Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 4 Halaman 41-42 Kurikulum Merdeka: Aturan dan Penerapannya

 TRIBUNNEWS.COM – Simak, berikut kunci jawaban buku pelajaran Pancasila kelas 4 SD/MI halaman 41-42 rencana belajar mandiri.

Pada Buku Ajar Pancasila Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka halaman 41-42 terdapat soal khusus bab 2.

Pada soal ini siswa diminta menjawab pertanyaan yang diberikan.

Sekadar informasi, sebelum melihat kunci buku teks Pendidikan Pancasila Kurikulum Mandiri Kelas 4 SD/MI halaman 41-42, siswa diminta menjawab sendiri pertanyaannya terlebih dahulu.

Kunci jawaban ini berfungsi sebagai pedoman dan pembanding bagi orang tua dalam mengoreksi pekerjaan anaknya.

Kunci Jawaban Buku Ajar Pancasila Kelas 4 SD/MI Merdeka Mata Pelajaran Halaman 41-42 : Hukum dan Penerapan Kunci Jawaban Kelas 4 Pendidikan Pancasila Halaman 41

Mari kita membaca

Silakan baca artikel ini dengan seksama! Artikel ini menjelaskan dan menjelaskan tentang aturan dan penerapannya.

Ikuti aturannya

Keluarga Dewi dikenal sebagai keluarga yang tertib dan tertib. Ayah Dewi kerap mengajarkan anggota keluarga untuk menaati aturan yang berkaitan dengan keluarga dan masyarakat. Ayah saya selalu mengajarkan semua orang di keluarga untuk saling menghormati dan menghargai. Selain itu, bergaullah dengan tetangga Anda. Keluarga Dewi juga sering membantu masyarakat yang membutuhkan.

Suatu sore, Dewi, ayah dan ibunya berkumpul di depan rumah.

“Ayah, mengapa kita harus mengikuti hukum yang berlaku di negara ini? tanya Dewi.

“Tidak hanya dalam bermasyarakat, dalam kehidupan berkeluarga juga harus kita taati hukum. Hal ini karena kita adalah anggota keluarga dan bagian dari masyarakat. Hukum yang tepat harus dipatuhi oleh semua warga negara. “Maka kita akan mempunyai kehidupan yang aman, tenteram, dan tertib,” jawab anak laki-laki itu.

“Dalam keadaan apa kita harus menerapkan undang-undang ini, Ayah? Inilah pertanyaan Dewi yang penuh rasa penasaran.

“Bagaimanapun, kita harus menghormati hukum yang relevan. Seperti rumah kami, tidak ada aturan tertulis. Namun, kita harus menghormati, menghormati dan membantu anggota keluarga lainnya. Saat masih kecil, Dewi harus menuruti apa yang diperintahkan orang tuanya. “Anggota keluarga harus menjaga sopan santun dalam segala hal,” kata Ayah.

“Selain itu, kita juga harus berbicara pelan-pelan saat berbicara. Oleh karena itu, keharmonisan akan tetap ada dalam hidup. Jangan lupa berdoa selalu. “Termasuk ketentuan syariat agama yang harus kita laksanakan,” tambah Ibu.

“Oh iya, sekarang Tuhan sudah paham betul. “Sangat penting untuk menaati undang-undang ini,” kata Dewi.

Untung kamu mengerti. Oh iya bu, sekarang anak-anak berangkat ke Pak. RT. “Dia mengundang bapak untuk mendiskusikan rencana kerja bantuan negara pada hari Minggu depan,” kata sang ayah, lalu memberi tahu ibu dan Dewi.

“Oke, Nak! Semoga diskusinya berjalan baik. Dewi, tolong antarkan kue ini kepada tetangga kita, Bu. Reni. Ingat, Anda harus menghormati. Ketuk pintu dan ucapkan halo sebelum diundang masuk. Bicaralah dengan ramah. Dia bilang kue ini untuk temanmu Hemalia! kata Tina pada Dewi.

“Baik ibu!” Jawab Dewi. Kemudian Dewi membawakan kue tersebut untuk diberikan kepada Ny. Reni. Sesampainya di rumah Ny. Reni, Dewi mengetuk pintu dan berjabat tangan.

“Tolong, ibu. “Ibuku memintaku untuk memberikan kue ini pada Hemalia,” kata Dewi.

“Yah, kenapa repot-repot, Nak?” Ayo masuk dulu! kata Ny. Reni.

“Maafkan aku anakku, lain kali terima kasih,” kata Dewi.

“Terima kasih sudah memberiku kuenya, terima kasih pada ibumu!” kata Ny. Reni.

“Baik bu, kalau begitu saya permisi, saya akan pulang,” ucap Dewi sambil melambai, lalu berjalan meninggalkan Bu. Reni.

Mari kita berdiskusi

Setelah membaca artikel diatas, saatnya berdiskusi dengan teman Anda. Isilah tabel ini berdasarkan karakter Tuhan menurut hukum. Sifat-sifat ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Properti yang dapat digunakan antara lain:

Menjawab:

Properti yang sesuai

1. Mematuhi peraturan terkait. 

2. Hormati orang lain.

3. Hormati orang lain. 

4. Bepergian dengan tetangga. 

5. Membantu yang membutuhkan. 

6. Patuhi apa yang orang tuamu perintahkan.

7. Pertahankan perilaku yang baik. 

8. Bicaralah perlahan. 

9. Waktu ibadah. 

10. Hormat.  Jawaban Pelajaran 4 Pancasila Halaman 42

Datang dan amati

Lihatlah gambar-gambar ini.

Kerjakanlah tabel di bawah ini bersama teman di sebelahmu berdasarkan gambar di buku catatanmu!

Menjawab:

Gambar 1 Kegiatan : Berjalan Posisi yang sesuai : Membentuk barisan sebelum masuk kelas untuk mengajarkan kedisiplinan dan ketertiban siswa Lokasi : Di depan kelas.

Gambar 2 Kegiatan: Status Hukum Sasaran: Bekerja di tempat umum untuk melatih rasa hormat terhadap orang lain Lokasi: Rumah Sakit

Gambar 3 Aktivitas: Berjalan Kaki Aturan yang benar: Berjalanlah dengan tertib, seperti garis normal, untuk melindungi keselamatan pengguna jalan lainnya. Lokasi: Jalan setapak

*) Hukuman:  Orang tua adalah satu-satunya yang membimbing proses belajar anak-anaknya. Sebelum melihat kunci jawabannya, sebaiknya siswa menjawabnya terlebih dahulu kemudian menggunakan teks tersebut untuk mengoreksi pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Namira Yunia Lestanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *