kedatangan pesawat kepresidenan di bandara IKN diiringi sorak-sorai riuh. 

Presiden juga menerima sejumlah pejabat, antara lain Menteri Perhubungan Budi Kriya Sumadi, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Julie Anthony, dan pejabat keamanan setempat.

Usai pendaratan, Jokowi tak banyak memberikan analisa. 

Ia hanya mengatakan pesawatnya mendarat di landasan IKN tanpa kendala apa pun. 

Meski tidak terlalu besar, ia berharap bandara tersebut bisa digunakan untuk transportasi masyarakat dari dan ke IKN. 

Ya, kedatangannya lancar banget, kedatangannya mudah, kata Jokowi di bandara IKN, Kalimantan Timur, Selasa (24/9/2024). 

Jokowi mengatakan, kedatangan di Bandara Nusantara dilakukan tanpa kendala. 

Selain itu, situasi bandara sangat baik dengan ukuran yang lumayan. 

Dia berkata: “Iya, check-in lancar banget. Check-in lancar ya, bagus sekali. Tidak terlalu besar tapi lebih dari cukup.”  Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendarat pertama kali di Bandara Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Selasa (24/9/2024). (Tribunnews.com/Tofiq Ismail)

“Iya alhamdulillah trip pertama lancar, alhamdulillah semuanya lancar dan baru pertama kali sampai di bandara nusantara, bandara nusantara,” ujarnya.

Jokowi juga menegaskan, pesawat IKN bukanlah pesawat VVIP melainkan pesawat komersial yang bisa digunakan masyarakat umum. 

“Itu bukan bandara VVIP. Ini maskapai komersial yang kita percayai masyarakat umum,” ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi memerintahkan Menteri Perhubungan (Manhub) Bodhi Karya Sumadi untuk mendirikan bandara IKN untuk menangani penerbangan komersil, termasuk penerbangan haji dan umrah. 

Namun, dia tidak membeberkan lebih lanjut kapan bandara tersebut akan digunakan untuk penerbangan komersial. 

“Iya, kalau saya tandatangani perintah presiden, berarti dimulai setelah itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Bodhikarya Sumadi mengungkapkan, jika tahap pemeriksaan bandara IKN berhasil dengan kedatangan pesawat besar seperti pesawat Boeing, maka bandara tersebut akan resmi dibuka keesokan harinya atau lusa. Kemampuan untuk membuka dan menggunakan 

Beliau mengatakan: Kami sangat hati-hati dalam pembangunan bandara ini, Insya Allah menjadi tempat yang sangat strategis karena tidak jauh dari kawasan IKN.

Kunjungan Jokowi ke IKN kali ini salah satunya untuk menyaksikan langsung pembukaan Tahap 8 di IKN yang akan digelar pada Rabu (25/9/2024) hari ini. 

Jokowi akan memimpin langsung inisiatif Fase 8 yang mencakup satu investor asing, dua kemitraan asing, dan dua investor dalam negeri. 

Wakil Presiden Bidang Keuangan dan Keuangan Otoritas IKN Agung Wikasono mengatakan, beragamnya jenis investasi di kepulauan tersebut tercermin pada Pionir kedelapan. 

Agong mengatakan: “Dari progres 8 dalam satu tahun dari 1 GB pada September 2023 menjadi 8 GB pada September 2024, menunjukkan bahwa investasi IKN benar-benar dilaksanakan dan diakui. Bahkan ada yang terbuka” (jaringan tribun / lakukan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *