Iran Incar Tokoh Zionis di Luar Negeri, Netanyahu Minta Penjagaan Putranya di Miami Diperkuat

Iran menargetkan warga Zionis di luar negeri, dan Netanyahu meminta keamanan lebih bagi putranya di Miami

TRIBUNNEWS.COM – Situs Israel Walla, Minggu malam (27/8/2024), memberitakan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu meminta penguatan keamanan bagi putranya, Yair.

Permintaan Netanyahu datang untuk mengantisipasi pembalasan Iran atas pembunuhan Ismail Haniyeh, kepala kantor politik Gerakan Perlawanan Hamas, di Teheran pada 31 Juli.

Situs web tersebut menjelaskan bahwa Netanyahu meminta untuk memperketat tindakan keamanan untuk putranya Yair.

Hal ini karena Netanyahu khawatir reaksi terhadap pembunuhan Haniyeh akan terfokus pada “respon Iran dan agen-agennya terhadap tokoh dan target Israel di luar negeri,” menurut Anadolu Agency.

Laporan ini menunjukkan bahwa Iran menargetkan sejumlah entitas Israel di luar Israel sebagai target operasional.

Yair, 33, tinggal di kota Miami mulai April 2023, di bawah perlindungan dinas keamanan Israel (Shin Bet), dengan harga 2,5 juta shekel (sekitar 680 ribu dolar AS) per tahun, menurut Walla.

Situs tersebut mengutip sumber yang dekat dengan perdana menteri Israel yang mengatakan bahwa kepala staf Netanyahu, Yossi Shelley, baru-baru ini mendekati Komite Penasihat Keamanan Khusus Shin Bet dengan permintaan untuk memeriksa keamanan yang ketat di sekitar Yair.

Sumber tersebut menambahkan, komite penasihat meminta untuk mengambil sumber daya intelijen untuk memperkuat keamanan dan tidak bergantung pada situasi keamanan saja.

Tanggung jawab atas keamanan anggota keluarga Netanyahu ada pada unit “MAGEN”, yang beroperasi di bawah pengawasan kantornya, tetapi “gelombang” demonstrasi di Tel Aviv atas “rencana” perubahan hukum “yang kontroversial pada tahun 2023 telah mendorong keluarga Netanyahu menyerukan keamanan lebih. di wilayah tersebut.

Hal ini menyebabkan masalah tersebut dirujuk ke Unit Keamanan Swasta Shin Bet, yang bertanggung jawab atas keamanan tokoh dan pemimpin pemerintahan Israel.

Faktanya, Komite Menteri Shin Bet yang diketuai oleh Netanyahu setuju untuk mengalihkan tanggung jawab melindungi keluarga kepada Shin Bet.

Bulan lalu, surat kabar Israel Maariv melaporkan bahwa Yair Netanyahu sedang bersantai di Taman Yosemite di California bersama temannya dan dua penjaga keamanan dengan mengorbankan rakyat Israel, sementara ayahnya mengirim ribuan tentara untuk membunuh mereka di Jalur Gaza.

Yair mendapat ratusan ribu dolar yang dikeluarkan oleh Departemen Keuangan Israel untuk program keamanan dan hiburan, dan Shin Bet telah menyiapkan dana $275.000 untuknya, menurut surat kabar tersebut. Putra Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Yair Netanyahu, ditemukan di balkon sebuah rumah mewah di Pantai Hallandale, sebelah utara Miami, AS. Foto ini diunggah di media sosial pada Rabu (14/2/2024). (X) Sinar matahari

Terjadi kepanikan di kawasan tempat tinggal putra Benjamin Netanyahu di Miami, AS.

Apartemen mewah di Miami, tempat tinggal Yair Netanyahu, putra Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, berada dalam bahaya.

Polisi AS menutup gedung tersebut setelah diperingatkan akan adanya sesuatu yang mencurigakan.

Jerusalem Post melaporkan pada hari Kamis bahwa Yair Netanyahu tidak ada di rumah pada saat kejadian tersebut, dan diyakini bahwa dia kembali ke rumahnya pada Rabu malam.

Menurut laporan Channel 12 Israel, seorang penghuni gedung melaporkan alarm kebakaran hari itu, yang menunjukkan adanya hubungan antara kedua insiden tersebut.

Ada laporan dari pengelola gedung dan polisi yang meminta warga untuk tetap tinggal di rumah dan tidak mendekati jendela.

Setelah sekitar 3 jam, mereka diberitahu bahwa lockdown telah berakhir dan mereka dapat meninggalkan rumah dengan aman.

Kabar tersebut beredar di grup WhatsApp di kalangan penghuni gedung.

Beberapa orang percaya bahwa tersangka mungkin adalah bom, sementara yang lain percaya bahwa operasi tersebut adalah operasi rutin dan membesar-besarkan reaksinya.

Surat kabar tersebut menyebutkan bahwa ketakutan tersebut disebabkan oleh banyaknya warga Israel yang berada di dalam gedung tersebut, selain kehadiran Yair Netanyahu di sana, sehingga memperburuk situasi.

Seorang warga mengatakan bahwa banyak orang memilih untuk tidak membahas rincian insiden tersebut karena takut melanggar kesepakatan, dan menambahkan bahwa Yair Netanyahu tampaknya yang paling khawatir dengan situasi tersebut. Rumahnya tertutup

Apartemen Yair Netanyahu di Miami ditutup setelah ditemukan barang-barang mencurigakan, menurut sebuah laporan.

Warga menerima pesan rahasia dari pengelola gedung dan polisi, yang meminta mereka untuk tetap di rumah dan tidak mendekati jendela.

Penghuni sebuah menara mewah di Miami dikunci pada hari Selasa setelah membunyikan alarm tentang sesuatu yang mencurigakan, seperti dilansir N12.

Menara ini adalah rumah bagi Yair Netanyahu, putra Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang tinggal di sana selama perang.

Yair tidak ada di rumah saat lockdown diterapkan dan baru kembali ke rumah pada hari Rabu.

Seorang penghuni menara memberi tahu N12 bahwa alarm kebakaran telah berbunyi pada hari sebelumnya, dan meskipun dia tidak dapat memastikannya, dia yakin itulah penyebab kebakaran tersebut. Tetap di dalam

Warga menerima pesan rahasia dari pengelola gedung dan polisi, yang meminta mereka untuk tetap di rumah dan tidak mendekati jendela.

Sekitar tiga jam kemudian, warga mendapat laporan bahwa lockdown telah usai dan mereka sudah bebas keluar rumah.

Warga yang sama mengatakan grup WhatsApp rumah tersebut penuh dengan pesan, bahkan ada yang menyebutnya sebagai bom.

Ada yang bilang itu hanya rutinitas, dan orang-orang berusaha keras.

Ketakutan terbesar adalah karena banyak warga Israel yang tinggal di gedung tersebut, dan karena Yair Netanyahu tinggal di sana.

Warga tersebut mengatakan banyak orang menolak membicarakan kejadian tersebut karena takut melanggar perjanjian dan secara tidak sengaja mengasingkan warga Israel.

Warga tersebut juga mengatakan, Yair terlihat sangat cemas dan tertekan beberapa kali bertemu dengannya.

(oln/khbrn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *