Netanyahu Didemo Warga Israel saat IDF Evakuasi Sandera Tewas dari Gaza, Dinilai Korbankan Sandera

Warga Israel mengkritik Netanyahu ketika tentara Israel mengevakuasi sandera yang tewas dari Gaza

TRIBUNNEWS.COM- Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengkritik tentara Israel karena memindahkan sandera yang tewas di Gaza

Anadolu Agency melaporkan bahwa keluarga sandera Israel di Gaza menuduh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu meninggalkan keluarga mereka untuk hidup dalam politik.

Kritik tersebut muncul setelah tentara mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah menemukan enam mayat sandera di wilayah Palestina.

Menurut lembaga penyiaran publik Israel, KAN, keenam sandera tersebut masih hidup saat dibawa ke Gaza pada 7 Oktober 2023.

Mati Dancyg, ayah salah satu korban penculikan yang terbunuh, mengatakan kepada KAN: “Dia dan semua penculik bisa saja dibawa kembali.”

“Netanyahu memutuskan untuk memberikan jaminan. Karma akan menghakiminya dan dia akan membayar harga yang mahal,” katanya, menuduh perdana menteri Israel “memilih memberikan jaminan untuk bertahan hidup.”

Shahar Mor, yang pamannya juga terbunuh di Gaza, mengatakan pemerintah Israel “membuang-buang waktu dan kesempatan untuk menyelamatkannya.”

“Darahnya ada di tangan pemerintah. Agar Netanyahu bisa bertahan hidup, paman saya meninggal,” katanya kepada Radio 103FM.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok tersebut menyalahkan pemerintah Netanyahu atas kematian para sandera karena menunda kesepakatan dengan Hamas untuk menyelamatkan nyawa para sandera.

Pemimpin oposisi Israel Yair Lapid juga menuduh Netanyahu mengembalikan tahanan yang tewas.

Israel mengatakan sekitar 110 orang ditahan di Israel, sementara Hamas mengatakan sebagian besar tahanan tewas dalam serangan Israel.

Pada awal Juni, pasukan Israel menyelamatkan empat sandera dari kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah, dalam sebuah operasi yang menewaskan lebih dari 210 warga sipil Palestina dalam serangan artileri berat dan udara.

Selama berbulan-bulan, Amerika Serikat, Qatar dan Mesir telah berusaha menjadi perantara kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk membebaskan tawanan perang dan mengizinkan bantuan masuk ke Gaza. Namun proses mediasi terhenti karena Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak memenuhi tuntutan gencatan senjata yang diajukan Hamas.

Meskipun resolusi Dewan Keamanan PBB menyerukan gencatan senjata segera, serangan Israel ke Gaza, yang dimulai setelah serangan Hamas pada 7 Oktober 2023, terus berlanjut.

Otoritas kesehatan setempat mengatakan konflik tersebut telah menewaskan lebih dari 40.170 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai lebih dari 92.740 orang.

Blokade Gaza telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, dan menyebabkan sebagian besar wilayah tersebut hancur.

Israel telah dituduh melakukan genosida oleh Mahkamah Internasional, yang memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina melarikan diri dari konflik sebelum serangan tanggal 6 Mei.

SUMBER : MONITOR WAJAH WAJAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *