AC LG DUALCOOL New Eco: Pilihan Cerdas untuk Hemat Energi, Sehari Hanya Rp1.500!

TRIBUNNEWS.COM – Memiliki alat pendingin ruangan (AC) di rumah sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang, terutama di daerah beriklim panas dan lembab. Selain memberikan kenyamanan fisik bagi penghuninya, keberadaan AC di dalam rumah juga dapat meningkatkan kualitas hidup.

Sayangnya, di balik rasa nyaman tersebut seringkali terdapat kekhawatiran bahwa penggunaan AC di rumah akan menyebabkan tagihan listrik meningkat. Untungnya, kemajuan teknologi membuat produsen semakin inovatif dalam menawarkan AC dengan fitur hemat energi seperti LG DUALCOOL New Eco AC.

Hemat energi dan menjaga sirkulasi udara tetap bersih

Klaim AC hemat energi bukan sekadar taktik pemasaran, namun sudah dibuktikan keberhasilannya oleh PT. LG Electronics Indonesia (LG) mendapat beberapa tes dari Universitas Indonesia (UI).

Hal ini mengacu pada pengujian LG DUALCOOL New Eco AC yang dilakukan oleh Departemen Teknik Elektro, Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia (UP2M DTE FTUI).

Dalam ujiannya langsung Dr.-Ing. Budi Sudiarto, S.T., M.T., selaku Kepala UP2M DTE FTUI membuktikan konsumsi listrik harian model kapasitas pendinginan 1/2PK AC kategori inverter yang diproduksi LG adalah 1,04 kWh. 

Dengan tarif listrik saat ini, konsumsi listrik sebesar Rp 1500.

“Kami sangat puas dengan langkah yang diambil LG dalam melakukan pengujian ini. Sebagai merek ternama, uji coba ini benar-benar merupakan contoh yang baik dari upaya bertanggung jawab industri dalam memberikan informasi nyata kepada masyarakat,” kata Dr. Ing .Budi Sudiarto , S.T., M.T.

Budi mengatakan, survei tersebut dilakukan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak terkecoh dengan tuntutan efisiensi energi yang semakin meningkat dari beberapa perangkat elektronik seperti AC.

Menanggapi hal tersebut, Mike Kim, Air Solution Product Manager, Kim Electronics Indonesia, mengatakan, “LG ​​memiliki reputasi dalam hal inovasi dan kemajuan teknologi. Ini bukan sekedar klaim di atas kertas, namun dapat dibuktikan dengan hasil pengujian dari organisasi independen tertentu.”

Selain itu, mengenai detail percobaannya, percobaan dilakukan selama 1 bulan untuk menghitung konsumsi energi harian yang benar-benar mencerminkan konsumsi masyarakat.

Dalam kurun waktu tersebut, tim penguji melakukan beberapa skenario dan pengecekan terhadap AC yang terpasang pada ruangan khusus seluas 7,75 meter persegi yang beroperasi selama 8 jam sehari.

Sesuaikan daya sesuai keinginan Anda dengan fitur pengatur watt

Abhinyano, Head of Product Marketing Air Chain LG Electronics Indonesia mengatakan, konsumsi energi harian LG DUALCOOL New Eco AC tidak lepas dari fungsi Wattage Management.

Fitur ini memiliki empat pengaturan konsumsi daya AC mulai dari 100 persen, 80 persen, 60 persen, dan 40 persen konsumsi daya minimum.

“Fitur pengaturan daya ini memberikan kemudahan bagi pengguna karena memungkinkan mereka lebih menghemat daya sesuai kebutuhan tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna,” jelas Abhiniano.

Setidaknya Watt memberi contoh bahwa penggunaan fungsi kontrol akan berguna dalam dua situasi berbeda. Ada kalanya Anda menggunakan beberapa perangkat elektronik saat lingkungan sedang dingin, seperti di malam hari atau tanpa mematikan listrik.

Itu dilengkapi dengan banyak fitur canggih

Selain hemat energi, AC inverter LG ini memiliki beberapa keunggulan penting lainnya. Keunggulan pertama terletak pada motor dan kompresor seri New Eco AC yang mampu meredam tingkat kebisingan hingga hanya 18 desibel.

Sebagai perbandingan, tingkat suara ini adalah setengah tingkat suara di ruang perpustakaan dalam kondisi tenang, dengan tingkat suara rata-rata 36 desibel.

Selain itu, LG DUALCOOL New Eco AC dilengkapi dengan pre-filter untuk menangkap partikel debu berukuran besar sehingga menjaga kualitas udara dalam ruangan. 

Ia juga memiliki fungsi pembersihan otomatis yang secara otomatis mengeringkan kelembapan di dalam unit LG New Eco AC untuk mencegah penumpukan kotoran dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan pengguna bila tercampur dengan sirkulasi udara.

Sebagai versi update dari generasi sebelumnya, LG DUALCOOL New Eco AC tidak hanya membantu menghemat daya tetapi juga memberikan kenyamanan dan kesehatan bagi penggunanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *