Rusia Diguncang Gempa M 7,0

TRIBUNNEWS.COM, Rusia – Minggu (18/8/2024) Gempa kuat melanda Rusia pagi ini.

Episentrum gempa berkekuatan M 7,0 di Kamchatka, Rusia dan meningkat menjadi M 7,1 pada pukul 02.10 WIB pada Minggu (18/8).

Episentrum gempa berada di laut, 52,97°LU. Letaknya di 160,01° utara, pada kedalaman 35 km.

Gempa tersebut tercatat sebagai gempa tipe dangkal dan diyakini disebabkan oleh mekanisme sesar di sepanjang subduksi Kuril-Kamchatka.

Menurut Survei Geologi AS (USGS), episentrum gempa di Rusia terletak 88,5 km dari Petropavlovsk-Kamchatsky dan pada kedalaman sekitar 48 km.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) melaporkan gempa tersebut berpotensi memicu tsunami lokal di Rusia.

Namun Kementerian Darurat Rusia tidak mengeluarkan peringatan tsunami atas gempa ini.

Menurut lembaga RIA Novosti, gempa terus terjadi di kawasan tersebut.

“Gempa bumi berkekuatan 5,0 skala Richter diperkirakan terjadi di Petropavlovsk-Kamchatsky dalam beberapa hari mendatang,” kata Danila Seprov, direktur Layanan Geofisika Terpadu Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia cabang Kamchatka.

Proses gempa aktif akan berlangsung lama, dalam beberapa hari ke depan diperkirakan akan terjadi gempa kuat dan nyata berkekuatan hingga 5 di Petropavlovsk. Kemungkinan besar tidak lebih dari gempa, ” kata Seborov. Hal ini dinyatakan dalam video yang diterbitkan oleh departemen utama Kementerian Darurat Rusia untuk Wilayah Kamchatka.

Pada saat yang sama, ia mencatat bahwa proses gempa susulan dengan probabilitas tinggi menunjukkan bahwa tidak akan ada gempa kuat di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *