2 Sosok yang Bantu Israel Bunuh Haniyeh Ternyata Anggota IRGC, Langsung Dievakuasi Mossad dari Iran

TRIBUNNEWS.com – Orang yang membantu Israel membunuh pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh telah terungkap.

Menurut laporan baru-baru ini, individu tersebut adalah dua anggota pasukan keamanan Ansar al-Mahdi dari Korps Pengawal Revolusi Islam (IRCG).

Kedua pria tersebut adalah warga negara Iran dan direkrut oleh agen mata-mata Israel, Mossad.

The Jewish Chronicle yang dikutip Anadolu Ajansi menyebutkan, beberapa jam sebelum pemimpin Hamas itu terbunuh, keduanya terlihat menunjukkan perilaku aneh saat tiba di wisma tempat Haniya menginap di kompleks Saadabad Teheran. Dilaporkan bahwa hal itu diperlihatkan.

Saat itu, mereka dikabarkan memasang bom di kamar tempat Haniya selalu menginap.

“Rekaman kamera keamanan menunjukkan penjaga (anggota Korps Pengawal Revolusi yang direkrut oleh Mossad) bergerak diam-diam menyusuri lorong menuju ruangan yang dijadwalkan untuk Haniya.”

“Mereka menggunakan kunci untuk membuka pintu dan memasuki ruangan,” kata laporan itu.

“Tiga menit kemudian, penjaga keamanan terekam kamera diam-diam meninggalkan ruangan, berjalan menuruni tangga, menuju pintu depan gedung, keluar gedung, dan masuk ke mobil hitam,” lapor Jewish Chronicle. ditambahkan.

Laporan itu juga menyebutkan dua anggota Garda Revolusi ditawari sejumlah uang enam digit dan segera dievakuasi ke negara Nordik tersebut.

Satu jam setelah memasang bom, pasangan tersebut langsung dievakuasi dari Iran oleh Mossad.

Mossad kemudian mencari waktu yang tepat untuk melaksanakan rencana pembunuhan Haniya.

Haniya akhirnya menerima undangan ke Teheran untuk menghadiri pelantikan presiden baru Iran, Massoud Pezeshkian.

“Mossad, dengan bantuan Unit Intelijen 8200 (unit IDF yang bertanggung jawab atas operasi rahasia), menyadap panggilan telepon antara penyelenggara pelantikan dan tamu mereka.”

“Setelah Haniya mengkonfirmasi kedatangannya, Mossad mulai melaksanakan rencananya. Mereka memindahkan Haniya dari wisma tempat dia selalu menginap selama kunjungannya ke Teheran,” laporan Jewish Chronicle menyimpulkan.

Kebetulan, Tuan Haniya tewas dalam serangan di Teheran pada pagi hari tanggal 31 Juli 2024.

Selain Haniya, pengawal pribadinya sekaligus wakil komandan Brigade al-Qassam, Wasim Abu Shaban, juga tewas dalam penyerangan tersebut.

Insiden tersebut terjadi sehari setelah pelantikan Presiden Pezeshkian, dan merupakan kali terakhir Haniya terlihat hidup.

Iran dan Hamas menuduh Israel membunuh Haniyeh, namun Tel Aviv tidak membenarkan atau membantahnya. Hubungan AS-Israel semakin tegang

Ketegangan antara AS dan Israel dilaporkan meningkat setelah kematian Haniyeh.

Tiga pejabat Gedung Putih mengatakan kepada Washington Post bahwa Israel segera memberi tahu para pejabat AS bahwa mereka bertanggung jawab atas pembunuhan Haniya.

“Meskipun Israel menolak mengomentari pembunuhan Haniya, Israel segera memberi tahu para pejabat AS bahwa mereka bertanggung jawab,” tulis Washington Post pada Rabu, mengutip tiga pejabat Gedung Putih. Dilaporkan pada (8 Juni 2024).

Pejabat Gedung Putih terkejut dan marah mendengar bahwa Israel telah membunuh Haniyeh, menurut pernyataan dari tiga orang.

Pasalnya, menurut pejabat AS, langkah sepihak yang dilakukan Israel justru menimbulkan kemunduran dalam upaya gencatan senjata di Gaza.

Surat kabar itu menambahkan: “Para pejabat Gedung Putih terkejut dan marah atas pembunuhan Haniyeh pada 31 Juli, yang mereka pandang sebagai kemunduran terhadap upaya berbulan-bulan untuk mencapai gencatan senjata di Gaza.” Dia melanjutkan.

The Washington Post melaporkan bahwa ketegangan “di balik layar” antara pemerintah AS dan Israel meningkat secara signifikan.

Sebab, Israel diperkirakan akan terus mengambil tindakan sepihak dengan serangannya di Jalur Gaza.

The Washington Post melaporkan bahwa “Para pejabat AS juga kesal karena Israel tidak memberi tahu mereka sebelum melancarkan operasi untuk membunuh komandan Hizbullah dan Iran.” Blinken mengaku memperingatkan Iran dan Israel agar tidak berperang 30 November 2023 Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant (Republik) dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berjabat tangan sebelum pembicaraan di Tel Aviv. Blinken mengatakan kepada para pemimpin Israel pada tanggal 30 November: Perang dengan Hamas “berhasil” dan harus dilanjutkan. (Saul Loeb/Kolam/AFP)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Selasa (5 Mei 2024) mengatakan “tidak seorang pun boleh meningkatkan” konflik di Timur Tengah. Ia juga mengklaim bahwa Washington menyampaikan pesan langsung ke Iran dan Israel.

“Kami telah terlibat dalam diplomasi yang intens dengan sekutu dan mitra kami, dan kami telah menyampaikan pesan tersebut langsung ke Iran.”

“Kami juga menyampaikan pesan itu langsung ke Israel,” kata Blinken pada konferensi pers bersama dengan Menteri Pertahanan Lloyd Austin. Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong. Richard Marles, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan, Australia; Terletak di Annapolis, Maryland.

Blinken juga menegaskan kembali komitmen “kuat” Amerika Serikat terhadap keamanan Israel.

Ia juga meyakinkan bahwa Amerika Serikat akan terus melindungi Israel dan pasukannya dari serangan apa pun.

Namun Blinken menekankan bahwa negara-negara di Timur Tengah perlu memahami bahwa serangan lebih lanjut hanya akan memperburuk situasi.

“Tetapi semua orang di kawasan ini perlu memahami bahwa serangan lebih lanjut hanya akan memperburuk konflik.”

“Serangan lebih lanjut tidak dapat diprediksi oleh siapa pun dan dapat menimbulkan konsekuensi berbahaya yang sepenuhnya di luar kendali kami,” katanya.

Diplomat utama Amerika tersebut mendesak semua pihak untuk mengambil keputusan untuk meredakan ketegangan, mengingat “momen menentukan yang kita hadapi dalam perundingan gencatan senjata di Gaza.”

Dalam serangkaian panggilan telepon dengan negara-negara Timur Tengah, Blinken juga berbicara dengan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi pada hari Selasa tentang upaya untuk “meredakan ketegangan di kawasan” dan perlunya mencapai gencatan senjata “segera” di Gaza.

“Kami menekankan pentingnya semua pihak mengambil langkah-langkah untuk meredakan ketegangan dan menghindari eskalasi lebih lanjut.”

“Menteri Blinken menekankan dukungan Amerika Serikat yang tak tergoyahkan untuk Yordania dan berterima kasih kepada kepemimpinan Saudi karena memberikan bantuan yang menyelamatkan nyawa warga sipil Palestina dan mempromosikan perdamaian dan keamanan di wilayah tersebut,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller dalam sebuah pernyataan. dikatakan.

Kebetulan, ketegangan di Timur Tengah meningkat setelah Haniyeh terbunuh di Teheran sehari setelah pelantikan presiden baru Iran, Massoud Pezeshkian.

Kematian Haniyeh memicu pertentangan keras dari Iran, khususnya Pemimpin Tertinggi Ayatollah Khamenei.

Pada hari Haniya terbunuh, Khamenei menjanjikan “hukuman berat” kepada Israel sebagai balasannya.

“Rezim Zionis kriminal dan teroris telah membunuh tamu tercinta negara kami (Iran) dan meninggalkan kami dalam duka,” lapor Al-Jazeera pada Rabu (31 Juli 2024), yang disampaikan Ayatollah Khamenei dalam pernyataannya. mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Lebih lanjut, ia menyatakan, “Rezim Zionis juga sedang mempersiapkan hukuman berat terhadap dirinya sendiri.”

Khamenei juga menekankan bahwa sudah menjadi tugas Iran untuk membalas pembunuhan Haniyeh.

Mengekspresikan belasungkawanya kepada keluarga Haniyeh dan organisasi Palestina, Ayatollah Khamenei berkata, “Adalah tugas kita untuk membalas darahnya (kematian Haniyah) dalam insiden menyakitkan dan sulit yang terjadi di wilayah Republik Islam ini.” Saya pikir itu adalah hal yang tepat. sebuah kewajiban.”

Selain meninggalnya Haniyeh, meninggalnya Fuad Shukr juga dinilai menjadi salah satu penyebab meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

(Tribunnews.com/Prabhitri Retno W)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *