Calon Klub Thom Haye Terseret Polemik INEOS di Liga Eropa, Bos MU Perlu Cawe-cawe

TRIBUNNEWS.COM – Kontroversi baru kembali meletus di kubu Manchester United milik bos INEOS Sir Jim Ratcliffe yang telah menempatkan dua tim di Liga Europa UEFA. Selain Man United, OGC Nice yang dikelola INEOS akan lolos ke Liga Europa musim depan.

Sebagai referensi, OGC Nice merupakan tim Ligue 1 (Prancis) yang tengah dikaitkan dengan gelandang timnas Indonesia Tom Hai pada bursa transfer musim panas kali ini. 

Manchester United akhirnya lolos ke kompetisi Eropa musim depan.

Hingga saat ini, tim besutan Erik ten Hag itu masih berada di peringkat 8 klasemen akhir Liga Inggris dan terancam tidak bisa mengikuti kompetisi Eropa. Gelandang Manchester United asal Portugal #08 Bruno Fernandes mengangkat trofi untuk merayakan kemenangan usai Final Piala FA antara Manchester City dan Manchester United di Stadion Wembley di London pada 25 Mei 2024. – Manchester United menang 2 – Manchester City menang 1. (Foto oleh JUSTIN TALLIS / AFP) (AFP/JUSTIN TALLIS)

Bruno Fernandes dan kawan-kawan mengumpulkan total 60 poin dari 38 pertandingan dan sejajar dengan pemuncak klasemen Newcastle United (7) dalam selisih gol.

Peringkat tersebut berada di bawah peringkat 4 Aston Villa (68 poin), peringkat 5 Tottenham Hotspur (66 poin), dan peringkat 6 Chelsea (63 poin).

Meski duduk di posisi kedelapan klasemen Liga Inggris, Manchester United lolos ke kompetisi Eropa musim depan dengan cara lain – dengan menjuarai Piala FA.

Setan Merah mengalahkan rival sekota Manchester City 2-1 pada final Piala FA, Sabtu (25 Mei 2024) malam WIB.

Dua gol Manchester United dicetak oleh Alejandro Garnacho (30′) dan Kobe Maino (39′). Sementara Jeremy Doku mencetak satu-satunya gol The Citizens pada menit ke-87.

Dengan kemenangan ini, ‘Manchester United’ berhak mengikuti Liga Europa musim depan bersama ‘Tottenham’ sebagai timnas Inggris.

Jika Manchester City menjuarai Piala FA, Chelsea harusnya siap bermain di Liga Europa yang seharusnya menjadi bagian dari Liga Europa.

Sementara itu, Newcastle diperkirakan akan absen di kompetisi Eropa musim depan akibat kekalahan Manchester City.

Setelah Manchester United menjuarai Piala FA, muncul pertanyaan apakah Setan Merah akan lolos ke Liga Europa musim depan.

Ingatlah bahwa klub INEOS lainnya, OGC Nice, juga mengamankan tempat di Liga Europa.

Nice baru-baru ini lolos ke Liga Europa setelah finis di peringkat kelima klasemen Ligue 1.

Menurut peraturan UEFA, dua klub yang dimiliki oleh pemilik yang sama tidak dapat berpartisipasi dalam kompetisi yang sama.

Presiden Nice Jean-Pierre River membuat pengumuman tersebut setelah final Ligue 1 pekan lalu melawan Lille OSC.

“Perbaikan harus dilakukan,” kata Rivere, menurut Get Football News France.

“Saya tidak akan menjelaskannya secara detail, tapi tidak masalah.”

Perubahan perlu dilakukan karena Manchester United dan Nice menjamin kualifikasi Liga Europa, menurut Rivere.

Perubahannya akan bergantung pada struktur organisasi masing-masing klub. Absennya tokoh INEOS dalam hierarki Nice telah menghilangkan isu kepemilikan multiklub.

Tidak jelas perubahan apa yang akan dilakukan di musim panas untuk mematuhi peraturan UEFA. Namun Nice tampaknya tidak terpengaruh dengan perkembangan tersebut.

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *