Bapenda Berharap Semakin Banyak Pengusaha Hiburan di Jakarta Bayar Pajak Online

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pelaku usaha seni dan hiburan di Jakarta wajib membayar pajak, salah satunya pajak barang dan jasa tertentu (PBJT) jasa seni dan hiburan.

Layanan Seni dan Hiburan berarti setiap dan seluruh layanan hiburan, pertunjukan, permainan, pertunjukan, hiburan dan/atau hiburan yang tersedia untuk ditonton.

Untuk memudahkan pelaku usaha mendaftar objek pajak PBJT Jasa Seni dan Hiburan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan layanan online melalui jasaonline.jakarta.go.id.

Salah satu keuntungan menggunakan layanan pajak online adalah Anda tidak perlu pergi ke kantor pajak untuk mendaftarkan pajak Anda, karena seluruh prosesnya dapat dilakukan dengan cepat di mana saja, kapan saja.

Untuk mendaftar fasilitas Pelayanan Seni dan Hiburan PBJT, silahkan simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Kunjungi jasaonline.jakarta.go.id

2. Klik tombol “Login”, gunakan email dan kata sandi Anda yang terdaftar, centang kotak “Saya bukan robot”, dan klik “Login”.

3. Klik menu “Jenis Pajak” di pojok kiri bawah dan klik opsi “Jasa Seni dan Hiburan PBJT”. Kemudian baca pesannya, klik “Ya, saya mengerti” dan klik opsi “Layanan”.

4. Pilih “Tambahkan Permintaan Layanan” di pojok kiri atas, dan akan muncul formulir permintaan layanan untuk menambahkan layanan.

5. Pilih “Pendaftaran Objek Baru” dari kategori Jenis Layanan. Untuk kategori Service Type, pilih “New Object Registration” dan klik “Download Template”.

6. Setelah diunduh maka akan muncul template, isi informasi objek pajak, informasi wajib pajak, dan informasi usaha dengan benar dan beri tanda “X” pada jenis jasa seni dan hiburan yang Anda daftarkan. Lanjutkan mengisi data.

7. Isi data berbagai informasi, setelah data terisi lengkap, isi tanda tangan, pastikan data sudah terisi lengkap, klik “File”, “Simpan” dan ubah formatnya menjadi “PDF”. “, lalu klik “Simpan”.

8. Kembali ke halaman aplikasi layanan pajak online. Isikan informasi kartu identitas wajib pajak dan objek pajak sesuai informasi sebenarnya. Setelah selesai pengisian, masukkan data pendukung pada file PDF tergantung jenis data yang diinginkan.

9. Centang “Saya setuju dengan pernyataan di atas”. Kemudian klik “Simpan”. Informasi pendaftaran Jasa Seni dan Hiburan PBJT telah berhasil disimpan.

10. Untuk memudahkan Anda, Anda dapat menonton video tutorial cara mendaftar PBJT Seni dan Hiburan melalui YouTube.

Dengan mengikuti prosedur perpajakan yang benar, Anda tidak hanya akan memenuhi kewajiban hukum Anda, namun juga menjaga keandalan dan stabilitas bisnis Anda.

Maurice Denny, kepala pusat informasi dan data Panda di Jakarta, mengharapkan lebih banyak perusahaan yang menggunakan teknologi untuk memenuhi kewajiban perpajakan mereka di masa depan.

“Kami berharap kedepannya semakin banyak pelaku usaha yang memanfaatkan layanan ini untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Tidak hanya itu, pemerintah tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada wajib pajak dan menyederhanakan prosedurnya,” kata Morris, Jumat.9/ 20/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *