Dies Natalis ke-30 UPH, Merayakan Tiga Dekade Pencapaian dan Dedikasi Menghadirkan Pendidikan Unggul

TRIBUNNEWS.COM – Universitas Pelita Harapan (UPH) telah menjadi pilar utama pendidikan internasional di Indonesia selama 30 tahun. Hal ini tercermin dari tekadnya untuk terus berinovasi dan menyediakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan karakter, kecerdasan, dan spiritual anak didiknya.

Berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas, UPH berhasil menghasilkan lulusan yang tidak hanya sukses secara akademis, namun juga bertakwa dan bersemangat mengabdi kepada sesama.

Memperingati 30 tahun perjalanan penuh prestasi, UPH merayakan Dies Natalis ke-30 pada hari Sabtu, 7 September 2024 dengan tema “Merayakan 30 Tahun Anugerah Tuhan”.

Perayaan ini merupakan momen penting untuk berefleksi dan mensyukuri prestasi yang diraih, sekaligus menegaskan kembali komitmen UPH dalam mencetak generasi pemimpin dunia.

“Kami bersyukur Tuhan memanggil UPH untuk berkarya di bidang pendidikan. UPH berkomitmen menyelenggarakan pendidikan yang transformatif dan berpusat pada Kristus sehingga melalui pendidikan UPH Indonesia diberkati dan dimuliakan Tuhan.

Selama tiga dekade, UPH telah berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang tidak hanya unggul secara akademis namun juga mendorong pengembangan manusia dan pengembangan spiritual mahasiswa.

Kami yakin mahasiswa UPH siap menjadi pemimpin yang hebat dan dapat berkontribusi bagi negara Indonesia.

Rektor UPH Dr. (Hon.) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc.

UPH telah mencapai banyak keberhasilan dengan meluluskan 53.000 mahasiswa dalam waktu 30 tahun; Ini memiliki 13 sekolah dan 65 program akademik; memperoleh akreditasi tertinggi; Memperoleh ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu dan ISO 21001:2018 untuk Sistem Manajemen Organisasi Pelatihan; melatih lebih dari 35 Profesor di berbagai bidang ilmu pengetahuan; Penghargaan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan prestasi mahasiswa tertinggi tanah air pada tahun 2023 oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III; menjalin hubungan dengan lebih dari 460 teman dari dalam dan luar negeri; dan banyak lagi.

Semangat sukses ditunjukkan oleh dosen, alumni dan mahasiswa UPH di samping kegiatan akademik. Beberapa pencapaiannya adalah:

Juara 1 Studi Program Studi (Gambar) (Gambar) Studi Permanova ITB 2023, mahasiswa yang membuat mastery page dari program studi kanker lambung.

2. Desainer Hebat                                      

3.       Tim mahasiswa Fakultas Hukum UPH menjuarai Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition (Philip C. Jessup ILMCC) pada tahun 2022 dan 2023.

4.       Tim mahasiswa dan pengajar Program Studi Arsitektur UPH berhasil meraih Juara 1 National Saint Gobain-Architecture Student Competition 2023 dan mewakili Indonesia secara internasional di Lisbon, Portugal.

5. Sekelompok mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UPH Kampus Medan meraih penghargaan Kelompok Mahasiswa Paling Kreatif dalam PKM Penerapan Iptek Klaster IV pada PKM Award 2024 untuk penelitian bertajuk “Aplikasi Teknologi Informasi”. Teknologi Smart Indoor Farming dan Clean Energy untuk Meningkatkan Kualitas Produksi Pertanian Soilless di Syifa Hidroponik One Dan Lolos PIMNAS 37.

6.       Mahasiswa Program Studi Manajemen UPH Erick Ahmad Fathoni berhasil meraih Medali Perunggu pada renang gaya ganti 4×100 meter putra pada SEA Games 2023 di Kamboja.

7.Dr. IR. Rudy Pramono, M.Sc., LLDikti, dosen Sekolah Tinggi Perhotelan dan Pariwisata UPH, menerima penghargaan Skor Publikasi SINTA Guru Terbaik dari Wilayah III.

8.Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., merupakan lulusan Doktor Manajemen UPH yang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia dan menerima Penghargaan Kehormatan Bintang Mahaputera Utama.

9.Dr. Wakil Presiden MPR RI sekaligus alumni Program PhD Manajemen UPH Lestari Moerdijat, S.S., M.M. Ia juga menerima Penghargaan Bintang Merit dan Kehormatan Mahaputera Nararya.

10.Dr. Hillary Brigitta Lasut, S.H., LL.M., Anggota DPR RI dan lulusan Program Sarjana dan Juris Doctor UPH, menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai anggota DPR RI perempuan. Beliau meraih gelar PhD di bidang Hukum (27 tahun).

11.   Anthony Cottan, mantan mahasiswa PhD Manajemen UPH, saat ini menjabat sebagai Direktur di PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAP) mengelola bisnis yang dioperasikan oleh toko Apple Digimap.

12.   Dan berbagai prestasi lainnya.

Rangkaian Acara Dies Natalis UPH ke-30

UPH menyelenggarakan berbagai acara dalam rangka Dies Natalis ke-30 untuk mempererat hubungan antara Civitas Akademika dan mitra-mitranya.

Acara diawali dengan UPH Choir Anniversary Concert, dilanjutkan dengan UPH Festival 2024, Thanksgiving Service dan Luncheon, serta Community Day.

Kegiatan ini diciptakan sebagai wadah rasa syukur, pujian, dan persatuan dimana seluruh civitas UPH termasuk seluruh masyarakat dapat berpartisipasi. Akan ada beragam kegiatan menyenangkan untuk mempererat hubungan dan memupuk semangat kekeluargaan.

“Kami dengan senang hati mempersembahkan berbagai acara yang dirancang sebagai ajang kolaborasi. Acara ini tidak hanya mempererat silaturahmi namun juga menunjukkan semangat kolaborasi dan kolaborasi yang selalu kita miliki di UPH.

“Kami percaya festival ini akan menjadi momen berharga yang mempererat hubungan dan menegaskan komitmen kami untuk menciptakan komunitas yang kuat dan penuh kasih,” kata Dr. Andry Panjaitan, S.T., M.T., CPHCM., selaku Wakil Presiden Bidang Pengembangan Kemahasiswaan UPH.

Berikut ini adalah kemeriahan perayaan Dies Natalis UPH ke-30:

Konser Dies Natalis Paduan Suara UPH yang ke-1

Rangkaian UPH 30th Anniversary diawali dengan konser spesial “I Am That I Am” untuk merayakan ulang tahun PSM UPH yang ke-19. Konser yang akan berlangsung pada tanggal 4 Juli 2024 ini menjadi momen penting untuk mengenang dedikasi dan kesuksesan PSM UPH selama hampir dua dekade. Konser ini selain menampilkan musik juga merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat yang telah mengiringi perjalanan PSM UPH selama ini.

2.      Festival UPH 2024

UPH Festival merupakan acara tahunan terbesar UPH untuk menyambut mahasiswa baru dan meningkatkan kesadaran tentang UPH. Tahun ini, UPH Festival akan berlangsung pada 15-17 Agustus 2024 dan akan menampung lebih dari 5.000 mahasiswa dari seluruh kampus ONE UPH: Lippo Village, Jakarta, Surabaya dan Medan.

Festival ini menghadirkan berbagai acara menarik, antara lain Distinguished Guest Speakers (DGS) dan diakhiri dengan Closing Ceremony pada 17 Agustus 2024. Penutupan ini menandai dimulainya tahun ajaran 2024/2025 yang menampilkan musik mahasiswa UPH dari musisi ternama JAZ. dan pertunjukan kembang api.

3.       Aktivitas Terima Kasih dan Kompetisi Seru

Acara Ibadah Syukur ini merupakan salah satu bentuk syukur atas perjalanan UPH selama tiga dekade. Diawali dengan acara syukuran di Grand Chapel Kampus UPH Lippo Village, seluruh mahasiswa berkumpul untuk mengucapkan syukur atas berkah dan prestasi yang diraih.

Pada acara tersebut, UPH juga memberikan penghargaan kepada sivitas akademika dalam 2 kategori, yang diberikan kepada guru-guru yang telah berkarya di UPH mulai dari Assistant Professor hingga Professor; dan penghargaan kepada mahasiswa yang telah mengabdi selama 30 tahun di UPH.

Usai acara, diadakan makan siang bersama dan acara ‘Fun Competition’ di lapangan basket UPH untuk meningkatkan kolaborasi dan dapat bekerja sama dengan nyaman dan menyenangkan.

Kami berharap Thanksgiving Service and Entertainment Pageant ini dapat menjadi cerminan perjalanan UPH yang penuh berkah dan menambah semangat untuk masa depan yang lebih baik.

4. Hari Rakyat

Selain Ibadah Syukuran dan Makan Siang, juga akan ada acara Community Day yang diisi dengan berbagai kegiatan menyenangkan. Community Day dirancang sebagai momen untuk menghubungkan dan merayakan persatuan di antara seluruh anggota komunitas UPH.  Acara-acara yang ada dalam daftar acara Dies Natalis Komunitas UPH antara lain:

·       Pelayanan Publik 

Pelayanan Publik di UPH menyediakan berbagai layanan untuk membantu masyarakat dan mitra UPH. Karena UPH berdampak pada kesehatan mahasiswa, layanan yang ditawarkan antara lain Pemeriksaan Kesehatan gratis untuk Dosen dan Staf. Tersedia juga layanan SIM Keliling dan STNK sehingga memudahkan guru dan staf untuk mengupdate atau mengupgrade SIM dan STNK langsung di kampus UPH.

·       Acara di Paws  

Paws Activity merupakan momen spesial bagi mahasiswa UPH, alumni dan teman-teman undangan. Untuk pertama kalinya, komunitas UPH bisa mengajak anjing peliharaannya jalan-jalan di kampus. Diselenggarakan bekerja sama dengan OK9 Harmony dan disponsori oleh Furrever Pets, acara ini juga menampilkan kontes seru bertajuk ‘Instagram Paws and Pose: Photogenic Dog Contest in UPH’, yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk memenangkan hadiah-hadiah menarik.

· Pendidikan Jasmani

Kegiatan lain yang ditawarkan pada Community Day adalah Fitness Classes. Setiap kelas dirancang untuk mendorong komunitas UPH untuk tetap aktif dan menikmati kesehatan sambil bersenang-senang. Siswa dapat memilih kelas Muay Thai yang fokus pada seni bela diri, Zumba yang memberikan latihan dengan gerakan tarian dinamis, atau Personal Training yang memberikan instruksi langsung dari instruktur JetFitness.

Festival Pop Up ke-5 Menuju Kampus: UPH

Berlokasi di UPH Park, Kampus Lippo Village, Pop Up Festival GoingKuliner’s Go to Campus UPH menawarkan berbagai makanan lezat, workshop dan acara menyenangkan lainnya. Terdapat pula Handicraft Market yang menjual berbagai produk lokal hasil karya lulusan UPH.

6. Makan Malam Gala Amal

UPH juga mengundang para alumni untuk menghadiri Charity Gala Dinner, sebuah acara spesial yang memberikan kesempatan untuk berkumpul kembali, bernostalgia dan mendukung komunitas UPH.

Selain menikmati makan malam dan hiburan bersama, acara tersebut juga akan menampilkan acara amal atau penggalangan dana, yang seluruh hasil acara tersebut akan disumbangkan ke yayasan dan program yang membantu masyarakat.

7.       Garage Sale: Berbelanja dan Membawa Harapan

Acara Garage Sale: Shop & Bring Hope menawarkan kesempatan unik untuk menemukan furnitur antik Books & Beyond dengan harga luar biasa. Selain itu, produk fashion terbaru Toko Lentera Bagi Bangsa (LBB) juga ditawarkan dengan diskon besar-besaran yang sayang untuk dilewatkan.

Secara khusus, 100 persen hasil penjualan akan disumbangkan untuk mendukung pendidikan anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah.

Dengan berbelanja di acara ini, tim UPH dan masyarakat tidak hanya membeli produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau, namun juga berkontribusi memberikan harapan dan masa depan yang lebih baik bagi mereka yang membutuhkan.

8.       Menerbitkan buku yang menjelaskan pandangan para Guru UPH        

Dalam rangka Dies Natalis ke-30, UPH Press telah menerbitkan buku berjudul “Menenun Visi, Kesuksesan dan Inspirasi: Refleksi Guru Besar UPH”.    

Buku ini berisikan Orasi Ilmiah 22 Guru UPH yang dilantik periode 2019-2024, merangkum 11 topik dari bidang Sains, Teknologi dan Kedokteran dan 11 topik dari bidang Sosial, Ekonomi, Hukum dan Pariwisata. Kami yakin penerbitan buku ini akan sangat penting dalam perjalanan universitas UPH dan akan memberikan kontribusi bagi mencerdaskan kehidupan tanah air.               

Dies UPH ke-30 merupakan momen spesial untuk merayakan tiga dekade kesuksesan dan menegaskan kembali komitmen UPH terhadap pendidikan berkualitas dan pengembangan karakter.

UPH berharap dapat mempererat silaturahmi, berbagi kebahagiaan dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat melalui berbagai acara dan kegiatan.                      

Mari kita rayakan perjalanan panjang ini, nikmati setiap kejadiannya, dan sambut masa depan dengan semangat baru. UPH berkomitmen untuk menyediakan pendidikan dengan kualitas terbaik untuk mempersiapkan siswa menjadi lulusan yang bertakwa, profesional dan efektif secara sosial.      

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *