35 Persen Penderita Tuberkulosis Usia Produktif, Penanggulangan di Tempat Kerja Penting

Laporan jurnalis Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia saat ini tercatat sebagai negara dengan prevalensi tuberkulosis tertinggi kedua di dunia, yakni sekitar 1.060.000 kasus tuberkulosis dan lebih dari 144.000 orang meninggal akibat penyakit tersebut setiap tahunnya. 

Jumlah kasus tuberkulosis yang terdeteksi terbesar berasal dari usia produktif (25-54 tahun) dengan kontribusi sekitar 35 persen penderita tuberkulosis di Indonesia.

“Mengingat tingginya kasus TBC pada angkatan kerja, maka peran dan kesadaran perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk pengendalian TBC semakin meningkat,” kata Direktur Uji Keselamatan dan Kesehatan Kerja Direktorat Jenderal Pengawasan Ketenagakerjaan dan Pembinaan K3, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muhamad Idham saat memberikan penghargaan kepada Otsuka sebagai perusahaan terbaik dalam pelaksanaan program pendidikan dan pengendalian tuberkulosis di tempat kerja tahun 2024, Senin (23/9/2024).

Ia mengatakan, keikutsertaan perusahaan dalam program pemberantasan tuberkulosis ini merupakan bagian dari implementasi Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No.

Untuk mencegah orang yang mempunyai gejala penyakit tuberkulosis (TBC) di tempat kerja dan berpotensi menularkan penyakit TBC, kuncinya adalah pemeriksaan awal/pra kerja (untuk ujian kerja), pemeriksaan kesehatan berkala (pemeriksaan berkala), kunjungan ke pelayanan kesehatan kerja. (klinik) bisnis dan pelacakan kontak erat.

Sementara itu, pemberantasan TBC di tempat kerja dilakukan melalui empat pendekatan, yaitu dukungan manajemen yang efektif berupa komitmen pencegahan TBC, pemberian dukungan administratif terhadap pendidikan dan layanan TBC, penciptaan lingkungan kerja yang baik dengan fasilitas ventilasi. yang memenuhi standar, dan dukungan alat pelindung diri.

Ketua Asosiasi Pelayanan Kesehatan M Subuh mengatakan, peran pihak swasta untuk menjadi mitra Asosiasi Pelayanan Kesehatan tentunya sangat penting dalam penanggulangan AIDS – Tuberkulosis – Malaria di Indonesia. 

“Kami mengapresiasi program TBC Gratis di Tempat Kerja bagi Otsuka di internal Otsuka bahkan mengajak berbagai dukungan kepada perusahaan lain di Indonesia untuk bersama-sama memberantas TBC pada tahun 2030,” kata Subuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *